Pengalaman Memperbaiki LNB-F C-Band

Pada waktu gue masang parbol 2 lnb, terjadi kebingungan cz sinyal telkom ok, palapa vertikal ok, tp palapa horisontal kok sinyalnya cuma mintip-mintip kecil, gue otak atik ampe capex tetep gk bisa. gue tinggal istirahat, ngrokok sambil memutar otak menebak-nebak apa permasalahannya. habis ngrokok gue pointing ampe optimal namun hasilnya sinyal tetap kecil.

akhirnya gue pindah lnb telkom ke palapa, eee... sinyal vertikal dan horisontal full. ternyata permasalahannya terletak pada penagkapan sinyal lnb bagian horisontal lemah. sebenarnya bisa saja lnb yang horisontalnya lemah gue pasang pada telkom dengan memutar posisi lnb yang vertikal jadi horisontal dan pekerjaanpun beres, tetapi rasanya itu menjadi ganjalan dalam perasaan gue karena itu merupakan tantangan bagi gue.

akhirnya lnb yang horisontalnya lemah gue turunin dan gue tes ternyata antena horisontal arusnya hanya 0,06v, sementara vertikal 0,27v. gue buka lnb dan coba ganti kabel kecil dari antena ke input transistor fet yang kakinya ada 4 dengan sehelai kabel serabut. gue tutup lnb dan gue tes lagi. hasilnya arus horisontal menjadi 0,32v.  gue coba pasang n hasilnya sinyal vertikal dan horisontal full. mak plong lega hati rasanya. pekerjaan gue selesaaaii... bagi para pembaca apabila ada yang ingi bertanya atau mengkritik atau memberi saran saya persilahkan dan akan saya jawab sepengetahuan saya

14 comments:

  1. alangkah baiknya jika artikel disertakan dengan gambar atau foto sebelum dan sesudah hasil uji coba, agar memberi kesan bukan tulisan hasil copas dari forum lain. terimakasih

    ReplyDelete
  2. terimakasih banget atas kritik dan sarannya. tujuan saya membuat blog ini adalah untuk bertukar ilmu dan pengalaman dengan teman2 seprofesi. materi blog ini adalah berdasarkan pengalaman saya yang sudah memasang parabola lebih 1000 set. baik berupa 2 lnb, 3 lnb, 4 lnb, 5lnb, 2 r/tv, 3r/tv, 4r/tv, gerak dll. kalaulah ada yang mengira hasil copas ya terserah. yang jelas berasal dari pengalaman saya

    ReplyDelete
  3. mas kalau bekas lnb dijadikan anten wifi untuk nembak hot spot apakah bisa ya?di dlm nya itu kan ada kaya pig tail buntut babinya?

    ReplyDelete
  4. maaf banget kalau soal wifi saya belum faham cz gak pernah ngutak-atik per-wifi-an

    ReplyDelete
  5. Ilham ilhamsyukri@ovi.comJune 19, 2012 at 10:43 AM

    Masalahx sama dengan saya mas, yg jadi permasalahannya sekarang, gmana cra bka tutup LNB nya? Signal horisontal sring hilang, yg vrtikal normal..

    ReplyDelete
  6. Ilham ilhamsyukri@ovi.comJune 19, 2012 at 10:47 AM

    Cara buka lnb nya gmana mas

    ReplyDelete
  7. mas minta tolong gimana caranya ngukur arus horiz& vert nya trms...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dites pake tester, tp yg digital. ground bisa ambil dari connector. sedangkan yg dites kedua jarum antena H/V

      Delete
  8. terus gimana cara pasang 5 lnb pengalaman saya belum nyampe sana

    ReplyDelete
  9. saya jadi malah bingung, memang dari ant ke high gain preamp rf transistor pakai kabel kecil. trus diganti dengan yang besar bisa menanggulangi masalah itu. yang saya tanyakan : sebesar apakah kabel yang dimaksud, jenis kabelnya (no awg) dan bagaimana pemasangannya, dilengkung, phi, apa straight. Karena hal ini menimbulkan pemikiran yang berbeda. Jika cara yang anda sampaikan bisa menaikkan "arus", berarti bisa menaikkan gain dengan cara yang sangat sederhana.......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini memang sering terjadi masalah, pada lnb normal jika disolder saja kadang2 bisa mati. sepengalaman saya, pada antena lnb yg aktif, jika ditester (tester digital) akan menghasilkan arus paling rendah-0,10 sampai-0,35 volt(baik lnb s/c/ku band). jika dibawah itu atau diatas itu penangkapan sinyal tidak normal/tidak bisa menangkap sinyal sama sekali.

      pada kasus saya diatas, pada pol. vertikal normal. artinya rangkaian dibawahnya normal. kemungkinan kerusakan terjadi pada 2 tempat, yaitu switch H/V atau penguat utama. dan setelah saya tes ternyata pada pada antena hor. bermasalah, saya lakukan cara diatas dan nyatanya berhasil

      Delete
  10. mas adun saya pnya masalah di lnb sinyal dapat tapi no freq di reciev harus di ubah contoh (3770 dinaikan jd 3780 baru keluar sinyal ) itu juga tunggu lama tp setelah ganti lnb normal lg pertayaan saya lnb yang trobelnya sprt itu msh bs di perbaiki apa ngak ya mas

    ReplyDelete
  11. maaf ya untuk mas2 yg lain, menurut pengalaman saya, klu kerusakan ny seperti yg di blok ny mas adun, solusi biar ga buka2 tutup LNB ny, di putar aja titik nol ny, ke arah utara, dan letak fokus ny di balik, dngan kata lain 22k untk palapa jadi ON. dan telkom ny ny, jadi vertikal, contoh ny trans TV jadi vertikal, dan trans 7 dan ANTV ny jadi vertikal jga, saya sudah coba dan berhasil mas

    ReplyDelete
  12. maaf ya mas, bukan ny pande2 an, klu kerusakan seperti yg di blog ny mas adun , solusi ny, di balik aja fokus ny, dan titik nol untuk LNB off di buat ke arah utara, jadi siaran trans tv dan yg lain ny jadi vertikal, saya sudah coba dan berhasil mas

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar dengan sopan serta sesuai dengan materi pembahasan.

 
Powered by Blogger