Cara Pemasangan 1/2/3/4/5 Lnb pada satu Dish (fixed dish)

Gambar pemasangan banyal lnb

Satelit berada pada deretan lurus garis katulistiwa. Sinyal yang dipancarkan oleh satelit sangatlah lemah, sehingga sinyal tersebut tidak mungkin bisa ditangkap oleh antena penangkap sinyal satelit yang lazim disebut LNB secara langsung. Padahal sinyal tersebut sangatlah kita butuhkan.

Kenapa Sinyal tersebut sangat kita butuhkan?
Kita sangat membutuhkan sinyal tersebut karena sinyal tersebuat merupakan sebuah sinyal transmisi pancaran dari siaran stasiun televisi. Sehingga kita membutuhkannya untuk bisa menonton acara-acara dari stasiun televisi sebagai sarana hiburan keluarga.

Adakah Cara Untuk Menangkap Sinyal dari Satelit?
Jawabannya ada. Untuk bisa menagkap sinyal yang lemah dari satelit, dibutuhkan sebuah alat seperangkat alat khusus. Seperangkat alat khusus tersebut adalah satu set antena parabola.


Satu set antena parabola bisa digunakan untuk menangkap sinyal transmisi siaran tv dari satelit. Satu set antena parabola terdiri dari:
  1. Dish
  2. Lnb
  3. Kabel
  4. Pipa tiang penyangga
  5. Dan yang terakhir adalah Receiver.
Dish parabola ada 2 jenis yaitu Solid dan mesh. Dish solid adalah dis yang permukaannya rapat dan terbuat dari lempengan logam.

Sedangkan dish mesh adalah dish yang permukaan tidak rapat/berlubang-lubang seperti jaring yang terbuat dari strimin sarang nyamuk. Biasanya dish ini dari pabriknya tidak serta-merta terbentuk bundar tetapi terdiri dari beberapa bagian seperti beberapa bagian dish, mounting, dan stik.

Pemasangan Antena Parabola
Untuk memasang 1 set antena parabola, pertama-tama yang harus dilakukan adalah merakit dish agar menjadi 1 bagian yang utuh dan siap dipasang di tiang.

Selanjutnya pasang pipa tiang.  Pipa tiang harus dipasang sangat kuat dan kokoh agar tidak bisa bergeser. Tinggi rendahnya tempat pemasang tidak masalah asalkan bagian atas dish nantinya tidak terhalang rindangnya pohon atau lainnya.

Selanjutnya adalah merakit lnb. Untuk pemasangan 1 lnb sangatlah mudah karena tidak dibutuhkan penempatan tertentu pada lnb, cukup lnb dipasang pada dudukan (yang berbentuk seperti obat nyamuk bakar) dan kemudian di pasang pada stik dish, namun untuk pemasangan 2, 3, 4, atau 5 lnb memerlukan keakuratan letak lnb agar hasilnya optimal.

Perakitan Lnb secara tepat bisa baca di Cara Rangkai 5 LNB, atau di Merakit 4 LNB Secara Efisien, atau bisa juga di Cara Merakit 2 LNB.

Jarak antara lnb satu dengan lainnya tidak ada patokan pasti karena jarak ini ditentukan oleh jari2 dish itu sendiri dan bukan ditentukan oleh besarnya dis (feet).

Jadi belum tentu semakin besar dis semakin jauh pula jarak antara satu lnb dengan lnb lainnya. Contohnya 7,5 feet merk parasat/soccer/astro jarak lnbnya lebih renggang daripada 8,5 feet paragon.

Untuk lebih mudahnya sebelum menentukan jarak antar lnb, kita ukur dulu ruji2 setik/fokus dis yang akan kita pasang. Dan sebelum merakit jarak lnb, sebaiknya kita harus tau letak-letak satelit yang akan kita tangkap sinyalnya. Untuk lebih jelasnya, urutan satelit dan jarak antar lnb akan saya tulis dalam artikel tersendiri.

Proses Tracking
Selanjutnya setelah semua perakitan selesai dish dipasang pada tiang. Tibalah saatnya untuk mengeset atau mengarahkan dis pada satelit yang akan kita tangkap sinyalnya yang lazim disebut Tracking.

Dalam proses tracking dikenal dengan tiga istilah/sudut, yaitu sudut elevasi, deklenasi, dan azimut. Dalam pemasangan, ketiga-tiganya haruslah tepat agar hasil/sinyalnya optimal. Elevasi adalah sudut kemiringan arah barat dan timur. Deklenasi adalah sudut kemiringan arah utara dan selatan. sedangkan Azimut adalah putaran arah. Untuk lebih detailnya silahkan simak di Cara Tracking Satelit.

Pada umumnya pemasangan untuk wilayah jawa tengah adalah posisi dish sedikit miring ke timur dan sedikit miring ke utara. Bagi yang sudah ahli dalam sehari bisa memasang lebih dari 4 set parabola. Tetapi bagi pemula memasang 1set bisa seharian penuh, bahkan mungkin lebih.

Bagi pemula, saya sarankan ketika mengeset dish lebih baik memakai tv (sebagai monitor) agar hasilnya lebih baik. Setelah semuanya terpasang dengan baik, nyalakan resiver dan tv. Posisikan pada ch mnc tv ( yang dulunya tpi) karena chanel ini disamping sinyalnya besar, juga memiliki simpang baku azimut hingga 20 derajat.

Pada remot resiver tekan tombol info/displai signal. Kemudian posisikan dish pada posisi tegak lurus. Perlahan-lahan dish dimiringkan ketimur hingga kira-kira 45 derajat sambil melihat kearah tv. Kalau belum ada sinyal, kembalikan pada posisi tegak lurus.


Kemudian dish sedikit dimiringkan ke utara. Kemudian ulangi hal seperti tadi, yaitu pelan-pelan dis di miringkan ketimur hingga 45 derajat. Kalau belum ada sinyal, kembalikan pada posisi tegak lurus. Tetapi kemiringan ke utara tetap. Tambah sedikit kemiringan keutara dan lakukan langkah miring ke timur hingga sinyal/gambar muncul.

Setelah sinyalnya ada, maka tinggal membenahi hingga sinyalnya optimal. Untuk dis 8 feet sinyal mnc tv sekitar 80-90 %. Kalau ada waktu luang artikel ini akan saya lengkapi dengan gambar agar bisa sedikit membantu bagi para pemula. Bagi para pembaca apabila ada yang ingi bertanya atau mengkritik atau memberi saran saya persilahkan dan akan saya jawab sepengetahuan saya

103 komentar untuk "Cara Pemasangan 1/2/3/4/5 Lnb pada satu Dish (fixed dish)"

Comment Author Avatar
Anonim 12 Oktober
Slm knal Mas. gw punya pertanyaan nih.. Apakah ada rumus khusus untuk menentukan jarak antara LNB berdasarkan panjang setik?
Comment Author Avatar
kenal jg. jarak antar lnb memang berhubungan dngan stik. semakin panjang stik maka semakin jauh jarak lnb...
Comment Author Avatar
gan. saya punya parabola 2 LNB tapi kenapa kalau LNB1 dapat sinyal kok LNB2 gag dpat sinyal. apa ada yg salah dlm perakitannya.
Comment Author Avatar
itu karena jarak lnb satu dengan lainnya kurang pas. mungkin terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga titik fokus sinyal tidak tepat..
Comment Author Avatar
mas adun, knp channel luar saya di batasi (gag bisa dibuka) padahal sinyal full. yg dpt hanya yg freenya aja (tv lokal)
Comment Author Avatar
ya memang kl gak FTA gak bisa bibuka cz tu channel berbayar. satelit telkom pun channel yang milik telkom vision gak bisa dibuka kecuali dengan resiver telkom vision
Comment Author Avatar
Anonim 19 Februari
gan trimakasih postingnya sangat membantu namun bisa lebih membantu jika dilengkapi gambar atau foto gan, agar lebih jelas! tq
Comment Author Avatar
terimakasih banyak atas masukannya. akan saya usahakan ambil gambar kalau lg masang.
Comment Author Avatar
Anonim 23 Februari
mt sore gan. . .kenapa chanel global tv and mnc tv., selalu di tutup kalau siaran premier ligue, , dan gimana cara nambah yg dua lnb jadi 4 , apanya yg perlu di siepkan?
Comment Author Avatar
ya karena hak siarnya di kontrak ma Indovision, tv langganan yang lain sprti telkom vision aja juga gak bisa nyiarin. nutupnya pake biss key. kl rx anda support biss, cari aja kedenya dengan bantuan sunan Google, tp cara ini illegal. kalau sudah ada lnb 2 (palapa&telkom) bisa ditambah 3 lnb lg. (asiasat3s, asia 5, chinasat 6b) kalau mau ditambah 2 anda bisa pilih dua dari tiga satelit tadi. kalau asiasat3s letaknya menempel persis disebelah timur lnb telkom, asia 5 sebelah timur asiasat3s. jaraknya sama dengan dari palapa ke telkom. kalau chniasat menempel di sebelah barat palapa. kale switch dseq 4X1
Comment Author Avatar
Anonim 07 Maret
mas...adun tolong dong gambar antenanya....sekalian berapa harga scalaring 5in1 nya mohon info....sdh keliling2 tidak ada yang jual.
Comment Author Avatar
Anonim 14 Maret
met siang gan. untuk pemasangan 5 lnb sebaiknya titik fokusnya di SATELIT apa?
Comment Author Avatar
tuk 5 lnb fokusnya dipasang ditengah antara palapa dan telkom. ini dimaksudkan agar antara chinasat dan asiasat3s seimbang. karena kedua satelit ini memiliki rentang simpang baku yang sangat sempit.
Comment Author Avatar
Anonim 05 Februari
mas kalo 4 titik fokusnya dimana?
Comment Author Avatar
tuk switch 5X1 gak ada brow, tuk pasang 5 lnb pakai switch dseq 4X1 dan Switch 22k. dari rx langsung ke dseq. dari dseq ke 22k. tuk gambarya nyusul..
Comment Author Avatar
Anonim 21 Maret
mana gan gambarnya untuk yang 5 lnbf?
aku bingung untuk penggunaan diseqc 4x1 sama 22k nya nih.
Comment Author Avatar
dede 22 Maret
mas untuk lnb 4 sampe 5 pake receiver venus vd323 bisa ngak
Comment Author Avatar
salam gan..... tolong buat donk cara buka program rahasia nya... bagaimana caranya ya... ???
Comment Author Avatar
ya.. ya.. ni lg belajar ngroling tuk bisa dapet kodenya bro. tuk upgrade gampang banget banget. yang jelas resiver dengan prosessor ali 3328 dan gx 6101 bisa buka biss
Comment Author Avatar
bagi dump ali 3328 yang bisa naik bisnya mas ? ane mau coba nich...
Comment Author Avatar
bagi dong dump ali3328 yang bisa naik bis, ane mau coba nich...
Comment Author Avatar
buat mas yg minta gambar 5 lnb bs lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html tp sabar aja cz lom selesai/gambarnya lg di edit
Comment Author Avatar
MAs parabola saya 2 lnb, setelah di pasang untuk siaran tv dari satelit palapa bagus tapi untuk siaran tv satelit telkomnya ga dapet, tolong dong !!! makasih.
Comment Author Avatar
kemungkinannya bisa macem2. mungkin jarak lnb dari palapa ke telkom kurang tepat atau mungkin, seting switchnya tidak benar atau juga deklenasi/elevasi/azimutnya kurang pas
Comment Author Avatar
mas...adun tolong dong gambar antenanya....sekalian berapa harga scalaring 5in1 nya mohon info....sdh keliling2 tidak ada yang jual.
Comment Author Avatar
lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html
Comment Author Avatar
Salam,boleh ngak parabola yang dipasang menggunakan piring yang lebih kecil seperti piring astro.trims
Comment Author Avatar
untuk c-band channel FTA pakai dish astro cuma bisa satu satelit, itu aja gak maksimal
Comment Author Avatar
salam kenal mas adun saya winarno dari kota banjarnegara jateng.saya memperbaiki parabola dengan lnb 4.yg nangkep siaran hanya lnb 1,dan 2.yg lain tidak.untuk mnentukan lnb 1 sampai 4 apa di urutkan dari barat ke timur atau bagaimana.di switch ada keterangan lnb 1 sampai 4 dan ke receiver,tolong di bantu mas,kesuwon
Comment Author Avatar
urutan lnb berlawanan dengan urutan satelit. misalkan satelit palapa, telkom, asiasat 3s, dan asia5. letak satelit palapa berada pada posisi sebelah timur dan asia 5 berada pada posisi sebelah barat, namun untuk pemasangan lnb, lnb palapa berada paling barat dan yang timur adalah lnb asia5. untuk urutan 4 lnb adalah paling barat palapa, kemudian telkom, kemudian asiasat 3s, kemudian lnb yg paling timur adalah asia5. untuk yang umum, posisi switch lnb 1 adalah palapa, 2 adalah telkom, 3 adalah asiasat 3s dan 4 adalah asia5. namun sebenarnya soal switch bisa dipasang sembarangan. intinya adalah jika pada switch 1 dihubungkan pada lnb palapa, maka pada seting resiver satelit palapa juga harus pada switch lnb 1.
Comment Author Avatar
Anonim 24 April
Salam kenal mas adun! Saya nunu mas.mau tanya,apakah dish mesh yang berlubang atau salah satu sketnya tdak ada akan mempengaruhi penangkapan sinyal? Bsa dganti pkai lgam sperti seng yg g brlubang gak mas? Mkasih sebelumnya mas.
Comment Author Avatar
@Anonimkl berlubang sebesar ukuran kertas A4 gak masalah, tetapi kalau hilang satu plong, maka cukup mengganggu keakuratan pantulan dish, jika untuk 2 lnb gak masalah, tetapi kalau 4/5 lnb maka akan banyak channel yg macet2
Comment Author Avatar
Siang Mas, sy pake 1LNB sja. trus gmna cara stelnya supaya bisa dpat chanel CCTV 1 yg nyiarin EURO. tolong ya mas, mksh bxk sebelumnya.
Comment Author Avatar
untuk cctv1 berada pada satelit chinasat6b, jika dari palapa d, dish sedikit dimiringkan ke timur
Comment Author Avatar
halo mas, apa bedanya lnb single dan twin, karena setalah saya pasang dgn byk receiver, masih tetap bentrok.
Comment Author Avatar
Anonim 19 Juni
lam kenal mas Adun...

saya taqwim..saya punya 2 LNB, tapi kok cm 1 yang dapat sinyal (cuma Telkom saja)...apakah LNB yang 1 itu rusak atau gmn????
Comment Author Avatar
Anonim 19 Juni
saya pakai LNB2 buat sinyal Telkom nya...
apakah bisa di ganti pakai buat Palapa D LNB2 nya???
Comment Author Avatar
jakkk 19 Juni
ass...
lam kenal nih...
maaf mu tanya cinasat ma palapa ko ga bsa seimbang ya saut-sautan mulu klau sedikit miring ke timur cinasat bagus tapi palapa maunya miring ke utara gimana nih ...
tolong mas ya...
Comment Author Avatar
@CJL

Lnb single adalah lnb yg hanya memiliki 1 output saja. Tetapi output ini bisa berpolaritas horisontal dan vertikal. Sedangkan twin out adalah lnb yg memiliki 2 output. Masing2 out bisa horisontal dan vertikal. Ada juga yg menggunakan istilah twin (2in1) yg artinya 2 lnb single dalam satu kardus. Untuk pemasangan 2 resiver/lebih harus menggunakan lnb twin out
Comment Author Avatar
@Anonim

lnb nya coba anda pasang tanpa switch, jika tetap tidak dapat sinyal, kemungkinan besar lnb mati
Comment Author Avatar
Bisa saja, karena pada intinya semua lnb sama, cuma penempatannya saja yg berbeda
Comment Author Avatar
@jakkk

Kalau palapa ke utara, maka penempatan titik 0 derajat kurang tepat, tetapi kalau palapa maunya ke barat dan chinasat maunya ke timur, maka jarak lnb kurang berjauhan, tetapi kalau palapa maunya ketimur dan chinasat ke barat, maka jarak lnb kurang berdekatan.
Comment Author Avatar
WAH SANGAT MENARIK ARTEKEL INI,BAGI SAYA SANGAT MEMBANTU DALAM PEMASANGAN LNB PARABOLA,BOLEH KASIH INFONYA LAGI,TERIMAKASIH ATAS SEGALA ILMUNYA.
Comment Author Avatar
ma kasih info tentang parabola
Comment Author Avatar
Salam, mas sy masih awam, berencana mau pasang prbla dish 6 feet, terus diparalel ke 3 ruang yg beda dg channel masing2. Mohon sarannya, sebaiknya memakai lnb combo kah? Terus peralatan apa saja, dan urutan / diagram dari mulai dish sampai RX nya. Apakah kalo beda merk@RX nya di tiap2 kamar bikin masalah?
Terima kasih sebelumnya.
Comment Author Avatar
setahu saya lnb combo untuk 4 rx lom ada. pake aja lnb 4r (lnb dual 4 out). dis 6ft bisa untuk 3 lnb (sekitar 100 chanel mpeg2). kl beda merk rx gak ada masalah, entah pake merk apapun asal suport dseq 1.0.
Comment Author Avatar
artikel ini sangat membantu. makasih gan.
Comment Author Avatar
asep 13 Agustus
salm knl mas dri rang pangandaran,sy kan baru pasang parabola 4lnb dish 8fit,kenapa sinyal telkom ngga ada sama sekali hanya 4-5%,sedangkan yang lain bagus!mohon penjelasannya!trmksh
Comment Author Avatar
Salam kenal Mas Adun, tanya dikit nih, kalau saya nggunakan 4 lnb dalam 1 dish tapi jenisnya beda2, contoh: 1 s-band, 2 ku-band dan 1 c-band, bisa ga trus kalau bisa urutannya dari barat ke timur dari lnb yang mana dulu. Makasih sebelumnya.
Comment Author Avatar
bisa saja, tp untuk penggabungan 3 jenis lnb sebaiknya pakai parabola gerak. jika pakai fixed dish maka akan susah memposisikan lnb. misalnya c-band untuk satelit telkom, posisi ini sama dengan posisi s-band untuk satelit ses7 (indovision). jika lnb dibuat kombo, hasil sinyalnya tidak bisa optimal
Comment Author Avatar
assalamualaikum mas adun, saya ngikutin blog jenengan dari awal, blog ini sangat bermanfaat dan saya rekomendasikan untuk teman2 saya yang lain,

saya ingin tanya 2 hari lalu saya baru saja pasang parabola 6 fit, dengan 3 LNB, dan semua satelite tertangkap lancar, antara lain : PALAPA, TELKOM, dan ASIASAT3s,

nah untuk siaran liga champion dan liga inggris kan sering di acak, setelah tanya sana sini kata temen di satelite THAICOMP ada tv3 thailand itu FTA, tapi posisi parabola harus digeser, yang ingin saya tanyakan apa kalo saya geser ke sudut 78 derajat, sinyal satelite apa yang kira2 hilang? dengan 3 LNB tersebut, apa kalo saya tambah jadi 4 atau 5 LNB lebih baik?

terimakasih sebelumnya
Comment Author Avatar
tidak mungkin dalam 1 dish fixed bisa menangkap satelit palapa, telkom, dan thaicom.

kalau mau pergi ke thaikom harus pake motor penggerak, atau kalau mau nonton liga tersebut anda bisa membuka acakan dengan kode biss
Comment Author Avatar
mas bro sya mau tanya lbih bagus mana antara solid dan mesh dan jg antara pke 4ato lima lnb atau 2 lnb yag pakai rotator
thanks
Comment Author Avatar
kl menurut saya jelas bagus yg mesh. solid sinyalnya gak terlalu besar. fixed dan motor bagus yg pake morot, tetapi resikonya kl pake motor cepet rusak
Comment Author Avatar
iansyah 20 November
Mas Adun, parabola saya, sebulan ini ngadat.
Awalnya setelah dipasang teknisi semua berjalan baik. Tapi, setelah beberapa bulan, satu persatu siaran hilang. Bahkan sekarang malah hilang semua. Jumlah satelit yg tertangkap tetap 13 buah. Sinyal besar, bisa di atas 70% semua. Bahkan beberapa satelit bisa di atas 90%. Tapi kualitas sinyal 0% - 1% aja. Kemarin malam sempat saya geser2 sedikit, sempat dapat beberapa siaran dari daratan Arab. Tapi, pagi hari sudah hilang lagi.

Saya pegang salah satu diseqcnya hangat. Satunya dingin.

Sy sudah coba untuk seting ulang seperti petunjuk dalam artikel ini, namun belum berhasil. Kualitas sinyal tetap tidak berubah.

Mohon dibantu analisa dan cara perbaikannya. Apakah ada alat yg rusak atau bagaimana?

Terima kasih.
Comment Author Avatar
kok bisa nangkap 13 satelit, apakah parabola anda pake penggerak? kl ya biasanya posisi posisionernya berubah dan harus diset lagi
Comment Author Avatar
Anonim 10 Desember
mas adun mohon pencerahan, saya ingin memasang 3 LNB di disk 6 ft bagaimana caranya agar berhasil sinyal bagus terutama jarak antar LNB nya, nuhun
Comment Author Avatar
kl dish 6 ft, untuk bagusnya pake 3 lnb saja. palapa d, telkom 1, asiasat5. kl jaraknya, itu tergantung panjang stik/tiang fokusnya. misalnya panjang fokus 80cm, jaraknya adalah palapa d ke telkom1= 2,5cm, telkom 1 ke asiasat5= 7,8cm.
Comment Author Avatar
Anonim 21 Desember
mas adun saya mau pasang 3 LNB di disk mesh 6 ft, untuk palapa d, telkom, dan asiasat 3s, mohon caranya gimana untuk mendapatkan sinyal yang bagus,trimakasih.
Comment Author Avatar
kalau 3 lnb dipasang pada dish 6ft untuk satelit palapa, telkom dan asiasat 3s, itu tergantung bentuk dishnya. jika fokusnya kurang dari 90cm, maka tidak akan bisa. dalam artian bisa, namun chanel asiasat 3s yg masuk kurang dari 50%. kecuali dengan dish 6,5 fit. dish ini sebagian besar sudah bisa untuk 4 lnb dengan chanel yg masuh diatas 75%
Comment Author Avatar
bagus 09 Januari
mas adun minta pencerahan. kalo dis 8fet jarak palapa ke telkom berapa .
Comment Author Avatar
tiap merk walaupun sama2 8ft, tp jaraknya beda
Comment Author Avatar
Anonim 14 Februari
mas gimana cara untuk mencari satelit yang derajattnya (w)kan klo di ind (E)...
Comment Author Avatar
kalo w gak bisa bro, itukan ada dibumi bagian bawah (amerika)
Comment Author Avatar
Anonim 02 April
ass.mas adun berapa si jarak antar lnb kalau pasang lbn 2 ,posisi saya dipelosok yang jauh dari satelit.?
Comment Author Avatar
mas setting rxnya bagai mana,jika ada lnb C, KU dan S band,dgn rincian sebagai berikut: 1 dish 6 feet utk 1 lnb C band dan KU band, 1 dish offset utk lnb S band dan 2 dish offset KU band,selama ini saya mengunakannya sistim colok yg mau dipakai saja,atas perhatianya terima kasih(jika bisa email aku aja:taufiqrahmat@myopera.com)
Comment Author Avatar
Anonim 24 Mei
maz saya pake parabola 6 ft reciever venus estilo 2 lnb gimana caranya bisa dapat sinyal thaicom5 tapi tv indonesia masih dapat..saya pengguna parabola baru
Comment Author Avatar
jika parabola fixed jelas gak bisa, jika mau thaicom5 ama lokal, harus pake motor. atau jika ingin tetap dengan dish fix, anda bisa dapat chanel thailand dari satelit nss6, dan menurut saya chanelnya lebih bagus yg nss6
Comment Author Avatar
lam kenal mas adun..kalo pasang 6 lnb titik fokusnya di lnb mana,,,? hatur nuhun
Comment Author Avatar
tuk satelit apa aja, jika pake satelit chinasat 6b, palapa d, telkom 1, asiasat 3s, asiasat 5, nss6, maka sebaiknya posisi fokus berada antara palapa dan telkom dan cenderung agak ke telkom.
Comment Author Avatar
Anonim 11 Juli
mas Adun saya mau tanya jarak tiap2 LNB untuk 6 satelit(chinasat 6b, palapa d, telkom 1, asiasat 3s, asiasat 5, nss6)saya memakai parabola 8 feet merk "MAS" dan tiang fokus berada LNB satelit mana?
Comment Author Avatar
sebaiknya tiang fokus berada antara palapa dan telkom, jarak cinasat 6b rapat dengan palapa, palapa tlkom 2,8cm. asia3 rapat dengan tlkom, asia3 asia5 3,3cm. asia5 nss6 3,3cm. tp mungkin chinasat kurang bagus pake dish "mas".
Comment Author Avatar
Anonim 20 September
salam,,mas adun.
Gmn cara memasang LNBF kembar 4 dengan antena mesh 7 feet
Comment Author Avatar
biasanya lnb kembar 4 keluaran pabrik, ringnya gak sesuai dengan dish 7ft, jd ringnya harus dimodip
Comment Author Avatar
salam kenal mas...maaf ikutan nimbruung...maksudnya dimodif gmn tuuuhh...??? trus maksudnya "fokusnya" itu apa? gnanya buat apa? trus maksudnya 22k sama diseq itu apa...sekali lagi maaf banyak pertanyaannya....terima kasih sebelumnya...
Comment Author Avatar
anwar 08 Juni
mas saya mau nayani.saya coba trecking satelit asiasat 5.dan beberapa chaenel asiasat 5 udh bisa tertakap.yg jadi pertayan saya kalo risiver ny di matin terus di hidupkn kembali siyalya hilang semua.tolong dog mas solusiya.trimakasih.
Comment Author Avatar
Anonim 01 Juli
Mas tanya?
Kalao dis mes 8 ft bisa gx nangkap sat yaitu ; palapa, asiasat3, asiasat5,teklom,cinasat6A,cinasat5B berapa barak lnb 1 ke seterusnya?..
Comment Author Avatar
bisa dan hasilnya lumayan bagus asalkan kondisi dish nya bagus. untuk jarak tergantung dishnya ( jarak nya beda2 menurut karakter dish/panjang fokus)
Comment Author Avatar
Anonim 05 Juli
Gan, ane ada dish bekas telvis yg rencananya mau pake lnb combo 2in1 buat nangkep siaran telkom sama indov.. kira2 posisi lnb yang optimal dmn ya secara mereka sama 108 derajat. Tq
Comment Author Avatar
Om Admin mau tanya untuk mendapatkan Parabola Matrix Offset solid 0,8 m untuk satelit NSS6 disemarang dimana ya soalnya rumah saya tidak memungkinkan untuk parabola yg dishnya lebih dari 1,5 m, mohon infonya
Comment Author Avatar
mau tnya mas,ukuran antena parabola big tv sm telvis ukurannya besar mna ya.utk nangkep siaran nss6 sharusnya pke big apa telvis antenanya mas,tq
Comment Author Avatar
kalau palapa,telkom,asiasat 3,langsung measat bisa tdk dan jaraknya berapa,,,,dari asiasat 3 langsung measat
Comment Author Avatar
kalau palapa,telkom,asiasat 3,langsung measat bisa tdk dan jaraknya berapa,,,,dari asiasat 3 langsung measat
Comment Author Avatar
gak bisa, terlalu jauh
Comment Author Avatar
Anonim 04 Maret
lam kenal mas, saya pasang parabola kenapa yang muncul hanya lnb 2 sedang lnb 1 gak dapat sinyal apa jaraknya yang kurang
Comment Author Avatar
bisa saja jarak kurang pas atau seting satelit salah
Comment Author Avatar
mas, saya pasang parabola pake lnb 4 in 1 ke sat pal-telkom-asiasat 7-asiasat 5. kalo biar bisa keluar thaicom 5 gmn caranya selain pake motor penggerak? apa bisa dengan cara nambah lnb lg?
Comment Author Avatar
halo mas adun slm knal ...mau tanya sy udah pasang parabola jaring 9 ft 2 lnb (papala dan telkom) rencana mau sy tambah 1 lnb ku (bukan lnb combo) bs apa nggak klo bs brp jarak lnb ku dengan lnb c sbg contoh koreasat 5 yg sejajar dg palapa ..mohon infonya
Comment Author Avatar
koreasat kayaknya gak bisa bro...
Comment Author Avatar
Gan Kalo Pengen Dapat Satelit Thaicom 5 Harus Pake Brpa Lnb?
Comment Author Avatar
thaicom ya pakai 1 lnb, tp dishnya gak bisa jadi satu ama satelit palapa telkom
Comment Author Avatar
Slm kenal mas...mau tanya kl mau treking nss12 pakai dis venus 7 feet bosa gak y...
Comment Author Avatar
ya bisa, kl lokasi memungkinkan
Comment Author Avatar
Mlm gan,, kenapa parabola sy cmn dapat siaran palapaD telkom1 tdk, prbola sy 2 lnb.trus sy coba tukar kabel lnbx di switch antara lnb1 dan lnb2 lalu dapat siaran telkom1, tapi siaran palapax hilng smw tidk dapat syal. Apkah yg brmsala ga, lnbx atau switchx?
Comment Author Avatar
kemungkinan switchnya, atau mungkin setingan switch di resiver yang keliru
Comment Author Avatar
Malam gan.. kalau pakai lnbf venus 4x1 dengan menggunakan disq 7 feet apakah bisa?
Comment Author Avatar
mas bro.. kalo skarang ini saya mau psang 3LNB.. urutan satelit yg ditangkap apa aja ya???
Comment Author Avatar
ya tergantung kebutuhan, tapi yg chanelnya agak bagus palapa d, telkom 3s, asiasat 7
Comment Author Avatar
Klo pake 1 lnb ada gag yg mau di stel di reciver mass
Comment Author Avatar
Kl 1 lnb ya tinggal di lock satelit yg di inginkan trus di scan