Cara pemasangan 1/2/3/4/5 lnb pada satu Dish (fixed dish)

Satelit berada pada deretan lurus garis katulistiwa. Sinyal yang dipancarkan oleh satelit sangatlah lemah, oleh karena itu untuk bisa menagkap sinyal tersebut dibutuhkan sebuah dish yang berfungsi untuk mengumpulkan sinyal dan dipantulkan pada satu titik fokus.

alat yang digunakan untuk bisa menangkap siaran tv dari satelit adalah 1 set antena parabola yang terdiri dari: Dish, Lnb, Kabel, tiang penyangga, dan Resiver. Dish terdiri dari 2 jenis yaitu Solid dan mesh. dis solid adalah dis yang permukaannya rapat dan terbuat dari lempengan logam. sedangkan dis mesh adalah dis yang permukaan tidak rapat/berlubang-lubang seperti jaring yang terbuat dari strimin sarang nyamuk. biasanya dis ini dari pabriknya tidak serta-merta terbentuk bundar tetapi terdiri dari beberapa bagian seperti beberapa bagian dis, mounting, dan setik.

untuk memasang 1 set antena parabola, pertama-tama yang harus dilakukan adalah merakit dis agar menjadi 1 bagian yang utuh dan siap dipasang di tiang. selanjutnya pasang tiang. usahakan agar tiang terpasang kuat dan berdiri tegak lurus. tinggi rendahnya tempat pemasang tidak masalah asalkan bagian atas dis tidak terhalang rindangnya pohon atau lainnya. Selanjutnya adalah merakit lnb. untuk pemasangan 1 lnb sangatlah mudah karena tidak dibutuhkan penempatan tertentu pada lnb, cukup lnb dipasang pada dudukan (yang berbentuk seperti obat nyamuk bakar) dan kemudian di pasang pada setik dis, namun untuk pemasangan 2, 3, 4, atau 5 lnb memerlukan keakuratan letak lnb agar hasilnya optimal.

jarak antara lnb satu dengan lainnya tidak ada patokan pasti karena jarak ini ditentukan oleh jari2 dis itu sendiri dan bukan ditentukan oleh besarnya dis (feet). jadi belum tentu semakin besar dis semakin jauh pula jarak antara satu lnb dengan lnb lainnya. contohnya 7ft parasat jarak lnbnya lebih jauh daripada 8ft paragon. untuk lebih mudahnya sebelum menentukan jarak antar lnb, kita ukur dulu ruji2 setik/fokus dis yang akan kita pasang. dan sebelum merakit jarak lnb, sebaiknya kita harus tau letak-letak satelit yang akan kita tangkap sinyalnya. Untuk lebih jelasnya, urutan satelit dan jarak antar lnb akan saya tulis dalam artikel tersendiri. Click Here

selanjutnya setelah semua perakitan selesai dis dipasang pada tiang. tibalah saatnya untuk mengeset / mengarahkan dis pada satelit yang akan kita tangkap sinyalnya. dalam hal ini dikenal dengan tiga istilah/sudut, yaitu sudut elevasi, deklenasi, dan azimut. dalam pemasangan, ketiga-tiganya haruslah tepat agar hasil/sinyalnya optimal. elevasi adalah sudut kemiringan arah barat dan timur. deklenasi adalah sudut kemiringan arah utara dan selatan. sedangkan azimut adalah putaran arah.

pada umumnya pemasangan untuk wilayah jawa tengah ( fokus pada satelit palapa dan satelit lainnya pada posisi offside) adalah posisi dis sedikit miring ke timur dan sedikit miring ke utara. bagi yang sudah ahli dalam sehari bisa memasang lebih dari 4 set parabola. tetapi bagi pemula memasang 1set bisa seharian penuh, bahkan mungkin lebih.

bagi pemula, saya sarankan ketika mengeset dis lebih baik memakai tv (sebagai monitor) agar hasilnya lebih baik. setelah semuanya terpasang dengan baik, nyalakan resiver dan tv. posisikan pada ch mnc tv ( yang dulunya tpi) karena ch ini disamping sinyalnya besar, juga memiliki simpang baku azimut hingga 20 derajat. pada remot resiver tekan tombol info/displai signal. kemudian posisikan dis pada posisi tegak lurus. perlahan-lahan dis dimiringkan ketimur hingga kira-kira 45 derajat sambil melihat kearah tv. kalau belum ada sinyal. kembalikan pada posisi tegak lurus. kemudian dis sedikit dimiringkan ke utara. kemudian ulangi hal seperti tadi, yaitu pelan-pelan dis di miringkan ketimur hingga 45 derajat. kalau belum ada sinyal, kembalikan pada posisi tegak lurus. tetapi kemiringan ke utara tetap. tambah sedikit kemiringan keutara dan lakukan langkah miring ke timur hingga sinyal/gambar muncul.

setelah sinyalnya ada, maka tinggal membenahi hingga sinyalnya optimal. untuk dis 8ft sinyal mnc tv sekitar 80-90 %. kalau ada waktu luang artikel ini akan saya lengkapi dengan gambar agar bisa sedikit membantu bagi para pemula. bagi para pembaca apabila ada yang ingi bertanya atau mengkritik atau memberi saran saya persilahkan dan akan saya jawab sepengetahuan saya

76 comments:

  1. Slm knal Mas. gw punya pertanyaan nih.. Apakah ada rumus khusus untuk menentukan jarak antara LNB berdasarkan panjang setik?

    ReplyDelete
  2. kenal jg. jarak antar lnb memang berhubungan dngan stik. semakin panjang stik maka semakin jauh jarak lnb...

    ReplyDelete
  3. gan. saya punya parabola 2 LNB tapi kenapa kalau LNB1 dapat sinyal kok LNB2 gag dpat sinyal. apa ada yg salah dlm perakitannya.

    ReplyDelete
  4. itu karena jarak lnb satu dengan lainnya kurang pas. mungkin terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga titik fokus sinyal tidak tepat..

    ReplyDelete
  5. mas adun, knp channel luar saya di batasi (gag bisa dibuka) padahal sinyal full. yg dpt hanya yg freenya aja (tv lokal)

    ReplyDelete
  6. ya memang kl gak FTA gak bisa bibuka cz tu channel berbayar. satelit telkom pun channel yang milik telkom vision gak bisa dibuka kecuali dengan resiver telkom vision

    ReplyDelete
  7. gan trimakasih postingnya sangat membantu namun bisa lebih membantu jika dilengkapi gambar atau foto gan, agar lebih jelas! tq

    ReplyDelete
  8. terimakasih banyak atas masukannya. akan saya usahakan ambil gambar kalau lg masang.

    ReplyDelete
  9. mt sore gan. . .kenapa chanel global tv and mnc tv., selalu di tutup kalau siaran premier ligue, , dan gimana cara nambah yg dua lnb jadi 4 , apanya yg perlu di siepkan?

    ReplyDelete
  10. ya karena hak siarnya di kontrak ma Indovision, tv langganan yang lain sprti telkom vision aja juga gak bisa nyiarin. nutupnya pake biss key. kl rx anda support biss, cari aja kedenya dengan bantuan sunan Google, tp cara ini illegal. kalau sudah ada lnb 2 (palapa&telkom) bisa ditambah 3 lnb lg. (asiasat3s, asia 5, chinasat 6b) kalau mau ditambah 2 anda bisa pilih dua dari tiga satelit tadi. kalau asiasat3s letaknya menempel persis disebelah timur lnb telkom, asia 5 sebelah timur asiasat3s. jaraknya sama dengan dari palapa ke telkom. kalau chniasat menempel di sebelah barat palapa. kale switch dseq 4X1

    ReplyDelete
  11. mas...adun tolong dong gambar antenanya....sekalian berapa harga scalaring 5in1 nya mohon info....sdh keliling2 tidak ada yang jual.

    ReplyDelete
  12. met siang gan. untuk pemasangan 5 lnb sebaiknya titik fokusnya di SATELIT apa?

    ReplyDelete
  13. tuk 5 lnb fokusnya dipasang ditengah antara palapa dan telkom. ini dimaksudkan agar antara chinasat dan asiasat3s seimbang. karena kedua satelit ini memiliki rentang simpang baku yang sangat sempit.

    ReplyDelete
  14. tuk switch 5X1 gak ada brow, tuk pasang 5 lnb pakai switch dseq 4X1 dan Switch 22k. dari rx langsung ke dseq. dari dseq ke 22k. tuk gambarya nyusul..

    ReplyDelete
  15. mana gan gambarnya untuk yang 5 lnbf?
    aku bingung untuk penggunaan diseqc 4x1 sama 22k nya nih.

    ReplyDelete
  16. mas untuk lnb 4 sampe 5 pake receiver venus vd323 bisa ngak

    ReplyDelete
  17. salam gan..... tolong buat donk cara buka program rahasia nya... bagaimana caranya ya... ???

    ReplyDelete
  18. ya.. ya.. ni lg belajar ngroling tuk bisa dapet kodenya bro. tuk upgrade gampang banget banget. yang jelas resiver dengan prosessor ali 3328 dan gx 6101 bisa buka biss

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi dump ali 3328 yang bisa naik bisnya mas ? ane mau coba nich...

      Delete
    2. bagi dong dump ali3328 yang bisa naik bis, ane mau coba nich...

      Delete
  19. buat mas yg minta gambar 5 lnb bs lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html tp sabar aja cz lom selesai/gambarnya lg di edit

    ReplyDelete
  20. MAs parabola saya 2 lnb, setelah di pasang untuk siaran tv dari satelit palapa bagus tapi untuk siaran tv satelit telkomnya ga dapet, tolong dong !!! makasih.

    ReplyDelete
  21. kemungkinannya bisa macem2. mungkin jarak lnb dari palapa ke telkom kurang tepat atau mungkin, seting switchnya tidak benar atau juga deklenasi/elevasi/azimutnya kurang pas

    ReplyDelete
  22. mas...adun tolong dong gambar antenanya....sekalian berapa harga scalaring 5in1 nya mohon info....sdh keliling2 tidak ada yang jual.

    ReplyDelete
  23. lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html

    ReplyDelete
  24. Salam,boleh ngak parabola yang dipasang menggunakan piring yang lebih kecil seperti piring astro.trims

    ReplyDelete
  25. untuk c-band channel FTA pakai dish astro cuma bisa satu satelit, itu aja gak maksimal

    ReplyDelete
  26. salam kenal mas adun saya winarno dari kota banjarnegara jateng.saya memperbaiki parabola dengan lnb 4.yg nangkep siaran hanya lnb 1,dan 2.yg lain tidak.untuk mnentukan lnb 1 sampai 4 apa di urutkan dari barat ke timur atau bagaimana.di switch ada keterangan lnb 1 sampai 4 dan ke receiver,tolong di bantu mas,kesuwon

    ReplyDelete
  27. urutan lnb berlawanan dengan urutan satelit. misalkan satelit palapa, telkom, asiasat 3s, dan asia5. letak satelit palapa berada pada posisi sebelah timur dan asia 5 berada pada posisi sebelah barat, namun untuk pemasangan lnb, lnb palapa berada paling barat dan yang timur adalah lnb asia5. untuk urutan 4 lnb adalah paling barat palapa, kemudian telkom, kemudian asiasat 3s, kemudian lnb yg paling timur adalah asia5. untuk yang umum, posisi switch lnb 1 adalah palapa, 2 adalah telkom, 3 adalah asiasat 3s dan 4 adalah asia5. namun sebenarnya soal switch bisa dipasang sembarangan. intinya adalah jika pada switch 1 dihubungkan pada lnb palapa, maka pada seting resiver satelit palapa juga harus pada switch lnb 1.

    ReplyDelete
  28. Salam kenal mas adun! Saya nunu mas.mau tanya,apakah dish mesh yang berlubang atau salah satu sketnya tdak ada akan mempengaruhi penangkapan sinyal? Bsa dganti pkai lgam sperti seng yg g brlubang gak mas? Mkasih sebelumnya mas.

    ReplyDelete
  29. @Anonimkl berlubang sebesar ukuran kertas A4 gak masalah, tetapi kalau hilang satu plong, maka cukup mengganggu keakuratan pantulan dish, jika untuk 2 lnb gak masalah, tetapi kalau 4/5 lnb maka akan banyak channel yg macet2

    ReplyDelete
  30. Siang Mas, sy pake 1LNB sja. trus gmna cara stelnya supaya bisa dpat chanel CCTV 1 yg nyiarin EURO. tolong ya mas, mksh bxk sebelumnya.

    ReplyDelete
  31. untuk cctv1 berada pada satelit chinasat6b, jika dari palapa d, dish sedikit dimiringkan ke timur

    ReplyDelete
  32. halo mas, apa bedanya lnb single dan twin, karena setalah saya pasang dgn byk receiver, masih tetap bentrok.

    ReplyDelete
  33. lam kenal mas Adun...

    saya taqwim..saya punya 2 LNB, tapi kok cm 1 yang dapat sinyal (cuma Telkom saja)...apakah LNB yang 1 itu rusak atau gmn????

    ReplyDelete
  34. saya pakai LNB2 buat sinyal Telkom nya...
    apakah bisa di ganti pakai buat Palapa D LNB2 nya???

    ReplyDelete
  35. ass...
    lam kenal nih...
    maaf mu tanya cinasat ma palapa ko ga bsa seimbang ya saut-sautan mulu klau sedikit miring ke timur cinasat bagus tapi palapa maunya miring ke utara gimana nih ...
    tolong mas ya...

    ReplyDelete
  36. @CJL

    Lnb single adalah lnb yg hanya memiliki 1 output saja. Tetapi output ini bisa berpolaritas horisontal dan vertikal. Sedangkan twin out adalah lnb yg memiliki 2 output. Masing2 out bisa horisontal dan vertikal. Ada juga yg menggunakan istilah twin (2in1) yg artinya 2 lnb single dalam satu kardus. Untuk pemasangan 2 resiver/lebih harus menggunakan lnb twin out

    ReplyDelete
  37. @Anonim

    lnb nya coba anda pasang tanpa switch, jika tetap tidak dapat sinyal, kemungkinan besar lnb mati

    ReplyDelete
  38. Bisa saja, karena pada intinya semua lnb sama, cuma penempatannya saja yg berbeda

    ReplyDelete
  39. @jakkk

    Kalau palapa ke utara, maka penempatan titik 0 derajat kurang tepat, tetapi kalau palapa maunya ke barat dan chinasat maunya ke timur, maka jarak lnb kurang berjauhan, tetapi kalau palapa maunya ketimur dan chinasat ke barat, maka jarak lnb kurang berdekatan.

    ReplyDelete
  40. WAH SANGAT MENARIK ARTEKEL INI,BAGI SAYA SANGAT MEMBANTU DALAM PEMASANGAN LNB PARABOLA,BOLEH KASIH INFONYA LAGI,TERIMAKASIH ATAS SEGALA ILMUNYA.

    ReplyDelete
  41. Salam, mas sy masih awam, berencana mau pasang prbla dish 6 feet, terus diparalel ke 3 ruang yg beda dg channel masing2. Mohon sarannya, sebaiknya memakai lnb combo kah? Terus peralatan apa saja, dan urutan / diagram dari mulai dish sampai RX nya. Apakah kalo beda merk@RX nya di tiap2 kamar bikin masalah?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  42. setahu saya lnb combo untuk 4 rx lom ada. pake aja lnb 4r (lnb dual 4 out). dis 6ft bisa untuk 3 lnb (sekitar 100 chanel mpeg2). kl beda merk rx gak ada masalah, entah pake merk apapun asal suport dseq 1.0.

    ReplyDelete
  43. artikel ini sangat membantu. makasih gan.

    ReplyDelete
  44. salm knl mas dri rang pangandaran,sy kan baru pasang parabola 4lnb dish 8fit,kenapa sinyal telkom ngga ada sama sekali hanya 4-5%,sedangkan yang lain bagus!mohon penjelasannya!trmksh

    ReplyDelete
  45. Salam kenal Mas Adun, tanya dikit nih, kalau saya nggunakan 4 lnb dalam 1 dish tapi jenisnya beda2, contoh: 1 s-band, 2 ku-band dan 1 c-band, bisa ga trus kalau bisa urutannya dari barat ke timur dari lnb yang mana dulu. Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, tp untuk penggabungan 3 jenis lnb sebaiknya pakai parabola gerak. jika pakai fixed dish maka akan susah memposisikan lnb. misalnya c-band untuk satelit telkom, posisi ini sama dengan posisi s-band untuk satelit ses7 (indovision). jika lnb dibuat kombo, hasil sinyalnya tidak bisa optimal

      Delete
  46. assalamualaikum mas adun, saya ngikutin blog jenengan dari awal, blog ini sangat bermanfaat dan saya rekomendasikan untuk teman2 saya yang lain,

    saya ingin tanya 2 hari lalu saya baru saja pasang parabola 6 fit, dengan 3 LNB, dan semua satelite tertangkap lancar, antara lain : PALAPA, TELKOM, dan ASIASAT3s,

    nah untuk siaran liga champion dan liga inggris kan sering di acak, setelah tanya sana sini kata temen di satelite THAICOMP ada tv3 thailand itu FTA, tapi posisi parabola harus digeser, yang ingin saya tanyakan apa kalo saya geser ke sudut 78 derajat, sinyal satelite apa yang kira2 hilang? dengan 3 LNB tersebut, apa kalo saya tambah jadi 4 atau 5 LNB lebih baik?

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  47. tidak mungkin dalam 1 dish fixed bisa menangkap satelit palapa, telkom, dan thaicom.

    kalau mau pergi ke thaikom harus pake motor penggerak, atau kalau mau nonton liga tersebut anda bisa membuka acakan dengan kode biss

    ReplyDelete
  48. mas bro sya mau tanya lbih bagus mana antara solid dan mesh dan jg antara pke 4ato lima lnb atau 2 lnb yag pakai rotator
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl menurut saya jelas bagus yg mesh. solid sinyalnya gak terlalu besar. fixed dan motor bagus yg pake morot, tetapi resikonya kl pake motor cepet rusak

      Delete
  49. Mas Adun, parabola saya, sebulan ini ngadat.
    Awalnya setelah dipasang teknisi semua berjalan baik. Tapi, setelah beberapa bulan, satu persatu siaran hilang. Bahkan sekarang malah hilang semua. Jumlah satelit yg tertangkap tetap 13 buah. Sinyal besar, bisa di atas 70% semua. Bahkan beberapa satelit bisa di atas 90%. Tapi kualitas sinyal 0% - 1% aja. Kemarin malam sempat saya geser2 sedikit, sempat dapat beberapa siaran dari daratan Arab. Tapi, pagi hari sudah hilang lagi.

    Saya pegang salah satu diseqcnya hangat. Satunya dingin.

    Sy sudah coba untuk seting ulang seperti petunjuk dalam artikel ini, namun belum berhasil. Kualitas sinyal tetap tidak berubah.

    Mohon dibantu analisa dan cara perbaikannya. Apakah ada alat yg rusak atau bagaimana?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa nangkap 13 satelit, apakah parabola anda pake penggerak? kl ya biasanya posisi posisionernya berubah dan harus diset lagi

      Delete
  50. mas adun mohon pencerahan, saya ingin memasang 3 LNB di disk 6 ft bagaimana caranya agar berhasil sinyal bagus terutama jarak antar LNB nya, nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl dish 6 ft, untuk bagusnya pake 3 lnb saja. palapa d, telkom 1, asiasat5. kl jaraknya, itu tergantung panjang stik/tiang fokusnya. misalnya panjang fokus 80cm, jaraknya adalah palapa d ke telkom1= 2,5cm, telkom 1 ke asiasat5= 7,8cm.

      Delete
  51. mas adun saya mau pasang 3 LNB di disk mesh 6 ft, untuk palapa d, telkom, dan asiasat 3s, mohon caranya gimana untuk mendapatkan sinyal yang bagus,trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 3 lnb dipasang pada dish 6ft untuk satelit palapa, telkom dan asiasat 3s, itu tergantung bentuk dishnya. jika fokusnya kurang dari 90cm, maka tidak akan bisa. dalam artian bisa, namun chanel asiasat 3s yg masuk kurang dari 50%. kecuali dengan dish 6,5 fit. dish ini sebagian besar sudah bisa untuk 4 lnb dengan chanel yg masuh diatas 75%

      Delete
  52. mas adun minta pencerahan. kalo dis 8fet jarak palapa ke telkom berapa .

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap merk walaupun sama2 8ft, tp jaraknya beda

      Delete
  53. mas gimana cara untuk mencari satelit yang derajattnya (w)kan klo di ind (E)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo w gak bisa bro, itukan ada dibumi bagian bawah (amerika)

      Delete
  54. ass.mas adun berapa si jarak antar lnb kalau pasang lbn 2 ,posisi saya dipelosok yang jauh dari satelit.?

    ReplyDelete
  55. mas setting rxnya bagai mana,jika ada lnb C, KU dan S band,dgn rincian sebagai berikut: 1 dish 6 feet utk 1 lnb C band dan KU band, 1 dish offset utk lnb S band dan 2 dish offset KU band,selama ini saya mengunakannya sistim colok yg mau dipakai saja,atas perhatianya terima kasih(jika bisa email aku aja:taufiqrahmat@myopera.com)

    ReplyDelete
  56. maz saya pake parabola 6 ft reciever venus estilo 2 lnb gimana caranya bisa dapat sinyal thaicom5 tapi tv indonesia masih dapat..saya pengguna parabola baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika parabola fixed jelas gak bisa, jika mau thaicom5 ama lokal, harus pake motor. atau jika ingin tetap dengan dish fix, anda bisa dapat chanel thailand dari satelit nss6, dan menurut saya chanelnya lebih bagus yg nss6

      Delete
  57. lam kenal mas adun..kalo pasang 6 lnb titik fokusnya di lnb mana,,,? hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuk satelit apa aja, jika pake satelit chinasat 6b, palapa d, telkom 1, asiasat 3s, asiasat 5, nss6, maka sebaiknya posisi fokus berada antara palapa dan telkom dan cenderung agak ke telkom.

      Delete
  58. mas Adun saya mau tanya jarak tiap2 LNB untuk 6 satelit(chinasat 6b, palapa d, telkom 1, asiasat 3s, asiasat 5, nss6)saya memakai parabola 8 feet merk "MAS" dan tiang fokus berada LNB satelit mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya tiang fokus berada antara palapa dan telkom, jarak cinasat 6b rapat dengan palapa, palapa tlkom 2,8cm. asia3 rapat dengan tlkom, asia3 asia5 3,3cm. asia5 nss6 3,3cm. tp mungkin chinasat kurang bagus pake dish "mas".

      Delete
  59. salam,,mas adun.
    Gmn cara memasang LNBF kembar 4 dengan antena mesh 7 feet

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya lnb kembar 4 keluaran pabrik, ringnya gak sesuai dengan dish 7ft, jd ringnya harus dimodip

      Delete

Silahkan memberi komentar dengan sopan serta sesuai dengan materi pembahasan.

 
Powered by Blogger