Mengenal lebih detail bagian-bagian LNB C-Band

Lnb c-band dan Ku-Band pada intinya sama. perbedaannya adalah c-band dirancang untuk menangkap sinyal frekwensi 3,4 sampai 4,2 Ghz.
sedangkan ku-band untuk menangkap sinyal sekitar 10,7 -12,75 Ghz. sebuah lnb C-band terdiri dari sebuah tabung berdiameter sekitar 6,5cm/panjang 17 cm, 2 buah antena berbentuk jarum yang panjangnya 2,5 cm, sebuah bantalan antena (biasanya untuk horisontal), seperangkat rangkaian elektronik, dan konektor type male. untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam gambar berikut:


Rangkaian Dalam LNB
Gambar 1
rangkaian elektronik pada LNB


Horn LNB
Gambar 2
bagian dalam horn LNB




Inti sistem kerja lnb adalah sama dengan antena tv biasa yang menggunakan boster. antena pada lnb sangat kecil karena frekwensi yang ditangkap sangat tinggi. dari antena kemudian disambungkan ke boster. tetapi boster pada lnb berbeda dengan boster antena biasa. pada boster antena biasa, hanya terdiri dari beberapa tingkatan transistor penguat dengan frekwensi yang tetap. sedangkan pada boster lnb terdapat modulator (yang berbentuk kotak pada gambar 1 diatas) yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal yang semula 3,4 sampai 4,2 ghz menjadi 950 sampai 1750 mhz. untuk lebih jelasnya cara kerja boster lnb bisa klik disini

sebenarnya dalam sebuah lnb terdapat dua buah sistem antena yaitu antena untuk menangkap sinyal vertikal dan horisontal. kedua-duanya tidak bisa digabungkan atau dijadikan satu karena menyebabkan kacaunya if sinyal sehnigga sinyal tidak bisa terbaca oleh resiver. kalau lnb keluaran dulu antena hanya satu, dan untuk bisa menangkap polaritas vertikal dan horisontal mgnggunakan motor kecil untuk memutar arah antena melintang (vertikan) dan membujur (horisontal).

untuk lnb keluaran sekarang antena vertikal dan horisontal sudah sendiri-sendiri karena pemindahan polaritas menggunakan motor mudah rusak. yang sekarang menggunakan switch vertikal dan horisontal. switch ini menggunakan sistem voltase. maksudnya adalah switch yang menggunakan perbedaan arus ( B+). jika arus yang dialirkan ke lnb terbaca diatas 17V maka yang di beri arus adalah antena Horisontal dan Vertikal Putus. sebaliknya Jika arus terbaca maksimal 13V maka yang hidup adalah antena Vertikal dan Horisontal putus. bagi para pembaca apabila ada yang ingi bertanya atau mengkritik atau memberi saran saya persilahkan dan akan saya jawab sepengetahuan saya



Artikel Terkait:

Lnb Matrix Quatro

Lnb 2R dan 4R Quad c-band

Mengenal beberapa merk LNB

72 comments:

  1. yang dalem LNB itu namanya modulator apa osilator ?

    ReplyDelete
  2. kayaknya nama aslinya osilator. tp kl q biasa bilang modulator cz sistem kerjanya mencetak freqwensi ky modulator (maaf bahasa q asal2an cz q bukan anak sekolahan). tp intinya sistem kerjanya adalah mengganti freqwensi asli ke freqwensi 950mhz-1750mhz hasil cetakannya dia. misalnya c-band, dari satelit 3400mhz-4200mhz diganti ke 950mhz-1750mhz.

    ReplyDelete
  3. thank mas Adun. jadi nambah ilmu nih.

    ReplyDelete
  4. reciverku matrix sakura tak mau ngebaca siaran vertikal,horisontalnya masih ok.tapi pakai reciver yg lain ver+hor oke.artinya LNB nya ok.Ketika diukur voltasenya terbaca hampir 14 volt.apa gara2 tidak persis 13 volt ini ya,yg bikin tidak bisa ngebaca verikal?Mohon nasehatnya mas?!

    ReplyDelete
  5. kalau hor bisa ok, berarti sistem tuner gak masalah.kalau ver hampir 14v saya rasa masih tetap bisa vertikal cz 14,5 ver masih bagus. diatas 14,5v sudah macet-macet antara ver&hor. coba saja dites voltasenya resiver yang lain, kemungkinan testernya yang kurang akurat. atau coba dihapus transponder yg gak dipakai, cz kemungkinan memori penuh juga bisa mempengaruhi kinerja prosesor.

    ReplyDelete
  6. mas .. terangin dong parabola c band tu apa n apa kelebihannya ,,ty

    ReplyDelete
  7. tv via satelit menggunakan 3 jalur, yaitu s-band, c-band, dan ku-band. c-band adalah jalur freqwensi 3,4 ghz sampai 4,2 ghz.

    ReplyDelete
  8. Mau tanya gan, Jika kita pake LNB KU BAND, sinyal C band dapat tidak.

    ReplyDelete
  9. lnb ku-band hanya bisa untuk nangkap sinyal ku-band saja. kalau mau ku dan c, bisa pake lnb kombo c+ku, tp sinyalnya kurang bagus, lebih baik pake c sendiri dan ku sendiri

    ReplyDelete
  10. Mas, banyak toko elektonic yg menjual LNB-C/Ku-Band jadi 1 bagian (Combo LNB) sepertinya praktis pemasangannya, tpi kwalitasnya gimana jika dibanding kalau pasang LNB-C dan LNB-Ku Band masing2, mohon penjelasannya, dan merk apa yang paling cocok ???, saya menggunakan Antena Solid Dish Alloy 6 ft dan Receiver OpenBox S9 HD PVR, Terima Kasih.

    ReplyDelete
  11. lnb kombo memang lebih praktis, namun urusan sinyal tentunya lebih baik yg sendiri2. jika pake fixed dish dan untuk menangkap dua jalur freqwensi dalam satu satelit, terpaksa pake kombo. tetapi kalau pake dish motor, jauh lebih baik pake yg sendiri2. kalo rx lebih baik pake yg rakitan dalam negeri bro, lebih komplit dan lebih sesuai dengan kebutuhan kita. kl seperti punya njenengan, kebanyakan sangat ribet dan banyak channel yg gak bisa kebuka acakannya.

    ReplyDelete
  12. Mas, sy tinggal di daerah Jambi.
    1. LNBnya pakai yang C atau KU?
    2. Trus masing-masing LNB itu (C ataupun KU), satelit2x apa saja yg bisa ditangkap?
    3. Apa LNB S itu umum dipakai? Dan bisa dibeli bebas ditoko elektronik? Kan itu cuma Indovision yang pakai.
    4.Saya maunya bisa nangkap semua satelit biar pilihan channel tv lbh byk, jadi bisa byk pilihan untuk menangkap siaran2x sepakbola. Sebaiknya pakai parabola bergerak dgn 1 LNB dan 1 actuator positioner atau pasang 1 parabola dengan beberapa LNB saja ya?
    5. LNB apa yang biasanya dipakai di daerah Jambi (Sumatera)?
    Mohon pencerahannya mas. Bingung nih. Biasanya kalo udah masuk ke toko elektronik, orangnya langsung mengarahkan kita ke satu produk parabola dan perlengkapannya karena mgk mikir di kota kecil ini siapa sih yg tahu sampai begitu rumitnya soal parabola dan lainnya. Maklumlah sy tinggal didaerah kabupaten, mas. Jadi ujung2xnya orang toko dan teknisi yg pasang parabola merasa mrklah yg paling tahu dan pintar. Aku berusaha jangan sampai udah pasang parabola nanti tidak puas. Secara teori mgk aku bisa pelajari lewat website atau blog spt ini, tp teknis pemasangan dan setting tetap saja sy butuh teknisi dan orang toko itu. Mohon tolong ya mas.

    ReplyDelete
  13. "kalo rx lebih baik pake yg rakitan dalam negeri bro, lebih komplit dan lebih sesuai dengan kebutuhan kita"

    rx itu maksudnya apa ya ? Yg rakitan bisa beli dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rx (receiver/dekoder). maksud saya produk dalam negeri

      Delete
  14. Rencananya mau pakai 2 LNB (C dan KU band), mas. Minimum beli parabola yang berapa feet ya? Mau beli yg solid, ttp cepat karatan. Mau beli yg mesh, katanya LNB KU band lbh bagus signalnya sm parabola solid jadi bingung. Trus perlu peralatan apalagi ya, mas? Apa perlu pakai Diseqc atau switch 22k? Kalo pake Diseqc yg brp ya? 1.2? Apa bedanya 1.2 dan 1.0? Diseqc sm switch 22k itu sama ngga sih, mas? Trus positioner beli yg spt apa ya? Actuator kudu yg brp panjangnya? Atau ada aturan mainnya nih mas. Tlg dijelaskan dengan sejelas2x. Kalo ada tutorial atau artikelnya, tlg diattach mas ke pulkam10 at yahoo dot com. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl menurut saya lebih baik pake mesh, kl mau yg bagus pake dish yg bermerek, misalnya venus. untuk ku juga ok. kl dseq ya 1.0, dseq 1.2 itu untuk motor penggerak.

      Delete
  15. Saya memakai receiver matrix pro link hd pvr dgn 2 lnb c band. Masalahnya adalah signal dari satelit palapa sering hilang, sedangkan signal dari satelit telkom cukup bagus. Apakah pengaturan di receiverx sy yg salah seting atau gmn mas? Berikut setinganx:
    MENU INSTALASI
    (1) DAFTAR SATELIT
    1. Palapa_D E 113.0 (sdh dicentang)
    2. Telkom_1 E 108.0 (sdh dicentang)
    (2) PENGATURAN ANTENA
    Satelite (1/2) Palapa_D
    LNB frek 5150
    Transponder (3/14) 3774 H 6520
    Diseqc 1.0 Port 1
    jenis motor mati
    22K 0n
    polaritas otomatis
    signal level 0%
    signal kualitas 0%

    Mohon pencerahanx. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl signal level 0%, itu artinya kabelnya gak nyambung ke lnb. coba dicek, mungkin ada yg putus

      Delete
  16. mas,klo rcvr cuma ngkp sat palapa doang tp kdg2 telkom bisa,,lnb+diseq keadan ok...gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rx nya merk apa ya? coba ganti dengan 22k

      Delete
  17. tanya gan..
    lnb ku band bisa respon satelit palapa/telkom tidak?
    apa bedanya lnb ku/c band.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lnb ku band bisa untuk satelit palapa, tetapi channelnya hanya pay tv dari orange tv. kl telkom gak ada ku-bannya, hanya c-cand saja.

      Delete
  18. Tanya ommm...............
    misalnya saya mempunyai dish kawat 6feet, mau dipasang lnb c dan ku, tanpa aktuator. yang diinginkan 2lnb utuk telkom dan palapa dan 1lnb ku untuk nss6.....apa bisa??? kalau bisa berapa jarak atau letak antara ketiga LNB terbeut, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dishnya. kl dishnya bagus bisa aja

      Delete
  19. mas..saya belum ngerti blas ini..cuman apa lnb tu sama dg penerima yg ada diatas antena out door itu.& kalo beli apa ada di toko electronik kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya beda. yg diantena outdoor itu kan boster. kl lnb untuk menangkap sinyal serat optik

      Delete
  20. siang mas adun. salam kenal..alat tempur saya 3 lnb c band hansen (1 lnb , terminal outx ada 2, 2 lnb lg terminal outx cm 1),, 1 lnbku band ( merk matrix yg warna orange ), dish mesh 12 ft, actuator+potitioner, Rx Matrix PHD New , yg ingin saya tanyakan Bisa gk ke empat Lnb digunakan ke dish tsbt ? ( kalau bisa Posisi Lnbnya Sprti Apa?) cara seting RX nya bagaimana? apakah harus di tambahkan alat tempurnya? agar bisa berkunjung ke nss6. atas pencerahannya terimakasih. posisi saya di Kisaran Asahan Sumut. sekali lagi thanks. maaf kalau kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa aja,tp kl dah pake penggerak lnbnya kan cukup pake 3 aja. 1 c band H/V, 1 c band L/R, 1 ku band.

      Delete
  21. mas dis mesh merk venus dan matrix bagus mana kwalitas sinyalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja, tp kalo untuk 4 lnb enak yg venus, cz pake fokus tunggal

      Delete
  22. Gan mo tanya neh istlah disc itu mksudnya piringan parabola pow lainnya q krang maksud itu.tlong pnjelasannya.untuk piringan parabola sejenis indovision dll pkah lnb nya sma pa beda soalnya secara ukuran udah beda toh. tq infone

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk parabola bahasanya dish. adalah piringannya. sedangkan lnb, ada, s-band, c-band, ku-band

      Delete
  23. gan tanya lage ych. he........ mklum q orang bodho.untuk receiver parabola pakah bisa bkin rangkaian sendiri atau memang sudah cetakan khusus dri pabrikan tko dan ga bisa buat sendiri.jujur z q tipe orang yang suka ngotak atik brang elektro n kgemaranku intnya tentang teknologi,maksudna klo bisa bkin receiver parabola ndiri kan lbih irit ongkos gitu y kan gan,tq infone yach.lo bleh q minta alamat email atau fb yach,1x lage tq infone

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, receiver terdiri dari 2 blok rangkaian, yaitu regulator dan impek. kl regulator bisa cz kerjanya hanya buat arus listrik jadi 3,3v,5v, 15v, 22v. tp kalo impeg itu bentuknya rangaian yg hanya bisa dibuat pabrikan (bentuknya kaya impeg DVD yg warnanya hijau itu)

      Delete
  24. mas, saya punya gadmei durian, lnb 4 + mpeg 2.
    Saya berada di Madura-Sumenep.
    Gmn caranya meng-lock satelite Optus d1 & channel NTV RUSIA,
    mohon penjelasannya !
    Smg sehat selalu buat mas !
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl optus harus pake lnb ku-band, kl posisi out of beam, harus pake ku prime fokus

      Delete
  25. mas utk lnb c dan ku bagusnya pakai dish solid merek apa utk 6 feet,dan dudukan lnb apa yg cocok dan sdh siap pakai,dan swith dseq atau swith 22 k yg cocok,cuma utk satu rx aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saya lebih suka pakai tanaka alumuniun alloy, ketimbang venus. switchnya pake dseq aja. kl 22k kurang mendukung ku-band

      Delete
  26. Tq gan infonnya

    ReplyDelete
  27. mas tanya, ni beberapa channel kalo siang pasti hilang, malam normal lagi,,
    tanya temen katane kmungkinan rusak "switchnya" bner gak?

    ReplyDelete
  28. mas mau nanya,, dish parabola saya bisa dibilang karatan karna bahan dasar padatan bukan yang jarang2 kayak jaring kawat,, apakah masih bisa di pakai,,?
    trus klu mau ganti LNB nya orang awam seperti saya bisakah memasangkan nya ke dish apakah perlu keahlian khusus,,
    mohon infonya mas

    ReplyDelete
  29. Mas,,,maaf orang awam,,,mau tnyak,,,
    1.brpa kra2 hrga rotator tau pnggrak disch,,apa bnyk macam nya,,
    2.bgai mna cra mnyekat,,lnb C dan KU,,,bskah lnb C dan KU d tmpat kn dlm 1 disch,,,

    ReplyDelete
  30. Mas saya mo tanya bagamana cara pasang disc bekas top tv pake lnc c-band....
    Saya pake receiver matrix prolink new hd

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl dis nya bekas top tv susah untuk dapat c, mending pake s saja trus pake fly

      Delete
    2. Sekalian mas aku nanya, Sekarang nich aku punya dis TOP TV, lengkap dengan LNB bawaannya. Kalau aku menggunakan Receiver MATRIX PROLINK HD ETHERNET, apakah harus mengganti LNBnya juga ? Atau aku cukup membeli Receiver MATRIX dan fly ? Mau nanya juga, fly itu apaan ya..? Maaf ya mas, ingin belajar dari Mas soalnya karena aku gak paham sama sekali.

      Delete
    3. ya cukup receivernya saja

      Delete
  31. saya dari malaysia.. Saya ada membeli set parabola yuri k100.. Sampai sekarang masih belum dapat canel.. Kurang arif setting parabola.. Iya la.. Parabola c band illegal di sini, bisa2 nanti ditangkap polisi.. Ku band yang ada astro saja.. Tapi bayaran bulan mahal banget..

    ReplyDelete
  32. Mas Adun, receiver saya merek venus millenium tetapi kenapa yang keluar gambar hanya yang polarisasinya vertikal aja sedangkan yang horizontalnya tidak ada kekuatannya alias 0.?
    Terima kasih atas perhatian dan penjelasnannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek dulu tegangan lnb untuk h bisa mpe brp volt.

      Delete
  33. bisakah lnb cband bisa menangkap siaran mpeg4 dan hd

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, asalkan pesivernya yg bisa mpeg4/hd

      Delete
  34. mas,dish minimal antena parabola berapa feet?makasih

    ReplyDelete
  35. salam buat semuanya, sy pendatang baru nih.. mo nanya bedanya diseqc dengan switch 22khz ???

    ReplyDelete
  36. mas lnb c band yg bagus mrek apa

    ReplyDelete
  37. mas mo pake receiver orangetv tapi ganti lnb dengan yang c band apa dishnya juga harus diganti? apa bisa digandeng dengan dish matrix 4 lnb?

    ReplyDelete
  38. bagaimana dengan pemasangan matrix turbo III yang terbaru sekarang mas,,mohon infonya.saya hampir kewalahan cara pemasangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mf maksudnya gimana? sy kurang faham...

      Delete
  39. Mas adakah link list/daftar jenis satelite yg menggunakan C band,KU band dan S band ?
    kemudian adakah link gambar beam satelit manakah yg mencover indonesia,agar mudah tracking satelitenya..Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di lyngsat dah ada semua sob

      http://www.lyngsat.com/asia.html

      Delete
  40. Mau tanya pak, kalau polaritas vertikal gak terbaca apakah lnb nya rusak??
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak terbaca gimana?

      jawabannya bisa saja lnb rusak atau bisa juga receivernya yg rusak atau setingan satelit pada receiver yg salah.

      Delete
  41. mas bisa gak Lnb ku-band di pasang di payung biasa kalo bisa berapa inc jarak antar lnb terus sinyal kira2 bagus gak teima kasih atas arahannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tp hanya bisa menangkap satelit yg beamnya terjangkau

      Delete
  42. Mas, maaf ane salah satu newbie di dunia parabola.
    Barusan pasang parabola solid6 ft venus & pake actuator+ positioner merk venus juga.
    LNB Combo merk Kaonsat & RX pake Getmecom HD009.
    Permasalahan kenapa motor actuator ga bisa gerak otomatis saat pindah chanel yg beda satelit.
    jadi saya harus gunakan 2 remote utk gnti chanel.
    Bagaimana caranya biar bisa tracking secara otomatis & ganti chanel penggeraknya bergeser otomastis juga .
    Mohon pencerahnnya.
    Terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah pada menu, seting antena sudah pada posisi motor/penggerak, kalo pada posisi fixed tentu saja gak bisa

      Delete
  43. Ass, pak saya mau nanyanih bagaimana cara kita manfaatkan dish indovesion (opal) dengan menggunakan lnb combo dan reciever HMDE new apakan bisa dan kalau bisa bagaimana cara merakitnya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pake kombo, pake aja ku band jenis opset

      Delete
  44. mas ane dari salatiga
    mau nanya parabola ane matrix mpeg2...
    kenapa kok untuk chanel satelit telkom 1 ''no signa''
    ane udah nyoba decoderane ke parabola tetangga ane, tidak ada masalah sama decodernya...
    terus masalanya apa dan solusinya apa?
    bisa ndak di perbaiki sendiri?karen ane belum lma pake parabola..
    (tambhan pada saat di info kuantitas dan kualitas signal 0%)
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemingkinan itu kabel rakit dari switch ke lnb telkom gak nyambung, kemungkinan lain bisa saja lnb atau switch rusak.

      Delete

Silahkan memberi komentar dengan sopan serta sesuai dengan materi pembahasan.

 
Powered by Blogger