Mengenal Lebih Detail Bagian-bagian LNB

Mengenal lebih detail bagian-bagian LNB - Sebuah lnb baik s-band, c-band, dan ku-band pada dasarnya sama, yaitu untuk menangkap sinyal dari satelit yang tadinya berbentuk gelombang elektromagnetik menjadi gelombang listrik.

Sinyal dari satelit yang tadinya berfrekuensi tinggi dirubah menjadi antara 950 sampai 2150MHz. Yang membedakan antara ketiga jenis lnb ini adalah tinggi rendahnya frekuensi dari satelit yang ditangkap.

Baca juga: Frekuensi Lnb (Low Noise Block)

Contohnya lnb yang paling umum digunakan, yaitu lnb c-band. Sebuah lnb C-band terdiri dari sebuah tabung berbahan alumuniun cor berdiameter sekitar 6,5cm dan tinggi sekitar 17 cm, 2 buah antena berbentuk jarum yang panjangnya 2,5 cm, sebuah bantalan antena (biasanya untuk horisontal), seperangkat rangkaian elektronik, dan konektor type male.


Lnb C-Band

Pada bagian kotak, kalau dibuka isinya seperti gambar dibawah ini:


Pada gambar diatas terlihat rangkaian elektronik yang ada dalam lnb. Rangkaian ini terdiri dari beberapa bagian. Sedangkan kalau dilihat bagian bawah, gambarnya seperti ini:


Pada bagian dalam bundaran Lnb, terdapat dua buah antena kecil. Antena inilah yang menangkap sinyal gelombang elektromagnetik dari satelit.

Ukuran antena cukup kecil karena memang harus sesuai dengan panjang gelombang sinyal yang ditangkap. Terdapat dua buah antena, satu untuk antena horisontal dan satunya lagi untuk vertikal.

Inti sistem kerja lnb adalah hampir sama dengan antena tv biasa yang menggunakan boster. Perbedaannya hanyalah kalau antena tv, setelah sinyal ditangkap kemudian dikuatkan oleh boster kemudian disalurkan dengan kabel ke tv.

Sedangkan kalau lnb, setelah sinyal ditangkap dan dikuatkan oleh gain boster, sinyal tersebut tidak langsung disalurkan kebawah melainkan frekuensi diturunkan terlebih dahulu baru kemudian disalurkan ke receiver.

Frekuensi sinyal diturunkan terlebih dahulu karena sinyal yang ditangkap adalah sinyal dengan frekuensi tinggi, kalau sinyal frekuensi tinggi ini langsung disalurkan ke receiver, maka sinyal ini akan hilang.

Maksudnya sinyal akan banyak hilang di perjalanan ke receiver karena frekuensinya terlalu tinggi, sehingga sebelum disalurkan ke receiver, frekuensinya diturunkan terlebih dahulu. Rangkaian yang menurunkan frekuensi sinyal ini disebut local oscilator

Baca juga: Local Oscillator LNB dan kegunaannya

Dalam sebuah lnb terdapat dua buah sistem antena yaitu antena untuk menangkap sinyal vertikal dan horisontal. Kedua-duanya tidak bisa digabungkan menjadi satu karena memiliki frekuensi yang sama.


Kalau lnb keluaran dulu antena hanya satu, dan untuk bisa menangkap polaritas vertikal dan horisontal mgnggunakan servo motor kecil untuk memutar arah antena melintang (vertikan) dan membujur (horisontal).

Untuk lnb keluaran sekarang antena vertikal dan horisontal sudah sendiri-sendiri karena pemindahan polaritas menggunakan motor mudah rusak. Yang sekarang menggunakan switch vertikal dan horisontal. Switch ini menggunakan sistem elektrik dengan perbedaan voltase sebagai drivernya.

Maksudnya adalah switch yang menggunakan perbedaan arus ( B+). Jika arus yang dialirkan ke lnb terbaca diatas 17V maka yang di beri arus adalah antena horisontal dan vertikal putus. Sebaliknya jika arus terbaca maksimal 13V maka yang hidup adalah antena vertikal dan horisontal putus.

Demikianlah artikel tentang pengenalan lnb agar lebih memahaminya. Semoga bermanfaat.

121 komentar untuk "Mengenal Lebih Detail Bagian-bagian LNB"

Comment Author Avatar
Anonim 06 Maret
yang dalem LNB itu namanya modulator apa osilator ?
Comment Author Avatar
anggap aja simulator
Comment Author Avatar
kayaknya nama aslinya osilator. tp kl q biasa bilang modulator cz sistem kerjanya mencetak freqwensi ky modulator (maaf bahasa q asal2an cz q bukan anak sekolahan). tp intinya sistem kerjanya adalah mengganti freqwensi asli ke freqwensi 950mhz-1750mhz hasil cetakannya dia. misalnya c-band, dari satelit 3400mhz-4200mhz diganti ke 950mhz-1750mhz.
Comment Author Avatar
Anonim 15 Januari
modulator itu kalo pemancar .. kalo penerima adalah demodulator (pemisah) ...Kalo dari 4GHz turun ke 1GHz itu bukan modulator atau demodulator karena tidak ada pemisahan. .. yang ada adalah downconversion .. atau penurunan frekuensi ... Itu yang di dalam LNB...
Osilator bekerja pada sekitar 5GHz sehingga didapat 1 GHz ..
IF Output = Osilator - Frekuensi Satelit
1 GHz = 5 GHz - 4 GHz ... jika Frekuensi satelit naik atau turun maka frekuensi IF juga akan turun.
1 GHz sudah cukup rendah untuk dilewat ke reciever melalui kabel coaxial ..
Comment Author Avatar
siip, trimakasi pencerahannya
Comment Author Avatar
Anonim 10 Januari
Gan..
Apa beda LNB 12k dgn 13k? Apa kelebihan/kekuranganya?
Trims sbelumnya.
Comment Author Avatar
sama aja bro, itu hanya rentan nois temperatur. soal sinyal gak ada bedanya. harga yg lebih mahal, biasanya walaupun kualitas sinyal sama tapi tendangannya lebih kuat. walaupun harga tidak mutlak menentukan
Comment Author Avatar
thank mas Adun. jadi nambah ilmu nih.
Comment Author Avatar
reciverku matrix sakura tak mau ngebaca siaran vertikal,horisontalnya masih ok.tapi pakai reciver yg lain ver+hor oke.artinya LNB nya ok.Ketika diukur voltasenya terbaca hampir 14 volt.apa gara2 tidak persis 13 volt ini ya,yg bikin tidak bisa ngebaca verikal?Mohon nasehatnya mas?!
Comment Author Avatar
kalau hor bisa ok, berarti sistem tuner gak masalah.kalau ver hampir 14v saya rasa masih tetap bisa vertikal cz 14,5 ver masih bagus. diatas 14,5v sudah macet-macet antara ver&hor. coba saja dites voltasenya resiver yang lain, kemungkinan testernya yang kurang akurat. atau coba dihapus transponder yg gak dipakai, cz kemungkinan memori penuh juga bisa mempengaruhi kinerja prosesor.
Comment Author Avatar
Anonim 18 April
mas .. terangin dong parabola c band tu apa n apa kelebihannya ,,ty
Comment Author Avatar
tv via satelit menggunakan 3 jalur, yaitu s-band, c-band, dan ku-band. c-band adalah jalur freqwensi 3,4 ghz sampai 4,2 ghz.
Comment Author Avatar
Anonim 31 Juli
Mau tanya gan, Jika kita pake LNB KU BAND, sinyal C band dapat tidak.
Comment Author Avatar
lnb ku-band hanya bisa untuk nangkap sinyal ku-band saja. kalau mau ku dan c, bisa pake lnb kombo c+ku, tp sinyalnya kurang bagus, lebih baik pake c sendiri dan ku sendiri
Comment Author Avatar
Anonim 27 September
Mas, banyak toko elektonic yg menjual LNB-C/Ku-Band jadi 1 bagian (Combo LNB) sepertinya praktis pemasangannya, tpi kwalitasnya gimana jika dibanding kalau pasang LNB-C dan LNB-Ku Band masing2, mohon penjelasannya, dan merk apa yang paling cocok ???, saya menggunakan Antena Solid Dish Alloy 6 ft dan Receiver OpenBox S9 HD PVR, Terima Kasih.
Comment Author Avatar
lnb kombo memang lebih praktis, namun urusan sinyal tentunya lebih baik yg sendiri2. jika pake fixed dish dan untuk menangkap dua jalur freqwensi dalam satu satelit, terpaksa pake kombo. tetapi kalau pake dish motor, jauh lebih baik pake yg sendiri2. kalo rx lebih baik pake yg rakitan dalam negeri bro, lebih komplit dan lebih sesuai dengan kebutuhan kita. kl seperti punya njenengan, kebanyakan sangat ribet dan banyak channel yg gak bisa kebuka acakannya.
Comment Author Avatar
Anonim 10 November
Mas, sy tinggal di daerah Jambi.
1. LNBnya pakai yang C atau KU?
2. Trus masing-masing LNB itu (C ataupun KU), satelit2x apa saja yg bisa ditangkap?
3. Apa LNB S itu umum dipakai? Dan bisa dibeli bebas ditoko elektronik? Kan itu cuma Indovision yang pakai.
4.Saya maunya bisa nangkap semua satelit biar pilihan channel tv lbh byk, jadi bisa byk pilihan untuk menangkap siaran2x sepakbola. Sebaiknya pakai parabola bergerak dgn 1 LNB dan 1 actuator positioner atau pasang 1 parabola dengan beberapa LNB saja ya?
5. LNB apa yang biasanya dipakai di daerah Jambi (Sumatera)?
Mohon pencerahannya mas. Bingung nih. Biasanya kalo udah masuk ke toko elektronik, orangnya langsung mengarahkan kita ke satu produk parabola dan perlengkapannya karena mgk mikir di kota kecil ini siapa sih yg tahu sampai begitu rumitnya soal parabola dan lainnya. Maklumlah sy tinggal didaerah kabupaten, mas. Jadi ujung2xnya orang toko dan teknisi yg pasang parabola merasa mrklah yg paling tahu dan pintar. Aku berusaha jangan sampai udah pasang parabola nanti tidak puas. Secara teori mgk aku bisa pelajari lewat website atau blog spt ini, tp teknis pemasangan dan setting tetap saja sy butuh teknisi dan orang toko itu. Mohon tolong ya mas.
Comment Author Avatar
"kalo rx lebih baik pake yg rakitan dalam negeri bro, lebih komplit dan lebih sesuai dengan kebutuhan kita"

rx itu maksudnya apa ya ? Yg rakitan bisa beli dimana ?
Comment Author Avatar
rx (receiver/dekoder). maksud saya produk dalam negeri
Comment Author Avatar
Ridwan 15 November
Rencananya mau pakai 2 LNB (C dan KU band), mas. Minimum beli parabola yang berapa feet ya? Mau beli yg solid, ttp cepat karatan. Mau beli yg mesh, katanya LNB KU band lbh bagus signalnya sm parabola solid jadi bingung. Trus perlu peralatan apalagi ya, mas? Apa perlu pakai Diseqc atau switch 22k? Kalo pake Diseqc yg brp ya? 1.2? Apa bedanya 1.2 dan 1.0? Diseqc sm switch 22k itu sama ngga sih, mas? Trus positioner beli yg spt apa ya? Actuator kudu yg brp panjangnya? Atau ada aturan mainnya nih mas. Tlg dijelaskan dengan sejelas2x. Kalo ada tutorial atau artikelnya, tlg diattach mas ke pulkam10 at yahoo dot com. Thanks.
Comment Author Avatar
kl menurut saya lebih baik pake mesh, kl mau yg bagus pake dish yg bermerek, misalnya venus. untuk ku juga ok. kl dseq ya 1.0, dseq 1.2 itu untuk motor penggerak.
Comment Author Avatar
Anonim 20 November
Saya memakai receiver matrix pro link hd pvr dgn 2 lnb c band. Masalahnya adalah signal dari satelit palapa sering hilang, sedangkan signal dari satelit telkom cukup bagus. Apakah pengaturan di receiverx sy yg salah seting atau gmn mas? Berikut setinganx:
MENU INSTALASI
(1) DAFTAR SATELIT
1. Palapa_D E 113.0 (sdh dicentang)
2. Telkom_1 E 108.0 (sdh dicentang)
(2) PENGATURAN ANTENA
Satelite (1/2) Palapa_D
LNB frek 5150
Transponder (3/14) 3774 H 6520
Diseqc 1.0 Port 1
jenis motor mati
22K 0n
polaritas otomatis
signal level 0%
signal kualitas 0%

Mohon pencerahanx. Makasih sebelumnya
Comment Author Avatar
kl signal level 0%, itu artinya kabelnya gak nyambung ke lnb. coba dicek, mungkin ada yg putus
Comment Author Avatar
mas,klo rcvr cuma ngkp sat palapa doang tp kdg2 telkom bisa,,lnb+diseq keadan ok...gimana?
Comment Author Avatar
rx nya merk apa ya? coba ganti dengan 22k
Comment Author Avatar
tanya gan..
lnb ku band bisa respon satelit palapa/telkom tidak?
apa bedanya lnb ku/c band.
terimakasih
Comment Author Avatar
lnb ku band bisa untuk satelit palapa, tetapi channelnya hanya pay tv dari orange tv. kl telkom gak ada ku-bannya, hanya c-cand saja.
Comment Author Avatar
Anonim 31 Desember
Tanya ommm...............
misalnya saya mempunyai dish kawat 6feet, mau dipasang lnb c dan ku, tanpa aktuator. yang diinginkan 2lnb utuk telkom dan palapa dan 1lnb ku untuk nss6.....apa bisa??? kalau bisa berapa jarak atau letak antara ketiga LNB terbeut, terima kasih sebelumnya
Comment Author Avatar
tergantung dishnya. kl dishnya bagus bisa aja
Comment Author Avatar
Anonim 12 Januari
mas..saya belum ngerti blas ini..cuman apa lnb tu sama dg penerima yg ada diatas antena out door itu.& kalo beli apa ada di toko electronik kecil.
Comment Author Avatar
ya beda. yg diantena outdoor itu kan boster. kl lnb untuk menangkap sinyal serat optik
Comment Author Avatar
Anonim 06 Februari
siang mas adun. salam kenal..alat tempur saya 3 lnb c band hansen (1 lnb , terminal outx ada 2, 2 lnb lg terminal outx cm 1),, 1 lnbku band ( merk matrix yg warna orange ), dish mesh 12 ft, actuator+potitioner, Rx Matrix PHD New , yg ingin saya tanyakan Bisa gk ke empat Lnb digunakan ke dish tsbt ? ( kalau bisa Posisi Lnbnya Sprti Apa?) cara seting RX nya bagaimana? apakah harus di tambahkan alat tempurnya? agar bisa berkunjung ke nss6. atas pencerahannya terimakasih. posisi saya di Kisaran Asahan Sumut. sekali lagi thanks. maaf kalau kepanjangan.
Comment Author Avatar
ya bisa aja,tp kl dah pake penggerak lnbnya kan cukup pake 3 aja. 1 c band H/V, 1 c band L/R, 1 ku band.
Comment Author Avatar
Anonim 13 Februari
mas dis mesh merk venus dan matrix bagus mana kwalitas sinyalnya?
Comment Author Avatar
sama aja, tp kalo untuk 4 lnb enak yg venus, cz pake fokus tunggal
Comment Author Avatar
Anonim 20 Februari
Gan mo tanya neh istlah disc itu mksudnya piringan parabola pow lainnya q krang maksud itu.tlong pnjelasannya.untuk piringan parabola sejenis indovision dll pkah lnb nya sma pa beda soalnya secara ukuran udah beda toh. tq infone
Comment Author Avatar
untuk parabola bahasanya dish. adalah piringannya. sedangkan lnb, ada, s-band, c-band, ku-band
Comment Author Avatar
Anonim 02 Maret
gan tanya lage ych. he........ mklum q orang bodho.untuk receiver parabola pakah bisa bkin rangkaian sendiri atau memang sudah cetakan khusus dri pabrikan tko dan ga bisa buat sendiri.jujur z q tipe orang yang suka ngotak atik brang elektro n kgemaranku intnya tentang teknologi,maksudna klo bisa bkin receiver parabola ndiri kan lbih irit ongkos gitu y kan gan,tq infone yach.lo bleh q minta alamat email atau fb yach,1x lage tq infone
Comment Author Avatar
gak bisa, receiver terdiri dari 2 blok rangkaian, yaitu regulator dan impek. kl regulator bisa cz kerjanya hanya buat arus listrik jadi 3,3v,5v, 15v, 22v. tp kalo impeg itu bentuknya rangaian yg hanya bisa dibuat pabrikan (bentuknya kaya impeg DVD yg warnanya hijau itu)
Comment Author Avatar
mas, saya punya gadmei durian, lnb 4 + mpeg 2.
Saya berada di Madura-Sumenep.
Gmn caranya meng-lock satelite Optus d1 & channel NTV RUSIA,
mohon penjelasannya !
Smg sehat selalu buat mas !
Terimakasih.
Comment Author Avatar
kl optus harus pake lnb ku-band, kl posisi out of beam, harus pake ku prime fokus
Comment Author Avatar
mas utk lnb c dan ku bagusnya pakai dish solid merek apa utk 6 feet,dan dudukan lnb apa yg cocok dan sdh siap pakai,dan swith dseq atau swith 22 k yg cocok,cuma utk satu rx aja mas
Comment Author Avatar
kl saya lebih suka pakai tanaka alumuniun alloy, ketimbang venus. switchnya pake dseq aja. kl 22k kurang mendukung ku-band
Comment Author Avatar
Anonim 02 April
Tq gan infonnya
Comment Author Avatar
Anonim 11 April
mas tanya, ni beberapa channel kalo siang pasti hilang, malam normal lagi,,
tanya temen katane kmungkinan rusak "switchnya" bner gak?
Comment Author Avatar
Anonim 15 April
mas mau nanya,, dish parabola saya bisa dibilang karatan karna bahan dasar padatan bukan yang jarang2 kayak jaring kawat,, apakah masih bisa di pakai,,?
trus klu mau ganti LNB nya orang awam seperti saya bisakah memasangkan nya ke dish apakah perlu keahlian khusus,,
mohon infonya mas
Comment Author Avatar
Anonim 17 April
Mas,,,maaf orang awam,,,mau tnyak,,,
1.brpa kra2 hrga rotator tau pnggrak disch,,apa bnyk macam nya,,
2.bgai mna cra mnyekat,,lnb C dan KU,,,bskah lnb C dan KU d tmpat kn dlm 1 disch,,,
Comment Author Avatar
Mas saya mo tanya bagamana cara pasang disc bekas top tv pake lnc c-band....
Saya pake receiver matrix prolink new hd
Comment Author Avatar
kl dis nya bekas top tv susah untuk dapat c, mending pake s saja trus pake fly
Comment Author Avatar
Anonim 24 Mei
Sekalian mas aku nanya, Sekarang nich aku punya dis TOP TV, lengkap dengan LNB bawaannya. Kalau aku menggunakan Receiver MATRIX PROLINK HD ETHERNET, apakah harus mengganti LNBnya juga ? Atau aku cukup membeli Receiver MATRIX dan fly ? Mau nanya juga, fly itu apaan ya..? Maaf ya mas, ingin belajar dari Mas soalnya karena aku gak paham sama sekali.
Comment Author Avatar
ya cukup receivernya saja
Comment Author Avatar
Mas apa itu fly
Comment Author Avatar
Anonim 29 April
saya dari malaysia.. Saya ada membeli set parabola yuri k100.. Sampai sekarang masih belum dapat canel.. Kurang arif setting parabola.. Iya la.. Parabola c band illegal di sini, bisa2 nanti ditangkap polisi.. Ku band yang ada astro saja.. Tapi bayaran bulan mahal banget..
Comment Author Avatar
kl mahal pake fly saja
Comment Author Avatar
Mas Adun, receiver saya merek venus millenium tetapi kenapa yang keluar gambar hanya yang polarisasinya vertikal aja sedangkan yang horizontalnya tidak ada kekuatannya alias 0.?
Terima kasih atas perhatian dan penjelasnannya.
Comment Author Avatar
coba dicek dulu tegangan lnb untuk h bisa mpe brp volt.
Comment Author Avatar
Anonim 13 Mei
bisakah lnb cband bisa menangkap siaran mpeg4 dan hd
Comment Author Avatar
bisa saja, asalkan pesivernya yg bisa mpeg4/hd
Comment Author Avatar
Anonim 19 Mei
mas,dish minimal antena parabola berapa feet?makasih
Comment Author Avatar
salam buat semuanya, sy pendatang baru nih.. mo nanya bedanya diseqc dengan switch 22khz ???
Comment Author Avatar
mas lnb c band yg bagus mrek apa
Comment Author Avatar
Anonim 20 Agustus
mas mo pake receiver orangetv tapi ganti lnb dengan yang c band apa dishnya juga harus diganti? apa bisa digandeng dengan dish matrix 4 lnb?
Comment Author Avatar
bagaimana dengan pemasangan matrix turbo III yang terbaru sekarang mas,,mohon infonya.saya hampir kewalahan cara pemasangannya.
Comment Author Avatar
mf maksudnya gimana? sy kurang faham...
Comment Author Avatar
Anonim 06 Mei
Mas adakah link list/daftar jenis satelite yg menggunakan C band,KU band dan S band ?
kemudian adakah link gambar beam satelit manakah yg mencover indonesia,agar mudah tracking satelitenya..Terima Kasih
Comment Author Avatar
di lyngsat dah ada semua sob

http://www.lyngsat.com/asia.html
Comment Author Avatar
Mau tanya pak, kalau polaritas vertikal gak terbaca apakah lnb nya rusak??
Terimakasih.
Comment Author Avatar
gak terbaca gimana?

jawabannya bisa saja lnb rusak atau bisa juga receivernya yg rusak atau setingan satelit pada receiver yg salah.
Comment Author Avatar
mas bisa gak Lnb ku-band di pasang di payung biasa kalo bisa berapa inc jarak antar lnb terus sinyal kira2 bagus gak teima kasih atas arahannya....
Comment Author Avatar
bisa, tp hanya bisa menangkap satelit yg beamnya terjangkau
Comment Author Avatar
Mas, maaf ane salah satu newbie di dunia parabola.
Barusan pasang parabola solid6 ft venus & pake actuator+ positioner merk venus juga.
LNB Combo merk Kaonsat & RX pake Getmecom HD009.
Permasalahan kenapa motor actuator ga bisa gerak otomatis saat pindah chanel yg beda satelit.
jadi saya harus gunakan 2 remote utk gnti chanel.
Bagaimana caranya biar bisa tracking secara otomatis & ganti chanel penggeraknya bergeser otomastis juga .
Mohon pencerahnnya.
Terima kasih mas
Comment Author Avatar
apakah pada menu, seting antena sudah pada posisi motor/penggerak, kalo pada posisi fixed tentu saja gak bisa
Comment Author Avatar
Anonim 12 Juni
Ass, pak saya mau nanyanih bagaimana cara kita manfaatkan dish indovesion (opal) dengan menggunakan lnb combo dan reciever HMDE new apakan bisa dan kalau bisa bagaimana cara merakitnya. Trims
Comment Author Avatar
jangan pake kombo, pake aja ku band jenis opset
Comment Author Avatar
mas ane dari salatiga
mau nanya parabola ane matrix mpeg2...
kenapa kok untuk chanel satelit telkom 1 ''no signa''
ane udah nyoba decoderane ke parabola tetangga ane, tidak ada masalah sama decodernya...
terus masalanya apa dan solusinya apa?
bisa ndak di perbaiki sendiri?karen ane belum lma pake parabola..
(tambhan pada saat di info kuantitas dan kualitas signal 0%)
terima kasih
Comment Author Avatar
kemingkinan itu kabel rakit dari switch ke lnb telkom gak nyambung, kemungkinan lain bisa saja lnb atau switch rusak.
Comment Author Avatar
Anonim 10 Juli
mas klo kualts snyl gak ada sdgkn intensitas snyal ilang2, kr2 apa yg hrs dganti pada lnbnya, trims atas infonya
Comment Author Avatar
resivernya pake apa?
Comment Author Avatar
Anonim 12 November
mas saya mau nanya,saya punya payung top tv dan skrg saya beli receiver orange tv.bisa gak menangkap signalnya?kl bs ap saja pengaturannya?
Comment Author Avatar
kalau payungnya bisa, tp lnb nya harus diganti ku dulu, trims
Comment Author Avatar
sebentar lg semua station tv kan beralih dari c-band ke ku-band ,karna jalur c-band akan digunakan oleh radio amatir seluruh dunia / ORARI seindonesia ,siap-siap ganti ke KU-BAND
Comment Author Avatar
maaf gan, gak begitu beritanta, bahkan yg terbaru dari orange tv sekarang malah tambah di c band, cz ku band nya banyak gangguan
Comment Author Avatar
mas klo lnb hanya dapat tvone tu apa yang rusak
Comment Author Avatar
mungkin gak rusak, coba dioptimalkan trakingnya
Comment Author Avatar
Gan kalo sctv indosiar tidak diterima oleh reciver goldsat itu gimana solusinya bro, seperti masalah kebanyakan reccive goldsat itu. thx before
Comment Author Avatar
coba discan manual gan, kl gak ada berarti sinyalnya gak dapat
Comment Author Avatar
Anonim 11 April
mhde new c band normal baik pol h maupun pol v kalau untuk lock ku band tidak bisa sedangkan dicoba pada rx laen semua lancar. seting lnb semua dah dicoba tetep nihil upgrade sw juga nihil mohon bantuannya.
Comment Author Avatar
kl c gak masalah berarti ku gak masalah. rx hanya menerima freqwensi 950mhz sampai 2150mhz. dari lnb, baik c maupun ku freqwensi dari satelit sudah diturunkan jadi segitu. untuk kasus mhde new, kemungkinan bisa terjadi masalah antarac dan ku kalau posisi seting satelit pakai motor, kl posisi satelit hal ini gak ada masalah

kl pada seting satelit pakai motor, maka akan terjadi benturan antara freqwensi c dan ku, jika yg menang yg c, maka ku nya hanya bisa ngikut, sebaliknya jika ku yg menang, maka c ngikut.

ngikut maksud saya adalah freqwensinya tidak sesuai yg semestinya sehingga tidak bisa cari siaran secara manual, bisanya dengan blind scan. emang sw mhde new kaya gitu bro..
Comment Author Avatar
mas saya mau seting 4 LNB C-band Output 1 untuk 2 receiver LNB1,3 untuk Palapa, LNB2,4 Untuk Telkom . bisa gk ya mas? mkch
Comment Author Avatar
ya gak bisa, yg membedakan lnb pal atau tel itu kan posisinya
Comment Author Avatar
mas saya mo tanya kalau receiver g bs mengoperasikan switch 22k apanya yg rusak bisa di betulin g y?
Comment Author Avatar
Coba di cek aja dulu, sinyal freqwensi 22khz ada atau tidak, freqwensi ini satu jalur dengan dseq
Comment Author Avatar
nartoririn 17 Mei
saya ada dish indovision oval & rx merk matrik inspiro.
untuk bisa nangkep lbih banyak chanel khususnya dlam negeri tu mesti pake lnb c band apa ku band? apa mesti beli rx baru ? maap baru belajar . trima kasih.
Comment Author Avatar
4lnb 3satelit bisa kelock tapi untuk palapa ga bisa . Ga dapat sinyal kenapa?
Comment Author Avatar
Salut buat mas adun, mampu menjawab sebagian besar komen, saya bacanya ampee ngantuk, kepanjangan...

Saya Modif Dish eks Indovision, LNB C Band, ternyata mutu signal keluar ampe 65%

LNB HD800 Skynindo, Sgnal SNR nya kagak mau keluar...

Ada solusi gak mas adun
Comment Author Avatar
Anonim 22 Juni
kl dish indo tuk c kayaknya kekecilan bro...
Comment Author Avatar
cara modif lnb 2R agar switch tdk trobrl gmn bro,..?
Comment Author Avatar
Anonim 22 Juni
switch apa?
Comment Author Avatar
kalau LNB Combo dipasang ke arah Palapa/Telkom Ku-band bisa dapat sat apa?
Comment Author Avatar
Anonim 22 Juni
kl palapa ya dapat palapa ku, kl telkom ya gak ada
Comment Author Avatar
Klo yang twin LNB apa sama min
Comment Author Avatar
Anonim 14 Desember
twin (2lnb) bisa
Comment Author Avatar
mas mau nanya klo dish ex topas tv 5 feet , kok cuma bisa nangkep tv one sama rodjatv aja ya...receiver pake matrix burger. rencana mau ganti lnb combo c/ku dapet siaran apa aja mas....posisi saya di bali...denpasar.trims sblmnya....mohon dibalas
Comment Author Avatar
Anonim 14 Desember
kl kombo, ku-band nya kan punya orange tv (berbayar). mending pake 2 lnb palapa/telokm aja bos, kl pemasangan maksimal bisa aja, walaupun kl pas sinyal drop gak masuk(kaya global tv saat ini)
Comment Author Avatar
Anonim 21 Desember
Mas mau nanya.. lnb s sy lepas yg bulatan dalam kotak modulator. Apakh lnb s i2 sdh tdk bisa di perbaiki mas
Comment Author Avatar
bisa, ya dipasang lagi to bro. trus bisa dipasih hingga freqwensi sesuai keinginan
Comment Author Avatar
Anonim 17 Mei
Slmt mlm..
2 unit rx Matrix HD ethernet & Turbo III
Dish Paragon
D=238cm, dlm=42cm, F=85cm
4 unit LNB
2 LNB2R MMP12°K utk palapa & asiasat5
2 LNB1R Matrix. utk telkom & asiasat7.
2 set diseq 4x1
1 set divider
1 set splitter

a. bagaimana skema pemasangannya?
b. berapa jarak antar LNB?
c. berapa kedalaman LNB?
Salam..
Comment Author Avatar
A. Yang tinggal dipasang aja. lnb palapa 2r. masing2 out masuk ke switch diseq 1 misalnya. atau sesuai selera. out Telkom masuk ke divider dulu, setelah itu kan outnya jadi dua, trus disambungkan ke diseq port 2. lnb asiasat7 juga masuk divider dulu. yg lnb asiasat5 kan dah 2r, tingal disambungkan ke port 4 untuk masing2 switch.

B. jarak palapa ke telkom 3cm pas. telkom ke asiasat7 rapat. asiasat7 ke asiasat5 bisa 3,3cm.

C. Kedalaman lnb bebas, yang penting posisi lnb bisa tegak sejajar. untuk tiang fokus kan bisa bebas nanti di naik turunin tiang fokusnya.
Comment Author Avatar
Anonim 30 Mei
Mas..minta solusinya,saya punya dish telkomvision bekas,sy mau mamfatkan dengan siaran lokal,, LNB nya masih bawaan bosternya juga bawaan,yang harus saya ganti apanya mas...byar dapat siaran lokal atau selebihnya dan yg bgus...
Comment Author Avatar
Lnb nya diganti Ku-band. Receiver minimal suport mpeg4
Comment Author Avatar
Gan mau tanya bisa ngak lnb ini di jadikan sebagai penangkap wifi yang jarak ny kilometer??
Comment Author Avatar
Gan, pay tv yg ada di lnb c band itu ada gk? Ato cuman ada di ku ato s band? Kalo ada bisa di atasi dg tiket fly nggk?
Comment Author Avatar
banyak yg di c-band. Topas, garuda, skynindo, orang, k-vision. gak bisa lewat fly
Comment Author Avatar
Min, numpang tanya saya sebelumnya sudah menanyakan di forum pembahasan yg berbeda di sini, singkat cerita saya akhirnya jadi pasang LNB yg model combo C & KU band merk matrix. Saya pasangnya tidak sesuai gambar pada umumnya yaitu kabel untuk ke rx saya pasang di sebelah kanan bawah, sedangkan orang pada umumnya utk kabel yg menghubungkan antara C&KU band dipasang pada lubang male yg sebelah kanan di bagian C Band. Setelah saya pasang hasilnya saya hanya bisa menangkap sinyal KU band saja, sedangkan untuk yg C band hilang sama sekali. Saya sudah coba2 tracking dengan mengotak atik pindah2 kabelnya antara kiri kanan dan atas hasilnya kalau diubah malah tidak ketangkap sama sekali sinyal C&KU band nya. Setelah saya kembalikan sesuai settingan yg pertama barulah sinyal KU band nya muncul. Alhasil saya saat ini hanya bisa menonton siaran chinasat 11 saja. Menurut anda kalau dari kasus saya ini apakah ya yang salah, yg jelas bukan pada kabelnya karena kabelnya sudah saya otak-atik juga tidak ada hasil. Apakah kemungkinan kerusakan ada pada C band nya ya? Apakah sebaiknya yg mesti saya lakukan ya? Makasih atas tanggapannya, Min
Comment Author Avatar
Gampang itu bro. Kabel dari C ke KU gak usah dipasang dulu. yg dari C dipasang ke resiver (outnya dicoba satu2). kl masih bisa berarti aman, tinggal dikasih switch diseq. kl gak bisa, berarti switch yg ada didalam C dah rusak, harus bongkar lnb, kemudian jalurnya disambungkan langsung (tanpa switch) dan kemudian ditambah switch diseq.

Tapi kemungkinan besar switch yg untuk ku dah short karena pemasangan kebalik dan yg untuk C masih aman.
Comment Author Avatar
om lnb c band merk venus & kaonsat, bagusan mana?
Comment Author Avatar
Tanya sedikit gan,, saya melihat beberapa video di youtube mereka meninggikan sinyal dengan memutar baut oscilator, pertanyaannya, secara teori itu cara kerjanya seperti apa, membaca penjelasan di atas oscilator berfungsi menurunkan freq yg di kirim ke decoder.. Apakah kalau baut oscilator itu di putar freq yg di kirim ke rx jadi lebih tinggi? Atau bagaimana gan.. Mohon penjelasannya.
Comment Author Avatar
Sangat jelas sinyal tidak bisa meningkat dengan memutar baut (baut pengaturan) local oscillator. Local oscillator ini bekerja sebagai pengkonversi frekuensi tinggi ke frekuensi rendah karena resiver didesai hanya bisa menerima frekuensi 950 sampai 2150 MHz. Misalkan dari satelit ber frekuensi 4000 MHz, maka oleh local oscillator dirubah menjadi 1150 MHz sehingga bisa diterima receiver yang memiliki range frekuensi 950 sampai 2150 MHz. Kalau lnb sekarang sudah tidak menggunakan kotak local oscillator karena diganti dengan kristal