Cara Sekat LNB untuk Satelit Yamal 601 dengan Bahan Talenan

Setelah sekian lama fakum, kini sekat lnb kembali ramai diperbincangkan. Hanya saja ada perbedaan tujuan. Kalau dulu untuk chanel panas sedangkan sekarang untuk chanel sport. Yang diburu adalah satelit yamal 601. Satelit ini merupakan pengganti satelit yamal 202 yang sudah habis masa aktifnya.

Walaupun sinyalnya kecil, satelit yamal 601 sekarang diburu pengguna parabola gratisan karena chanel-chanel yang ada di satelit ini menayangkan siaran live sepak bola tanpa diacak. Untuk mendapatkannya dibutuhkan lnb yang disekat karena pancaran sinyalnya berbeda dengan satelit lainnya.

Pancaran Sinyal Satelit Yamal 601

Pancaran sinyal satelit yamal 601 berbeda dengan satelit pada umumnya. Satelit ini menggunakan sistem gelombang circular (berputar) sehingga untuk menangkapnya lnb harus disekat dulu.

Jika tanpa sekat, lnb tetap bisa menerima sinyal namun hasilnya kurang besar karena tidak menerima full sinyal melainkan separohnya. Maksudnya adalah karena laju sinyal memutar, maka hanya separoh yang mengena jarum atas antena lnb dan sinyal tetap merangsak masuk kemudian mengena lagi jarun antena lnb yang satunya lagi.

Alhasil jarum antena lnb baik vertikal maupun horisontal mendapat sinyal semua namun kecil. Berhubung sinyal satelit yamal 601 sinyalnya kecil, bisa-bisa tidak kebagian sinyal kalau lnb tidak di sekat.

Sekat LNB

Lnb biasa yang beredar dipasaran dirancang untuk menerima pancaran sinyal linear (lurus). Agar bisa menerima sinyal polaritas circular (berputar) dengan baik, lnb harus di sekat.

A. Bahan Sekat

Bahan sekat terbaik adalah talenan yang berbahan plastik. Talenan adalah perabotan dapur yang berfungsi untuk bantalan mengiris-iris bahan makanan. Kita bisa mendapatkan talenan di pasar dengan harga yang cukup murah. Jangan lupa talenannya yang dalamnya rapat tidak berongga.

Bahan sekat bisa saja dari selain talenan yang penting bahan plastik tebal. Namun sepertinya akal sulit mendapatkannya. Untuk menyekat lnb paling mudah adalah dari bahan talenan ini. Selain mudah didapat, talenan juga empuk sehingga lebih mudah untuk memotongnya.

B. Ukuran Sekat

Berbicara tentang ukuran sekat lnb, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya panjang gelombang kerja lnb. Lnb c-band bekerja di frekuensi 3400 MHz sampai 4200 MHz. Kalau dihitung panjang gelombang ini bisa membuat kepala kita pusing.

Kita kira-kira saja sesuai diameter lnb yaitu sekitar 6,5 cm. Karena kita menyekat bundaran lnb, tentunya tidak lepas dari diameter bundaran lnb itu sendiri.

Setelah ukurannya mengikuti diameter lnb, ternyata ada masalah baru. Yaitu diameter lnb berbeda-beda. Lnb keluaran lama rata-rata diameternya 6,5 cm. Yang keluaran baru ada yang lebih kecil dan agak pendek. Yaitu sekitar 6,3 cm dan ada pula ukuran lainnya.

Berdasarkan pengamatan saya, lnb diameter 6,5 cm panjang dari bibir lnb ke besi tengah bagian dalam adalah 13 cm. Sedangkan yang diameter 6,3 cm panjang dari bibir lnb ke besi tengah hanya hanya 11,5 cm.

Jika panjangnya 2 kali lipat diameter lnb, maka lnb derdiameter 6,5 cm sudah benar yaitu 13 cm. Tetapi lnb yang diameternya 6,2 cm kok cuma 11,5 cm. Jika 2 kali lipat harusnya 12,4 cm. Sampai disini pengamatan saya salah. Daripada mengurusi rumus-rumus yang memusingkan lebih baik praktek saja. Lebih nyata hasilnya.

Dari ujicoba yang saya lakukan, panjang sekat dengan hasil sinyal maksimal adalah sesuai panjang dari bibir lnb ke besi tengah lnb. Kalau panjangnya 13 cm ya sekatnya 13 cm. Kalau panjangnya 11,5 ya sekatnya 11,5 cm.

Ukuran Sekat LNB

Lebih dari itu hasilnya sama saja bahkan bisa menurun. Jika kurang dari itu dipastikan hasilnya kurang memuaskan. Sedangkan lebar sekat sesuai diameter lnb.

C. Fungsi Sekat

Sekat lnb berfungsi untuk mengubah polaritas yang memutar menjadi polaritas yang lurus. Diatas sudah dijelaskan kalau sinyal yang datangnya berputar akan mengenai sebagian jarum antena atas dan merangsak masuk ke dalam hingga mengenai jarum antena bagian dalam.

Jika disekat, maka sinyal yang berputar ini akan berubah menjadi lurus sehingga gelombangnya bisa mengenai seluruh bodi jarum 1 antena saja.

Cara Pasang Sekat

Setelah kita mengetahui ukuran yang tepat untuk sekat lnb yang akan kita pasang, tibalah saatnya untuk memasang sekat ke lnb. Cara memasangnya cukup mudah. Yaitu dengan menyelipkan sekat ke bundaran lnb. Biasanya sudah ada ruas jalur untuk tempat sekat ini. Kita pasang saja sekat pada jalur tersebut.

Disini kita bisa memasang 2 model sekat yaitu membelah antara 2 jarum antena lnb atau tidak membelahnya melainkan menyamping kedua jarum antena lnb tersebut. Hasil sinyal sama saja antara membelah jarum atau tidak membelahnya.

Sebagian jenis lnb dilengkapi dengan 2 ruas jalur sekat membelah jarum dan tidak membelah jarum. Sebagian lagi hanya ada 1 ruas jalur sekat membelah jarum antena lnb.

Untuk kedalamannya, jangan memasukkan seluruh sekat kedalam lnb melainkan melet keluar lnb. Maksudnya ada sedikit bagian sekat yang tidak masuk ke dalam lnb. Bagian yang tidak masuk ini sekitar setengah dari ukuran diameter lnb. Misalnya lnb diameternya 6,5 cm, maka meletnya sekitar 3,25 cm.

Pasang LNB Bersekat

Untuk memasang lnb bersekat caranya sama saja seperti memasang lnb biasa. Namun untuk lnb bersekat, posisi 0 derajat lnb tidak berlaku. Garis 0 derajat mau diarahkan kemana saja hasil sinyal tetap sama.

Yang menentukan polaritas pada lnb bersekat bukan garis 0 derajat melainkan pemasangan sekatnya. Jika sekat membelah jarum maka polaritas right jadi horisontal dan polaritas left jadi vertikal. Sedangkan jika pemasangan sekat tidak membelah jarum, maka polaritas right menjadi vertikal dan polaritas left menjadi horisontal.

Tanda Sukses Menyekat LNB

Mungkin bagi yang sedang menggeluti tenteng penyekatan ini ada yang bingung apakah penyekatan lnb ini sudah berhasil atau belum. Lalu seperti apa tanda kalau sekat yang kita pasang pada lnb sudah benar?

Pertama yang harus dipahami adalah beam satelit yang akan kita lock. Jika lokasi kita tidak memungkinkan men lock satelit yamal, maka berbagai model penyekatan lnb yang kita lakukan akan sia-sia saja.

Diatas sudah dijelaskan fungsi sekat adalah merubah datangnya sinyal yang berputar menjadi lurus. Alhasil sinyal yang menjadi lurus ini hanya mengenai 1 bagian jarum antena saja.

Jika tanpa sekat 1 frekuensi akan masuk ke polaritas vertikal dan polaritan horisontal, maka setelah disekat, 1 frekuensi hanya akan masuk di salah satu frekuensi saja. Jadi jika penyekatan yang kita lakukan mampu menghilangkan salah satu polaritas pada 1 frekuensi, maka pemasangan sekat sudah berhasil.

Demikianlah artikel tentang cara menyekat lnb agar efisien dan hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat.

208 komentar untuk "Cara Sekat LNB untuk Satelit Yamal 601 dengan Bahan Talenan"

Comment Author Avatar
klu lnb 4 lnb yang mna yang bgus x tuk dsekat
Comment Author Avatar
lnb sekat itu untuk menangkap sinyal dari satelit yang berpolarisasi left/right. kalau untuk sinyal berpolarisasi horisontal/vertikal ya gak boleh disekat.
Comment Author Avatar
Daerah medan pematang siantar bisa bg?
Comment Author Avatar
ya maksud x itu untuk polarisai left/right, tp aku pnya 4 lnb ,lnb mna yang bgus dsekat agr sgnal x kuat,lnb 1,2,3 atau 4
Comment Author Avatar
tiap merk lnb sama saja. yang bagus yang berada pada tepat fokus/setik. tp tuk satelit yg polarisasi l/r kebanyakan berada disebelah barat. jadi sebaiknya yang disekat yang berada sebelah timurnya lnb fokus agar dis tidak terlalu miring kebarat..
Comment Author Avatar
mas adun boleh tau ga urutan satelit dri timur hingga barat
Comment Author Avatar
lihat aja di http://www.lyngsat.com yang peta beamnya mencapai wilayah anda ya itulah yang dapat ditangkap
Comment Author Avatar
wah kayaknya dah ndak masuk dalam peta. kalau dah ndak masuk dalam peta ya dijamin ndak bakalan bisa
Comment Author Avatar
Untuk sekat LNB Apa harus menyentum jarum horisontal yang besar mas.atau jika nggak harus sekitar berapa cm..?Mau mencoba satelit YAMAL 202...
Comment Author Avatar
jarum yang besar itu bukan jarum horisontal melainkan bantalan jarum horisontal dan berada 3,5 cm dibawah jarum horisontal. untuk optimalnya masuknya sekat sejajar dengan jarum horisontal. jika masuk sampai menyentuh bantalan jarum horisontal juga tidak apa-apa. yang penting sekat melet minimal 3 cm dari bibir lnb.
Comment Author Avatar
Wahhhh..Memang aku GOBLOG... Tetep aja nggak nemu nemu.. sampai malu di lihat tetangga tiap hari cuma naik turunkan parabola.hahahah
Comment Author Avatar
ya jngn putus asa gitu. tuk daerah jateng, yang penting sinyal rcti bisa 70%. kl dah segitu pasti yamal sinyalnya jos. kl rcti kurang dari segitu ya sinyal yamal macet2 ky cd rusak
Comment Author Avatar
Wah...makasih inponya mas.
berguna sekali, saya masih newbie nih, msh cari&baca2 artikel ttng dunia parabola.
jadi intinya kalo mau pointing ke Yamal harus modif LNB ya?...kalo LNB sdh di modif, berarti ngga bisa terima sinyal yg polaritas V/H dong?
Comment Author Avatar
yak betul.. untuk daerah jawa harus modip lnb, kalau gak modip lnb bisa juga pake dish 12ft full
Comment Author Avatar
Ko aku di lampung gk dapat signal yamal ya
Comment Author Avatar
Ko aku dilampung gk dapat signal Yamal ya , aq pake receiver matrik HD prolink & matrik mango padahal satelit atlantic signal 95
Comment Author Avatar
wardi 03 Mei
mau tany ni mas,,,
Merk digital pa yg bsa dpt L/R,,,???
Trus law pke digital biasa L it sama dgn pa??? Horizontal pa vertikal???
Comment Author Avatar
Anonim 04 Mei
mas mau tanya ne???
Digital pa yg bsa dapt volarisasi L/R??
Trus law d digital biasa L t sma dgn pa??? Pakah horizontal tau vertikal.
Comment Author Avatar
@Krisna
mungkin trakingnya kurang pas, seharusnya daerah lampung bisa, bahkan sinyalnya lebih besar daripada di JATENG (tempat saya). atau mungkin nyekatnya kurang betul. atlantik ditempat saya 99% dengan matrix mango cz rx ini display sinyalnya max 99%.
Comment Author Avatar
@wardi
kalau resiver merk sembarang bisa. polarisasi H/V atau L/R itu hanya bagaimana kita mengotak-atiknya, cz semua resiver mempunyai satu input, yaitu 950mhz sampai 2150mhz. sedangkan polarisasi itu sudah termasuk kategori switch. lnb H/V kalau sudah disekat, jika sekatnya membelah jarum antena H/V maka polarisasinya menjadi H=R dan V=L
Comment Author Avatar
hodi 12 Mei
untuk daerah jawa timur bisa ngga' mass...
Comment Author Avatar
jatim nya mana? sebagian besar jatim bisa, namun untuk jatim yg pojok tumur gak bisa
Comment Author Avatar
Mas adun, tempat saya sekat melet keluar 3cm malah kecil lo signalnya kalo sekat 2cm meletnya malah optimal signal nya kenapa ya apa kurang bagus sekatnya punya saya.
Comment Author Avatar
mohon bantuan nya...
aku menggunakan parabola matrik 6ft yang anti karat dan reiciver prolink hd pvr sedangkan lnb nya aku menggunakan 2 lnb yang merek output..
1 lnb dah aku kasih sekat tapi kenpa y ko msih belum nemu yamal sedangkan channel yang ada di telkom pada ilang yang tertinggal cuma trans tv...
lokasi ku di kalimantan selatan..
Comment Author Avatar
@Unknown-- wah kurang tau ya. sepanjang pengalaman saya min 3cm. bahkan saya biasa pasang sekitar 5cm
Comment Author Avatar
@m.zaki al-aulia--- kl lnb disekat, ya dah gak bisa nerima H/V dengan baik, cz dah berubah polaritas menjadi L/R. lokasinya dimana? untuk daerah jateng dengan dish 6ft kayaknya gak memadai tuk nangkap yamal.
Comment Author Avatar
lokasi ku di kalimantan,kab/kota:banjar
kecamatan:martapura..
seharus nya kan kalau lnb di pasang sekat h/v kan ilang tapi ko trans tv masih ketangkap..
apakah karna pemasangan sekat kurang pas..atau karna bahan talenan yang aku buat jadi sekat kurang baik..
aku manggunakan talenan yang murahan yang harganya 7000 di pasaran...mohon bantuan nya mas..terima kasih..
Comment Author Avatar
@m.zaki al-aulia--- belum tentu, lnb walaupun sudah disekat tetapi masih bisa menangkap sinyal H/V. tetapi tidak semua freqwensi masuk.. seperti channel sudan tv di asia5 tu tetap bisa masuk tanpa gangguan sedikitpun
Comment Author Avatar
apakah harus merubah posisi dis mas adun/?? klu di rubah posisi,bukankah signal palapa,telkom dkk ilang??? tolong mas....
Comment Author Avatar
Anonim 01 Juli
lnbf 2 hrs on(22khz) ya mas?
dan arah 0 drajat searah dgn lnb 2,atau berbalik arah? thanks mas...
Comment Author Avatar
@Anonim
posisi terbaik untuk lnb, jika posisi lnb berada pada titik fokus, maka 0 derajat bisa di timur/barat (sama saja). jika posisi offset dan berada disebelah timur tiang fokus, maka sebaiknya 0 derajat disebelah barat, jika posisi lnb offset dan berada disebelah barat tiang fokus, maka sebaiknya 0 derajat disebelah timur
Comment Author Avatar
Anonim 03 Juli
thanks mas.....
klo lnb 2 22khz hrs on ya...trmks banyak.
Comment Author Avatar
@Anonim ya kalau 2 lnb dengan switch 22k inside, maka untuk lnb 2, switch 22k harus on dan untuk lnb 1 switch 22k posisi off
Comment Author Avatar
mas adun,wilayah sul sel khususnya parepare bisa g nangkap yamal 202,mohon infonya
Comment Author Avatar
bisa. bahkan ada kwnungkinan bisa nangkap satelit nss 11, yg katanya channelnya non stop lebih hot
Comment Author Avatar
Rumah saya di utara Boyolali atau tepatnya di koordinat -7.4422, 110.6144 masih bisakah menangkap sinyal satelit Yamal 202 yang konon kata Mas Adun channelnya lebih hot ...?
Comment Author Avatar
nb: dirumah ada parabola 6 feed solid dish actuator.
Comment Author Avatar
untuk tempat anda pake dish 6ft saya jamin gak bakalan bisa. untuk kepastian bisa, minimal harus pake dish 9ft. harganya sekitar 400rb.
Comment Author Avatar
Mantap infox gan boleh nax posisi saya di bulukumba sulsel mash bisaka bertemu ama bang jamal
Comment Author Avatar
bisa, tp dishnya 9ft
Comment Author Avatar
kalau di kalbar gimana om.... trus kemiringan dish berapa drajat ke barat?????
Comment Author Avatar
untuk kalimantan kemungkinan lebih mudah, karena beam sinyalnya lebih besar ketimbang di jateng. kemiringannya misalkan posisi dish lurus ke barat (sejajar dengan tanah), kemudian dinaikkan lagi sedikit
Comment Author Avatar
Anonim 14 Agustus
jadi..kalo ingin nangkap satelit yamal tp juga bisa nangkap satelit2 yang laen kudu make 2 lnb ya mas, 1 disekat satunya standart, benarkah?
Comment Author Avatar
mas mau tanya, kok receiver aku gk bisa menerima siaran yang polarisasinya horisontal (H). masalahnya kira2 dimana mas? apakah masalah di receiver atau LNB-nya? karena untuk polarisasi H, sinyal sama sekali tidak terdeteksi. aku lihat, LNB nya, 0 deragat mengarah ke selatan, apakah karena pengaruh itu? padahal dulunya semua siaran bisa ditangkap, baik yg pol. H maupun V. aku dah coba lakukan pengaturan antena di receiver tp ttp sj tidak bisa. sy memakai 2 LNB untuk palapa dan telkom. thx b4
Comment Author Avatar
coba lnb satelit telkom di scan (all/semua). apakah horisontal/vertikal bisamasuk ataukah tidak, jika tidak maka kerusakan terjadi pada resiver
Comment Author Avatar
ikutan mas tolong bantu aku nya om jamal...
Comment Author Avatar
mas adun... saya di kalbar mau coba pake 4 LNB kalau jarak LNB berjauhan apa titik fokusnya berubah ketinggiannya...saya pakai 9f rencana mau ikutan ngejar om jamal,thaicom,telkom,dan palapa
Comment Author Avatar
tolong sekalian kasih rumus jarak per LNB mas.. makasih...
Comment Author Avatar
Wirga 27 Agustus
Udah fix mas, aku putar LNBx, sekarang dah dapat siaran pol. H tetapi sebaliknya pol. V tidak dapat. kemungkinan rusak di receiver ya mas? coz merek abal2 L*sat
Comment Author Avatar
andre 12 September
mas kalo di ntt bisa nangkap yamal atau tdk nih dan saya pake dish yg 6ft tolong pnjlsnya .....
Comment Author Avatar
Anonim 05 Oktober
@anonim,Kalau sumatera utara pakai dish 6 feet bs dpt yamal gk mas
Comment Author Avatar
daerah sumatra sinyalnya lebih besar daripada di jawa, saya gak bisa mastiin cz lom pernah masang disana,mungkin bisa
Comment Author Avatar
Anonim 10 Oktober
mas klo di kalimantan tengah bisa nangkap yamal202 gak trus brapa drajat kemiringan parabola
Comment Author Avatar
Anonim 10 Oktober
mas,saya mau tnya sinyal rcti kok cma 35% sedngkn transtv 65% tw knp yaa? saya tinggal di Banyumas
klw bsa kasih crany jg mas supaya sinyalnya 70&
Comment Author Avatar
untuk semua wilayah kalimantan kayaknya bisa dilihat dari peta beamnya, bahkan sinyalnya lebih besar daripada jateng. untuk kemiringannya, dikira2 aja. misalnkan dari posisi dish lurus kebarat, kemudian dinaikkan sedikit. lebih enak lagi pakai penggerak, kalau sudut azimuthnya tepat, kan tinggal diseting posisionernya



untuk yg sinyal rcti 35% dan trans tv 65%, coba lnb palapa diturunkan sedikit, satelit palapa&telkom memang agak berbeda. posisi lnb palapa lebih rendah daripada tenkom sekitar 0,5cm. kalau rcti mau 70% pake aja dish parabon 8ft full
Comment Author Avatar
Anonim 18 Oktober
mat siang mas saya di ntt,kira-kira bisa nangkap satelit yamal dan taicom atau tidak,saya 6 feet,2 lnb,mohon bantuannya,..z
Comment Author Avatar
kl yamal kayaknya gak bisa cz beamnya gak nyampe. tp kl thaicom H mungkin bisa
Comment Author Avatar
mksh bwt smua info nya mas, saya dari sibolga sumatera utara, apa bs dpt sinyal mr Yamal tuh. dan specific parabola serta receiver nya yang lebih bagus apa mas. soalnya saya pakai parabola 12 f. apa bs dng receiver venus.
thx mas.
Comment Author Avatar
tuk yamal pake resiver mpeg2 gam kasalah cz channelnya masih mpeg2. tp beberapa chanel diacak pake biss, jadi kl mau buka acakannya harus pake resiver yg sudah support biss key
Comment Author Avatar
Anonim 03 November
Mas mau nanya....

Saya punya 2 lnb c band...rx matrix..actuator yuri....tkp sumatera barat...pertanyaan saya...

* Kalau lnb di kasi sekat...kan otomatis untuk siaran h/v tidak dapat....apakah saya harus pakai 4 lnb....2 sekat 2 standar....atau 1 sekat 1 standar...???

* apakah satelit nss11 bisa di dapat di sumbar...


Terima kasih sebelumnya...maaf saya newbie....mohon bantuan nya
Comment Author Avatar
ya pake 2 aja kan dah bisa, 1 sekat dan satunya lagi gak. kl nss6 kemungkinan besar gak bisa
Comment Author Avatar
Anonim 27 November
mas untuk wilayah sulawesi selatan khususnya kab jeneponto dapat yamal ya mas adun, sy pake parabola plat matriks 6 ft.
Comment Author Avatar
Anonim 29 November
nanya mz, sy pny dish eks tlkmvsion kra2 bs gx bt nangkep bg jamal? Posisi pekan baru riau
Comment Author Avatar
Tipe RX gak ngaruh MAs?
Comment Author Avatar
mo ikutan nimbrung masalah mbAH jamal nie mas....posisi saya di pati jawa tengah apa bisa nangkap siaran mbah jamal dengan pake dish 6 feet.....sdh saya coba LNB 2 nya pake sekat......dan utk pemasangan sekatnya apa harus dibelah utk nembus bantalan horisontalnya sampai dasar LNB sehingga jarum vertikalnya juga tertutup,ato cukup menutupi jarum horisontalnya saja?dan jika siaran RCTI cuma mncapai 40% di LNB 1 fokus nya apa berarti kita tinggal miringkan parabolanya kearah barat sampai nemu mbah jamal di LNB 2(dengan sekat) nya? ato signal RCTI harus skitar 70% dulu utk bisa mencapai mbah jamal?
Comment Author Avatar
Anonim 27 November
Mas, kalo lokasi di jakarta satelit apa yg terjauh yg bisa ditangkap dgn menggunakan dish bekas indovision/telkomvision/aora. Thnks Mas......
Comment Author Avatar
Anonim 29 November
nanya mz, sy pnya dish eks telkmvsn, bs gx bt nangkep bg yamal? Posisi pekan baru riau
Comment Author Avatar
Anonim 29 November
nanya mz, saya pnya dish exs telkomvsn, bs gx bt nangkep bg jamal? Posisi pekan baru riau
Comment Author Avatar
ya gak bisa.. itu bisanya untuk nss6
Comment Author Avatar
mas lam kenal ya saya di ciledug tangerang saat ini satelit palapa sampe apstar 7 lancar kira2 di tmptku bs ngak dapat sat yamal kira kiramsh jauh ngak jarak sama apstar 7 dengan yamal mohon info nya mas
Comment Author Avatar
dishnya brp ft?
Comment Author Avatar
Anonim 08 Desember
mas receiver golsat bisa nggak nankap yamal, lnb udah di sekat kok polnya tetap h/v, tolong mas...
Comment Author Avatar
bisa, channelnya FTA
Comment Author Avatar
mas saya pake yang 10 fett
Comment Author Avatar
kl 10 ft dah bagus tuh..
Comment Author Avatar
mas saya pake 10 feet tadi sore saya coba sekat lnb tp yamal lom dpt, trus mslh sekat harus talenan merk lion ya mas td sy pake merk lain hasilnya nihil
Comment Author Avatar
coba usahakan dapat beberapa channel dari yamal 202. lnb gak usah disekat dulu. setelah dapat, baru diotak2atik sekatnya.
Comment Author Avatar
Anonim 09 Desember
mas kalo daerah gresik jatim pake 6 feet kira2 bisa nggak ya ,jd tertarik nih setelah baca2 artikel mas Adun
Comment Author Avatar
mas adun saya sudah dpt sat intelsat 902 62° kira kira masih jauh ngak bang yamalnya ya mas adun
Comment Author Avatar
yamal 202 ada di 49⁰. ya agak jauh.
Comment Author Avatar
mas mohon tambah petujuknya itu sekat sampe mentok besi bulat tengah apa ngak ya
Comment Author Avatar
gak usah disekat dulu. coba cari chanel yg sinyalnya besar, sprti grtk yamal, saba. chanel ini sudah bagus tanpa sekat
Comment Author Avatar
ok mas matur nuwun nanti mau saya coba dulu
Comment Author Avatar
Anonim 10 Desember
terima kasih mas adun , sukses slalu
Comment Author Avatar
mas adun saya seharian cari yamal blm dapat dapat, mas adun mungkin punya solusi patokan satelit apa yang segaris sm yamal mohon petunjuknya ya mas adun thanks sblmnya
Comment Author Avatar
la dishnya pake penggerak gak? dish merk apa?
Comment Author Avatar
saya pake pengerak mas trus dish saya jaring 10 ft dulu saya beli satu perangakat merek tanaka cuma recieve sudah ganti amiko, mas adun kira kira klo dari sat intelsat 906 msh jauh ngak ya soalnya sisa pengeraknya +- 15 cm di intelsat lnb tanpa sekat sy dapat 3 ch signal cukup bagus mencapai 85-90 %
Comment Author Avatar
wah mungkin penggeraknya gak nyampe. kl pake penggerak, seharusnya grtk yamal dah bisa masuk tanpa sekat, kl tanpa sekat, di polarisasi H/V masuk semua. kl ditempat saya, dengan dish paragon penggeraknya memang gak nyampe, harus dimodif dulu/ tiangnya agak dimiringkan ke barat
Comment Author Avatar
pa di darah blora pa bisa tangkap jamal mas? tq.
Comment Author Avatar
kayaknya bisa, asal dishnya min 9ft. tp sekarang yg jauh lebih seru tracking nss11. filmnya full 24 jam. ane lg cari cara mpe sekarang lom lock
Comment Author Avatar
mau tanya nih om posisiku di magelang jateng , kira kira bisa dpt bang jamal gk tnpa sekat ? Lnb hansen payung 9 feed. Dan ada dua receiver merk polarisat jadul sma sky box f3 sbaiknya pke yg mana om ??? Mohon solosinya... hatur nuwun
Comment Author Avatar
Anonim 18 Desember
Mas Adun mau nanya nih,saya tinggal di Jambi,dish parabola saya 7 feet,apa bisa dapat yamal?terus apa bisa tanpa di sekat dulu??soal nya sinyal Thaicom saya dapat bagus mas,makasih...
Comment Author Avatar
mungkin bisa, cz daerah sumatra beamnya besar
Comment Author Avatar
Gan,mau nanya nih,saya punya 2 LNB,1 untuk Palapa,1 nya lagi untuk telkom,jadi yg harus saya kasih sekat itu LNB yg mn biar bisa dapat Yamal?terus saya pake dish 7 feet,saya berada dijambi gan,kira2 bisa ga?makasih..
Comment Author Avatar
kl yamal harus pake penggerak bro...
Comment Author Avatar
Maksud nya penggerak apa ya mas??
apa posisi LNB harus di set baru lagi ?
bahas sekat nya boleh ga dari papan?trims
Comment Author Avatar
penggerak adalah dishnya bisa gerak ke timur dan ke barat. tambahan alatnya adalah aktuator, posisioner dan kabel kontrol. satu set harganya kira2 350rb kl pakai kabel yg bagus. untuk sekat gak bisa pakai papan. harus pakai bahan plastik tebal.
Comment Author Avatar
Anonim 18 Desember
mau nanya ne bos, bisa gk bang yamal di tangkap di daerah jambi bos, dan berapa ukuran minimal untuk dishnya., makasih sebelumnya...
Comment Author Avatar
untuk daerah situ lebih kecil dari 8ft kemungkinan besar bisa
Comment Author Avatar
mas adun mo tanya lg merek lnb apa yang bagus dan sensitif buat sat yamal saolnya saya pake kaonsat cuma dapat intelsat aj tp fq ny cukup bagus nyampe 80% mohon petujuknya MAZ ADUN
Comment Author Avatar
venus/hansen. lnb ini sistemnya agak berbeda dari yg lainnya
Comment Author Avatar
trimakasi MAS ADUN mudah mudahan saya bisa cepat dapat yamal
Comment Author Avatar
tuh sekatnya stlah dmsukin ke lnb d lem tow d baut om spaya gk jatuh sekatnya ??
Comment Author Avatar
dilem jg bisa. kl saya pasang gak saya apa2in, cz dah kuat bngt. kita buat yag agak yg kl dimasukkan jadi susah ditarik kembali
Comment Author Avatar
Anonim 22 Desember
Mas ADUN.. kalo jatim trenggalek bisa apa gak.. trims
Comment Author Avatar
masuk dlm peta gak, kl masuk kemungkinan besar bisa
Comment Author Avatar
adminnya sabar banget,mudah2an ilmu yg ditularkan bermanfaat bagi orang banyak..
Comment Author Avatar
lom bisa dpt yamal om pdhal dah smpe intelsat dan ke barat lg nemu 1 transponder tpi snyalnya lemah bngt low gk salah bru bisa jalan smpe nns 12 tanpa sekat bisa masuk , pa ada kemungkinan lnb udh ngedrop om ? Pdhal di pas 2 satelit pling timur msh bisa,, slama pngalaman om sndri tracking yamal pa hrs lnb dan dishx baru smua cz dish ma lnb pnya ku dh lma bngt ,, mohon pencerahanx om....
Comment Author Avatar
kl rcti sinyalnya brp?
Comment Author Avatar
Anonim 26 Maret
Lokasi anda menentukan area beam Bang YAMAL 202 gan.
Comment Author Avatar
MAS ADUN tambah info dong klo pake dua lnb sebaiknya di taro offset barat apa timur
Comment Author Avatar
posisi lnb sebaiknya disebelah timur titik fokus
Comment Author Avatar
Boss… Pencarianku sampai di Intelsat 906 posisi 64,2E…
dapet sinyal satelit 90% kwalitas 72% di TP 4094 (LNB Tanpa sekat) Polaritas saya ubah2 V atau H tetep sama 72%.setelah dikasih sekat yg V tetap & H langsung Hilang...
tak terusin ke Barat Tapi Om Jamalnya belum mau nongol.!???. padahal baratku hingga 300m tidak ada penghalang alias pinggir sawah (saya pikir itu ring jaraknya cukup)
ada saran gak Boss.. !! biar saya bisa kencan ama si Iren anaknya Om Jamal
Posisiku Gunungkidul Yogya Selatan alat tempurku mhde new, 6feet solid, LNB matrix duo…
Comment Author Avatar
kl dishnya cuma 6ft gak mungkin dapat
Comment Author Avatar
Yaya 14 Januari
Ma Adun nanya lagi ya!!? saya menemui salah satu TP di salah satu satelit gambarnya gak bisa clear (adak kotak2nya) walaupun intensitas sinyal 90% dan kwalitasnya 63%,padahal di satelit lainnya yg bisa saya dapat(sekitar 19an satelit)sudah clear walaupun kwalitasnya cuma 45% bahkan 32%... kira2 kesalahannya dimana.???!!
Comment Author Avatar
kalau 2 lnb yang disekat yg mana untuk satelit yamal bos
Comment Author Avatar
sebaiknya offset sebelah timur
Comment Author Avatar
Anonim 30 Desember
mas adun beberapa bulan lalu siaran al-alam, press tv dan irib dari iran kok hilang sih sinyalnya masih ada di asiasat.2 trus pindah ke satelit mana mohon bantuannya yah, apa masih ada orang yang menjual actuator (motor)parabola untuk 12 fit mas?
Comment Author Avatar
sinyalnya masih, tp memang gelap. cz iran dituduh ngasih rudal al-fajr ke pejuang palestina, jd siaran tv nya di tutup
Comment Author Avatar
udah smpe ke bang jamal om tpi cm dpt 2 chanel gtrk vologda sma protozo apa itu lupa namanya dg sq rendah bngt cm 30 persen dg sekat melet 3 cm, yg lain ngumpet kmana om ? Untk rcti mentok 60 persen pkai reciever polarisat... Apa ada yg msh kurang , bang jamal bikin pusing kepala om...nih mau coba lg pake lnb matrix double out ktanxa sinyal lbih kuat...
Comment Author Avatar
kl rcti cuma 60% masih jauh bro. usahakan dapat 80%. atau 70% dengan dish ceper.
Comment Author Avatar
Anonim 15 Februari
ooo... g2
Comment Author Avatar
sampai sekarang saya masih belum bisa lock yamal karena pas disisi barat rumah terhalang gedung sekolah 4 lantai,,
jadi sama sekali belum kenalan sama jeng iren
Comment Author Avatar
waduhhhh.... Itu dh gk isa d tawar lg ya om rcti minimal hrus 70 persen untk smpe ke bang jamal ? Untuk pmasangan lnb 0 drajat sbaiknya di taruh di sblh barat pa timur om untk mendpt sq yg maksimal ??
Comment Author Avatar
andaqira 02 Januari
bang, mau tanya. saya posisi di jember jawa timur. receiver pake new matrix hd, lnb hansen c band, penggerak pake bekas merk supertrack. bagian barat mentok hanya sampai ABS 1. Apa bisa disetel ulang bang? agar bisa ke bang jamal?
Comment Author Avatar
mentok bagaimana?. kl yg mentok penggeraknya, tinggal rubah limitnya. tp kl disnya yg mentok, posisi tiang dish harus dibuat miring ke barat
Comment Author Avatar
andaqira 19 Januari
mentok ke genteng mas. apa perlu ditinggikan tiangnya? tapi utk jember apa bisa ke bang jamal? kemarin saya ganti LNB pake LNB matrix combo C/ Ku band. Utk Ku band yang bisa hanya NSS6. Di daerah saya satelit Ku band apa saja yang mungkin bisa ditangkap siarannya. saya pake dish 9 feet
Comment Author Avatar
Anonim 04 Januari
bang mw nnya,apakah reciver matrix burger bisa nrima stelit yamal.saya di klimntan brat.mkasih
Comment Author Avatar
bisa saja. channelnya masih pafda pake dvbs-1 mpeg2
Comment Author Avatar
bagus 09 Januari
mas adun minta pencerahan
aq di banyumas lmb 2 pake 8 fet. supaya dape sinyal rcti 70% gimana bos

Comment Author Avatar
mas adun, untuk daerah tanjung enim sumatera selatan apakah sampe signal tersebut ke tempat saya?
Comment Author Avatar
kl sumatra sinyalnya lebih besar daripada di jawa
Comment Author Avatar
topan 14 Januari
mas adun.. tu bisa buat nangkap frekuensi di atas 10000an gak.? trims
Comment Author Avatar
Anonim 14 Januari
MAS, bagaimana cara mengatur ulang motor pengerak, karena di reciver bertuliskan ER2 kalau sudah mento.saya pakai motor penggerak dan reciver venus, mau mencari satelit yamal dan nss 6 atau 11, bisa ngk ya parabola saya 6 feet. lokasi di tanjungpinang kepulauan riau.makasih sebelumnya mas
Comment Author Avatar
kl err, itu motor dah dilimit manual, dirubah aja dengan membuka bagian bawah motor, disitu ada pengaturan limitnya
Comment Author Avatar
Anonim 15 Januari
makasih mas informasinya, kalau LNB C BAND bisa ngk mas nangkap satelit NSS 11. berdasarkan referensi yang saya ketahui hanya LNB KU BAND yang dapat nangkap satelit NSS 11.
Comment Author Avatar
Anonim 26 Maret
kalau referensi yg anda tau memang benar. Nss 11 berfrekuensi KU-Band, jadi cra ngelock sinyal satelitnya pun mesti pakai KU_band, bukan yang C-band. Rx mesti yang support biss cos it's a scrambled hot channel for 24hrs, non-stop...katanya sih....
Pengen ngelacak Zamjari yah....[hehee]
salam...!
niassat-service.blogspot.com
Comment Author Avatar
Anonim 15 Januari
mas adun.. tu lnb (yg sdh disekat) bisa nangkap frekunsi 10000an ke atas gak.?
Comment Author Avatar
sekat gak mempengaruhi freqwensi lnb. kl yg disekat c ya tetep c, kl ku ya tetep ku. sekat berfungsi untuk merubah polarisasi L/R ke H/V
Comment Author Avatar
Mas Adun
Kenapa ya RCTI dkk kalau baru dinyalain bisa nangkap sinyal, tapi ga lama kemudian langsung menghilang sinyalnya? Baru dinyalain bisa tapi kemudian hilang lagi...begitu seterusnya...knapa ya?
Comment Author Avatar
itu switch H/V pada lnb rusak. perrbaikannya sangat sulit. mending diganti saja
Comment Author Avatar
Anonim 28 Januari
mas adun kalau di indramayu bisa ga cari bang jamal, parabola saya 6feet jaring
Comment Author Avatar
Anonim 27 Februari
NGAK
Comment Author Avatar
Anonim 29 Januari
klo di sukabumi jawa barat gimana mas bisa nggak
Comment Author Avatar
slamat sore mas adun mas sampe saat ini yamal tak kunjung ketemu saya sdh coba melakukan pointing sesuai anjuran sampe dpt signal rcti 78% tp kok tetap blm dpt mas adun apa ada lagi satelit di bawah intelsat 906 dan diatas yamal yang msh bisa dilock tanpa sekat sblmnya trmksh jd tanya trs nie mas adun
Comment Author Avatar
Anonim 27 Februari
JGAN NYERAH COBA TERUS ,,...HE..HE..
Comment Author Avatar
mas untuk daerah bwi bisa ngak yamal 202, dish 9 ft...
Comment Author Avatar
mas klo canel rcti 40% sedang indosiar 95% bisa ngak yamal 202, dish 9 ft posisi banyuwangi kota jatim.....and kira tiang parabolanya dimiringkan berapa derajat ya.... trims ....
Comment Author Avatar
Anonim 15 Februari
mas adun saya tanya ya kan polaritas r/l kan banyak satelit.... tu bisa ngak pake lnb yang di sekat tlenan.....
Comment Author Avatar
ya bisa, kl dah disekat yg gak bisa untuk pol. H/V
Comment Author Avatar
Anonim 08 Maret
BISA NGAK DI JELASKAN SATELIT PA JA......TRIMS....
Comment Author Avatar
Anonim 19 Februari
BALI BISA NGAK DAPAT BANG JAMAL
Comment Author Avatar
mas adun..kabarx dah ada yg bisa lock nss11 full kates 24 jam,daerah solo.
Comment Author Avatar
ya. tp saya kurang begitu percaya. kl dijawa yg jelas bisa lock ya adult onli 1 dan 2. tp sayang bukanya harus pake fly
Comment Author Avatar
Anonim 27 Mei
coba cek dulu boss...
Comment Author Avatar
Anonim 02 Maret
Mas Adun......di Banyuwangi apa bisa menerima yamal 202..jika pakai matrix solid 6 feed dan LNB Kaonsat 13k.....Kalau bisa saran mas Adun untuk disekat siap diketrjakan...Dan arahnya kemana atau berapa derajat?
O...ya LNB ku band untuk tangkap Optus di Banyuwangi yang bagus pakai merk stargold fuji SG900 apa Santec Fuji 3003??? makasih atas pencerahannya....
Comment Author Avatar
kl cuma 6ft gak bisa bro, pake sembarang asal yg prime fokus kayaknya bisa
Comment Author Avatar
Anonim 02 Maret
tolong pencerahan
Comment Author Avatar
Anonim 04 Maret
sy pake paragon 8 fit dan penggerak dan 1 lnb posisi di kebumen,apakah yamal bisa di lock jika menambah 1 lnb lagi dan diletakan di sebelah timurnya lnb 1 serta tidak memodif penggerak ?
Comment Author Avatar
hampir 100%bisa
Comment Author Avatar
bro yamal202 sama paksat berapa cm lbn nya ,,,,,,,,,,,,,,jarak maksudnya..............tx
Comment Author Avatar
gak tau bro,, tmpat saya gak memungkinkan n saya gak nyoba treking
Comment Author Avatar
Anonim 11 Maret
mas adun untuk cari yamal 202 pa perlu dish yang besar, aq punya dish 7 fit tapi sinyal palapa bisa capai 100% bisa ngak tu....bang jamalnya...posisi bali...(receiver +lnb matrix)
Comment Author Avatar
Anonim 11 Maret
mas satelit pa aja yang bisa di cari dengan sekat tlenan(r\l).....dish 9 ft posisi bali...
Comment Author Avatar
mas ikutan gabung,,,boleh
Comment Author Avatar
Anonim 14 Maret
MAS ADUN CARI SATELIT EXSPRESS AM33 at96.5'E POL R\L...PAKAI SEKAT TLENAN BISA NGAK DISH 9 FT LNB+RECEIVER MATRIX... POSISI BALI....
Comment Author Avatar
Anonim 14 Maret
YAMAL 201 BISA NGAK PAKAI SEKAT....
Comment Author Avatar
yusuf 16 Maret
mas Adun, saya pake mhde, tapi mpeg2 yg kebanyakan polaritas H kok ndak ada sinyal sama sekali ya.spt RCTI, SCTV, Trans7 TransTV, ANTV< Global TV, TV one ndak dapat sinyal, tp yg mpeg 4 kok bisa ya.mohon pencerahannnya. makasi banget Mas Adun
Comment Author Avatar
Anonim 23 Maret
mas saya pke starlink produk nya matrix....signal rcti hnya 42 %...........klo saya pke punya kwan saya merk venus signal nya bisa 70%....itu ksalahan nya ad dmn mas.....mohon pencerahannya
Comment Author Avatar
prosentase signal gak bisa jadi tolak ukur. misanlya pada rx mpeg2. matrix mengo menunjukkan sinyal 30%, sedangkan pada hansen menunjukkan 33%. sebenarnya sama saja cuma displai tiap2 resiver menafsirkan sinyal yg berbeda.

kecuali jika menggunakan rx anda gambar macet2 sedangkan jika menggunakan rx teman anda gambar lancar jaya. tentunya rx anda bermasalah. coba atasi dengan pass filter, dan jika masih macet2 jg, berarti tuner rx yg lemah.
Comment Author Avatar
salam kenal mas .... aq rahman dari situbondo jawa timur mau tanya apa da lnb yang bisa yamal tanpa sekat trim ksh .........
Comment Author Avatar
bisa saja tanpa sekat kl dishnya besar.
Comment Author Avatar
Anonim 02 April
sebesar apa
Comment Author Avatar
Anonim 02 April
saya baru ja bisa dapat saba 40% tapi yang lain ngak bisa ......dish 9 ft sekat lionstar... gimana upaya nya lagi boos adun....
Comment Author Avatar
Anonim 27 April
coba ja terus sampai bisa
Comment Author Avatar
Anonim 01 Mei
mas adun saya mau tanya,saya tinggal di wonosobo jateng,kenapa kalau tracking thaicom 5 chanel yg polarisasi vertical susah di dapat,cuma beberapa saja yang lock itu pun sinyalnya minim. padahal kalau ke satelit yg di bawahnya malah mudah vertical di dapet.
Comment Author Avatar
Mas aq di jambi sumat ra pake lnb4,lnb mana yg bagus di sekat
Comment Author Avatar
mas mau tanya, saya di karawang bisa dapat yamal gak, saya pakai disc 6feet lnb hansen UsA lama ,pakai sekat fibre glas 8mm panjang 17cm, receiver samsung dah empeg2, rotator dan posisioner bisa gak mas? Thanks.
Comment Author Avatar
Anonim 23 Juli
klo daerah cirebon bsa g kang.......mhn informasi.
Comment Author Avatar
Anonim 28 Agustus
coba aja...
Comment Author Avatar
dimas karman 11 September
mas ,kalo actuator sering eror apa kabel terlalu panjang bisa pengaruh
Comment Author Avatar
kayaknya bukan, biasanya sering eror karena beban terlalu berat
Comment Author Avatar
Anonim 20 September
mas mo nanya soal stlit yamal,kya y yg ada chnel peh/ren tv y di yamal 201 90.oE POLARITAS KU BAND,kira kira di cilacap bisa ga,dri pda kjauhan ke yamal 202 49.0E.
Comment Author Avatar
yamal201 beam nya gam nyampe indonesia...
Comment Author Avatar
hi mas adun
saya kanfa gunawan tangerang banten mau kenalan minta no hp atau pin bb nya mau tanya ttg lnbf lebih detil
best regards
Comment Author Avatar
dah ada bro, baca lagi
Comment Author Avatar
Anonim 20 Juni
Mas.. saya di wonosobo pake aktuator sm dish 6ft bisa dapet yamal nggak?
Comment Author Avatar
Anonim 22 Juni
maaf kl wonosobo pake 6ft gak bs
Comment Author Avatar
info lebih lanjut www.intrik.id para pecinta tracking parabola.
Comment Author Avatar
ketebalan sekat harus 7 mm ya mas ?dari bahan kayyu bisa ga mas?
Comment Author Avatar
bos,kalau daerah kalsel,tanah bumbu bisa gak ya,
Comment Author Avatar
Maaf Gan,Saya Pemula,Kalau LNB Nya di sekat,apakah berpengaruh terhadap frekuensi yang Horisontal/Vertikal? Mohon pencerahannya Gan !Terimakasih.
Comment Author Avatar
posisi freqwensi masih tetap. sekat cuma misahin l dan r
Comment Author Avatar
Maaf mas mau nanya.. Klu pakai dual LNB yg disekat yg didalam(barat/palapa) apa yg diluar(timur/telkom)..??? Terimakasih sebelumnyaa.
Comment Author Avatar
maksudnya tuk nangkap sat apa?
Comment Author Avatar
mas adun mw nany in sa di daerah toli toli prov.SultenGG. mas kalau pakain lnb combo matrix c/ku band bisa nangkap satalit yamal enggk? mhon solusi xx??
Comment Author Avatar
mungkin bisa bro kl lokasinya masuk dalam beamnya