Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Jarak antar lnb dalam pemasangan parabola non gerak sangatlah penting dalam rangka keberhasilan pemasangan sebuah perangkat antena parabola. Karena dalam pemasangan parabola non gerak, dish tidak hanya berfokus pada satu satelit, melainkan berfokus pada 5 satelit sekaligus.

Sehingga dibutuhkan penempatan lnb yang sangat akurat. Kurang tepat sedikit saja, maka hasilnya tidak memuaskan. Pertama yang harus dipahami adalah satelit berada pada deretan garis lurus katulistiwa.

Hal ini sangat memudahkan kita dalam merakit 5 lnb dalam 1 dish. Karena dengan demikian, maka pemasangan 5 lnb juga harus lurus sejajar. Kita tinggal menentukan jarak antara satu lnb dengan lainnya.


Lima satelit yang akan ditangkap adalah:

SatelitLetak / Posisi
Palapa D113° E
Telkom 1108,2° E
Asiasat 7105,5° E
Asiasat 5100,5° E
Chinasat 6b115,5° E

Dari tabel diatas, dapat diketahui jarak antar satelitnya. Jaraknya adalah sebagai berikut:

Jarak Antar 2 SatelitJarak Satelit
Palapa D - Telkom 14,8°
Telkom 1 - Asiasat 72,7°
Asiasat 7 - Asiasat 5
Palapa D - Chinasat 6B2,5°

Setelah kita posisi dan jarak antar satelit, langkah selanjutnya adalah kita harus tau ukuran panjang setik atau tiang fokus sebuah dish. Lihatlah gambar berikut ini:
gambaran sebuah titik fokus lnb pada dish


Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Dari gambar 1 diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya sebuah dish adalah bagian dari sesuatu yang bulat. Sedangkan titik fokus berada pada tengah-tengah dari bulatan tersebut. Pada gambar 2 dapat diketahui bahwa besarnya dish tidak menentukan jarak antar lnb karena yang menentukan adalah panjangnya setik/fokus. Sedangkan besarnya dish adalah diameter dish tersebut.

Yang harus dipahami adalah dish berfungsi memantulkan sinyal, sedangkan satelit tidak berada pada satu tempat, melainkan berjauhan.

Sistem pantul dish adalah sama dengan pantulan cermin ketika terkena cahaya. Jika terkena cahaya dari samping maka akan cahaya akan terpantul dengan kemiringan sama persis dengan datangnya cahaya, tetapi  arahnya berlawanan.

Bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada yang tidak terlalu cembung. Untuk mengetahui tingkat kecembungan sebuah dish, dapat dilihat dari tiang fokusnya (tiang penyangga Lnb).

Jika sebuah dish tiang fokusnya pendek itu artinya dishnya cembung. Sedangkan jika sebuah dish tiang fokusnya panjang, itu artinya dishnya tidak begitu cembung.

Berhubung bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada pula yang kecembungannya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga berbeda-beda.


Jika dish cembung, maka titik jatunya pantulan sinyal satelit akan saling berdekatan atau rapat. Jika dish cembungnya hanya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga akan renggang atau agak berjauhan.

Untuk merangkai 5 lnb dalam 1 dish, dibutuhkan sebuah dish dengan panjang setik / fokus paling tidak 100 cm. Itu pengalaman admin. Karena dengan panjang setik 100 cm, maka hasil pantulan dari satelit dengan jarak 2,5°, didapat jarak lnb sekitar 6,5 cm. Dengan jarak 6,5 cm ini cukup utnuk memasang lnb dengan posisi rapat memngingat diameter lnb c- band adalah 6,5 cm.

Mengingat jarak antar satelit yang terdekat dari 5 satelit adalah 2,5°, maka dish dengan panjang fokus 100 cm sudah mencukupi untuk pemasangan 5 LNB dalam Satu Dish. Untuk jarak satelit yang lain tentunya dapat disesuaikan karena jaraknya lebih dari 2,5°.

Untuk merangkai 5 lnb tersebut silahkan baca : Cara Rangkai 5 Lnb dalam 1 Dish

219 komentar untuk "Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)"

Comment Author Avatar
Anonim 16 Juli
kalo lebih dari 2 switch 22 nya gmana mas?
Comment Author Avatar
ya mudah saja, kan ada 2 jenis swit, 22k dan dseq c. cara nyambungnya dari rx ke dseq, dari dseq (misalnya dseq 1/A) ke 22k. jadinya dseq 1/A bisa 22k on/off.
Comment Author Avatar
Anonim 04 September
Mas mohon dijelaskan acuan 0 derajatnya diambil dari titik mana? dan ke arah mana? thx.
Comment Author Avatar
0 derajat adalah sebagai acuan arah barat/timur (membujur/ horisontal). pada dasarnya dalam horn lnb terdapat 2 antena kecil dengan arah berlawanan (membujur=horisontal dan melintang=vertikal). pada posisi hidup yang berfungsi hanya satu. jika dari rx diseting horisontal maka yang hidup horisontal dan yang vertikal off. sebenarnya V/H pada intinya adalah letak arah antena. jika membujur (timur-barat adalah horisontal) dan jika melintang (utara-selatan adalah vertikal). seandainya dalam pemasangan 0 derajat pada lnb diarahkan ke utara selatan pun juga bisa. tetapi nantinya pada rx, channel yang seharusnya horisontal akan berpolarisasi Vertikal. demikian sebaliknya yang vertikal akan jadi hotrisontal. semoga bisa membantu...
Comment Author Avatar
mas sy mau nanya nih Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB itu berapa CM ya?
Comment Author Avatar
Kalau jarak antar lnb tidak ada patokan pasti karena tiap-tiap dis memiliki ukuran berbeda. kalau anda ingin merakit 5 lnb, agar hasilnya optimal saya sarankan anda menggunakan dis dengan ukuran stik/fokus 100cm, syukur-syukur lebih. untuk dis dengan stik 100cm, lnb paling barat chniasat 6b berdempetan dengan palapa d. dari palapa d ke telkom1 berjarak 3,5cm. dari telkom1 ke asiasat3s berdempetan. dari asiasat3s ke asia5 berjarak 3,6cm. semoga membantu...
Comment Author Avatar
mas aku mo nanya: trimakasih sebelumya
1 aku pasang 5 lnb, kabel lnb 5x sampe ke tiang disk, (biar mudah ganti swit dan diseq). dari rx aku pake 22k on untuk cinasat trus 22off ke diseq trus ke lnb 1,2,3,4, konfigurasi rx dah seperti itu juga. diseq dan 22k ok, pointing juga ga masalah,
2 apa terjadi penurunan sinyal jika pake diseq dan 22k bareng-bareng (untuk 5 satelit/lebih)
Comment Author Avatar
sory; "lanjutan pertanyaan Pertama" kok ga jalan ya mas..? cuma bisa di lnb yg terhubung ke 22k off dan diseq on lnb 1
Comment Author Avatar
maaf ya, menurut saya cara perakitan anda salah. switch 22k dan dseq memiliki sistem yg berbeda. 22k menggunakan freqwensi 22khz. sedangkan dseq menggunakan kode/isyarat. jika dari rx langsung ke 22k, kemudian ke dseq, maka kode/isyarat dseq akan melewati transistor penguat 22k sehingga kode/isyarat dseq menjadi rusak/cacat. alhasil kode/isyarat ini tidak bisa dibaca oleh IC dseq. pemasangan seharusnya adalah dari rx lngsung ke dseq, kemudian ke 22k. freqwensi 22khz akan tetap baik walaupun telah melewati dseq. moga membantu...
Comment Author Avatar
ok mas,
matur nuwun, tak coba ya...
Comment Author Avatar
mas adun tuk pemasangan 4 lnb pada dish mesh 8 ft, tuk satelit thaicom 5, palada d, telkom dan asiast susunannya bagaimana ya?
Comment Author Avatar
satelit thaicom 5 gak bisa digabung dengan palapa/telkom/asiasat3/5 dalam 1 dish fixed, cz jaraknya terlalu jauh. dalam 1 dish fixed maksimal 5 satelit, yaitu: chinasat 6b, palapa d, telkom 1, asiasat 3s,dan asia 5. kemarin saya pasang dapat 214 channel. kl mau thaicom harus pake motor gerak ( bisa 20 satelit lebih) atau pake 2 dish fixed
Comment Author Avatar
Anonim 07 Desember
saya mo tanya......saya pake 2 LMB........ saya putar-putar parabola saya.... hasil ahirnya haya palapa doang yg ada.... yang telko ada sinyal tapi ketika diset programnya gak ada.... posisi saya di madura.... dan posisi LMB barat,timur dan kemiringannya ke utara, kira-kira 113 derajat..... gimana solusi yg tepat.....
Comment Author Avatar
jika perakitan 2 lnb anda tepat, seharusnya kalau palapa dah dapat, telkom pun juga dapat cz kedua satelit ini sinyalnya sangat besar di seluruh penjuru nusantara. ya kapan2 saya akan buat postingan tentang cara merakit 1/2/3/4/5 lnb
Comment Author Avatar
mas udah bikin portingan untuk 4/5lnb..
Comment Author Avatar
Anonim 10 Februari
mas boss, kalo merakit 5 lnb dalam 1 dish jarak antar lnb seperti diatas rapat 3,5cm rapat 3,6 cm.nah kedudukan antar lnb sendiri gimana? sejajar atau beda beda tinggi rendahnya( nilai f/D tiap LNB brapa tuk tiap satelit)
Comment Author Avatar
kedudukan lnb pada dudukannya lurus sejar dan agak menjorok ke bawah. lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2011/11/cara-merakit-2-lnb.html tp baru untuk 2 lnb yang 5 lnb blm sempat posting
Comment Author Avatar
Anonim 24 Februari
mas saya mo nanya untuk receiver venus vd-323 bisa untuk seting 4 lnb mas
Comment Author Avatar
wah kalau seri resiver q gak apal tuh, tp intinya untuk seting 4 lnb harus suport switch 4X1. biasanya pakai dseq-c, atau kalau gak ada fasilitas dseq-c pakai switch 22k+switch 12v, tp agak ribet
Comment Author Avatar
Anonim 21 Maret
untuk pemasangn 5 lnb, 4lnb udah bagus bisa dapat 160an chanel.knp untuk lnb ke5/ chinasat6b, disk harus dimiringkan dulu sedikit baru kena tetapi 4lnb yang lain siarannya lepas semua. mohon bantuannya gan apa yang salah?
Comment Author Avatar
untuk 4 lnb sekarang ada 174 chanel, untuk chinasat 6b memang kita harus jeli bngt dalam perakitannya. kan sudah saya bilang untuk optimalnya 5 lnb panjang stik/fokusnya harus 107cm punyaknya dis parasat/soccer/kimsat/mentari/astro. sebagaimana kita tahu kalau jarak antara telkom ke asiasat3s adalah 3 derajat, tetapi untuk palapa ke telkom ke cuma 2,5 derajat. ini menyebabkan jarak lnb palap-chinasat 6b lebih rapat daripada telkom-asiasat3s. jadi kalau panjang stiknya kurang dari segitu hasilnya kurang optimal, kecuali pakai dish paragon. walaupun paragon panjang stik/fokusnya hanya 97cm, hasilnt=ya tetap bagus karena kualitas dishnya memang bagus dan memiliki simpang baku yang cukup lebar.
Comment Author Avatar
Anonim 23 Maret
Salam kenal mas adun. Saya pengen tau nama 20 satelit yg bisa ditangkap receiver parabola, serta arah derajat nya. Misal palapa 113". Sekalian contoh channel tiap2 persatelit nya selain dr palapa/telkom. Maaf jk merepotkan. Trima kasih sebelum nya.
Comment Author Avatar
wah maaf bngt kl itu anda cari sendiri aja di www.lyngsat.com cz internet saya lelet bwanget. anda lihat saja satelit yang beamnya nyampe tempat anda ya itulah yang bisa anda tangkap. punya saya smpe 22 satelit c-band, tuh belum semuanya. yg sebelah timur gak bisa cz kalau diarahkan ketimur dah ndak bisa mbalik kebarat lagi...
Comment Author Avatar
Anonim 03 April
Salam kenal..
mas maaf ganggu..,parabola saya 2 LNB..,tpi ko cuma bisa dapet 18chanel..kenapa ya..??!!
matur nuwun atas kesediaan penjelasannya...
Comment Author Avatar
wah gimanaya.. kemungkinannya bermacem2. yg jelas untuk sekarang parabola 2 lnb dengan resiver mpeg2 bisa nangkep 43 channel. kalau parabola njenengan cuma dapet 18ch, mungkin bisa program pada resivernya/lnb rusak/switch rusak/kabel rakit putus/ngemetnya kurang pas
Comment Author Avatar
mas adun,..
numpang nanya mas,.sekarang saya pake dish mesh pake lnb 4 biji,dapat palapa,asiast 3,5,dan telkom,.apakah bisa klo diganti menjadi asiasat 3,5,telkom dan yamal atau thaicom?
trm ksh sblumnya..
Comment Author Avatar
sama njenengan ada actuator gak mas?klo pasang actuator tanpa positioner apa bisa bekerja?
matur nuwun
Comment Author Avatar
@tya untuk dish fixed mustahil. kita ada aktuator merk tanaka dan matrix. kalau aktuator tanpa posisioner ya jelas ndak bisa. karena posisioner berfungsi sebagai suplai arus (power suply) aktuator dan pengatur putaran motor dari aktuator. kecuali resiver anda sudah +posisioner didalamnya seperti merk venus mellenium dll.
Comment Author Avatar
Anonim 12 April
salam kenal mas adun,saya mau tanya nih, saya punya fixed parabola 9fet 4lnb stik fokus 90cm, kira2 100derajt kemiringan, channel yg dapet untuk telkom trans tv/7 dll, satelit palapa nya cuma antv, sctv, yg lain gak dapet. kalo dimiringin lagi ke timur kira2 5derajat, dapet tuh channel palapa yg lain tp untuk telkomnya ilang, itu kira2 apa masalahnya ya mas adun??
Comment Author Avatar
itu sangat jelsa kalau jarak lnb palapa dan telkom kurang jauh(jika sudut azimuth tepat). untuk dish dengan panjang stik 90cm, jika pakai 4 lnb jarak palapa telkom = 3,80cm. telkom asiasat 3s rapat. asiasat 3s ke asia 5 = 3 cm. jarak palapa-telkom dan asiasat 3s dibuat tidak sama karena untuk ketepatan letak lnb asiasat 3s.
Comment Author Avatar
ijin masuk gan,,,
rumus cara menentukan jarak antar LNB gmn y?.. saya sdh nyoba ngitung2 rumus sendiri tp tetap gk ketemu..
trims.. :-)
Comment Author Avatar
kalau rumus saya juga gak paham, saya menentukan keakuratan jarak antar lnb berdasarkan pengalaman. pada intinya dish parabola merupakan bagian dari sesuatu yg bulat dan titik fokus berada pada tengah-tengan bulatan tersebut. jika bulatan tersebut makin besar, maka panjang stik lnb makin panjang dan jarak pantul makin lebar.
Comment Author Avatar
mas,mau nanya.aku pake paragon 8 feed 4lnb,matrix HD Ethernet.rencana mau aku bikin gerak.apa aja part yang di btuhkan ya?maturnuwun
Comment Author Avatar
mas,mau nanya.aku pake paragon 8 feed 4lnb,matrix HD Ethernet.rencana mau aku bikin gerak.apa aja part yang di btuhkan ya?maturnuwun
Comment Author Avatar
@Ichwan Wicaksono yg dibutuhkan adalah aktuator, posisioner, dan kabel kontrol. jika pipa tiang dish panjangnya kurang mencukupi ya diganti yg lebih panjang lagi. kalau dish paragon 8ft, anda bisa pakai 2lnb, satu untuk H/V, dan satunya untuk L/R (sekat). tp kayaknya matrix prolink hd ethernet kalau seting dish pakai motor, tidak suport 2 lnb/lebih...
Comment Author Avatar
@Ichwan Wicaksono yg dibutuhkan adalah aktuator, posisioner, dan kabel kontrol. jika pipa tiang dish panjangnya kurang mencukupi ya diganti yg lebih panjang lagi. kalau dish paragon 8ft, anda bisa pakai 2lnb, satu untuk H/V, dan satunya untuk L/R (sekat). tp kayaknya matrix prolink hd ethernet kalau seting dish pakai motor, tidak suport 2 lnb/lebih...
Comment Author Avatar
@Ichwan Wicaksono yg dibutuhkan adalah aktuator, posisioner, dan kabel kontrol. jika pipa tiang dish panjangnya kurang mencukupi ya diganti yg lebih panjang lagi. kalau dish paragon 8ft, anda bisa pakai 2lnb, satu untuk H/V, dan satunya untuk L/R (sekat). tp kayaknya matrix prolink hd ethernet kalau seting dish pakai motor, tidak suport 2 lnb/lebih...
Comment Author Avatar
adit 06 Mei
mass bro.. kalau receiver tanaka yg biasa..support pakai lnb ku-band gak? cz dari setingan receiver polaritasnya cmn V/H gak ada pilihan R/L
Comment Author Avatar
@adit--- resiver tanaka tentu saja bisa s-band, c-band, dan ku-band. polaritas H/V itu cuma switch (13v/18v). kalau lnb sudah disekat, maka maka akan menerima sinyal Polaritas L/R. tentu saja pada seting resiver masih tetap H/V. fungsi sekat ini membelokkan sinyal dari satelit yg semula L/R menjadi H/V
Comment Author Avatar
adit 07 Mei
ohh..mksi mas tas info.ny kalau gtu mau tak cba tambahin pakai ku-band.
dan kmren sya nyoba pakai rotator penggerak 1.lnb, tp ke barat mentok di asiasat2/5 pas digeser lgi keburu terbalik dish.ny.. dan ketimur cmn sampai chinastar6b dan asiasat4 jdi channel yg didapat cmn 225an.. chinastar dan asiasat4 gk maksimal cignal.ny cmn dpt 20%an
banyak yg bilang bsa dapat 11 satelite dan dapat 500chanel tp susah kyknya... padahal sduah di modif dudukan ujung buat rotornya ditambahin 5cm hhe.. solusinya gimana mas,.
Comment Author Avatar
@adit--- traking dish anda kayaknya sudut azimuth-nya kurang pas. coba usahakan kebarat sampe thaicom5 (satelit ini ada 150 channel lebih).
Comment Author Avatar
adit 08 Mei
yupz' mksi masukany.. mau tk cba lgi, thk mass..
Comment Author Avatar
adit 11 Mei
mas bro.. mo tanya lgi neh,,
cari" ku_band gk ada yg jual didaerah sya
jd bli yg c_band biasa, smua.ny 4lnb' 2.doble out (socket rcv
Comment Author Avatar
adit 12 Mei
m'f text.ny jd kepotong..
mksudny 4lnb' 2doble out, dan 2lgi single
sya cma punya diseqc 2x1.
klo pmasangan lnb1 ke lnb2 dan lnb3 ke lnb4 trus lnb2 dan4 msuk diseq 2x1 kira" bener gak??
apa harus pke diseq 4x1 yg doble out.ny dibuat single..
m'f mass bro..jd keseringan tanya neh..
Comment Author Avatar
lnb dobelnya itu memang dual out atau switch internal? cz pada lnb c-band, ada dual out (2r) untuk 2 resiver dan switch internal. jika dual out, maka dari out lnb harus langsung dihubungkan ke resiver/switch, jika switch internal, yg rec dihubungkan ke resiver/dseq dan yg satunya lagi (lnb) dihubungkan ke lnb. jika sudah ada 2 lnb dual out dan 2 lnb singgel, maka dibutuhkan 2 buah switch dseq 4X1 dan 1 buah Power divider. 1 lnb dual out utnuk satelit palapa, dan satunya lagi untuk asiasat 3s atau asia 5. untuk telkom cukup pakai lnb singgel. jika 2 lnb dual tersebut adalah lnb switch internal, maka hanya bisa dugunakan untuk 1 resiver saja dan pemasangan anda sudah betul
Comment Author Avatar
adit 14 Mei
itu mas..mksudnya switch 22k,, udh dipsang tp asia3 dan asia5 gk ada itensitas dan kualitas 0% kyknya lnb 22k yg satunya rusak..pdhal baru,, dan klo di set d plapa tlkom pda jlek dan jga sebalikny.. musti digeser dkit' pdhal sya paki ukuran 3.5cm plapa dan tlkom, 3.5cm asia3 dan asia5, telkm dan asia3 rapat
dish pke venus 8ft.
dulu prnah pasang 8ft cmn dish paragon, utk jrk lnb sama dgn ukuran yg diats tp langsung jln gk ada masalah.., apa ada msalah mungkin pkai tiang pokus 7ft?? disana tulisanya 97cm
Comment Author Avatar
@adit kl intensitas 0% kemungkinan jalurnya ada yg gak nyambung. kl dish paragon memang sinyalnya cukup hebat, walaupun jarak antar lnb kurang pas, tetapi sinyalnya sudah bagus. dish ini memiliki simpang baku cukup lebar. kalau panjang stik 97 cm itu sama dengan punyaknya paraclip. jarak palapa telkom 3,8cm
Comment Author Avatar
adit 17 Mei
oya..kyknya pkai 4lnb di tunda dulu sementara dan kmbali pke aktuator hhe.. cz trtarik dng postingan yg mas bikin tuh,, lnbf yg disekat.. td siang dah beli diseq 2x1 gk mau pke switch 22k krna hrus on/off pusing...hhhe
kira"sat apa yg byk L/R.nya

utk skat mu pke kayu ada ngaruh gk ya? (biar mudah) apa hrus dri jns fiber..?
dan kalo bleh tau itu ujung aktuator hrus condong kmna? brat apa ke timur cz aktuatorku lum smuanya kluar dish kburu jatoh (gk bsa balik)
Comment Author Avatar
@adit--- channel c-band polarisasi L/R channel cuma sedikit, cz yg pake polarisasi ini kebanyakan daerah eropa. walaupun channelnya sedikit, tetapi banyak yg cari cz ada esek2nya. sekat pake kayu kayaknya gak bisa. untuk aktuator harus condong ke barat. (motor berada di timur bawah.
Comment Author Avatar
adit 22 Mei
duh mass sori dori nih jd tanya lgi..
da masalah dikit kebrat dpt thaicom dn intelsat10 cmn stelan baut utara-selatan hrus di kencengin kira" 3putaran ke dlm, dan ke tmur cmn dpt chinasat6b,6a dan ini hrus dikendorin 3putaran dri posisi awal, dan klo diambil tengah"nya Qs antra intelsat dan chinasat cmn dpt 10-15%
udh cba geser kemiringan lnb brat timurnya th hasilnya sma ajj,,
apa prnah mass mengalami hal yg serupa...??
msa hrus pke aktuator 2hhe..
Comment Author Avatar
@adit-- itu sih jelas bngt kl sudut azimuth kurang pas. tp kl perubahan pada baut ya kurang jelas cz ada 2 macam modelnya. gini aja, misalnya chinasat dah bagus, trus dimiringin ke barat sampai thaicom. ternyata sampai thaicom kurang bagus. jika dimiringin ke utara thaicom jadi bagus, maka posisi azimuth harus sedikit diputar kekanan (sesuai putaran jarum jam). jika dimiringin ke selatan thaicom jadi bagus, maka dish diputar kekiri (berlawanan arah jarum jam). sudut azimuth adalah putaran pada pipa tiang
Comment Author Avatar
adit 24 Mei
iya mas ntar dicba lgi nyari rx dulu.. dah 2hari rx nya eror jd hank gk bsa pindah"Ch gambarnya pun jd lambat sprti 3G.
oya bagusnya klw tiang fkus diarahkan posisimna? sya slalu pke arah selatan

makasi sebelumnya..!!
Comment Author Avatar
Mas Adun, tanya dong...
Saya mau menggabungkan 3 LNB dalam satu dish..
2 LNB C untuk palapa dan telkom, satu LNB S untuk SES 7,
saya menggunakan diseqc 4x1.
Apakah ada ketentuan LNB S harus di port 1 ? atau bisa disembarang port 1,2,3,4 ?
Comment Author Avatar
Anonim 28 Mei
ikut tanya mas bro,
saya punya dish mesh dgn 4 lnb, bs nangkep chanel2nya pal,tel,as3,as5. yg jd masalah, saya ga bs menerina sinyal yg mpg4, HD dan sejenisnya karena hanya pak rx venus cromus. yg sy tny, kira kira rx nya diganti apa biar bs nerima yg mpg4 dan HD dan juga bs hack pay tv?
Comment Author Avatar
@Busat--- ses7 gak bisa digabungin ama telkom dlm 1 dish cz posisinya sama. tuk s-band bisa pake dseq. portnya terserah...
Comment Author Avatar
@Anonim-- yg murah matrix prolink HD. bisa dvbs-1/2, mpeg2, mpeg4, HD, biss, harganya 430rb. kalau untuk paket fly pake prolink HD+Ethernet harganya 600rb
Comment Author Avatar
Anonim 04 Juni
asalamualaikum wrwb...mas saya mau tanya,kalo untuk satelit thaicom 5 dishnya mengarah kesebelah mana ya? posisi saya di taikmalaya (jawa barat)saya memakai dish pegasus 8feet,
Comment Author Avatar
asalamualaikum wrwb...mas saya mau tanya,kalo untuk satelit thaicom 5 dishnya mengarah kesebelah mana ya? posisi saya di taikmalaya (jawa barat)saya memakai dish pegasus 8feet,
Comment Author Avatar
asalamualaikum wrwb...mas saya mau tanya,kalo untuk satelit thaicom 5 dishnya mengarah kesebelah mana ya? posisi saya di taikmalaya (jawa barat)saya memakai dish pegasus 8feet,
Comment Author Avatar
asalamualaikum wrwb...mas saya mau tanya,kalo untuk satelit thaicom 5 dishnya mengarah kesebelah mana ya? posisi saya di taikmalaya (jawa barat)saya memakai dish pegasus 8feet,
Comment Author Avatar
Anonim 06 Juni
Mas adun, tolong pencerahannya ya..
Saya punya receiver venus vd 323. Kata toko bisa dipasang palapa dan telkom. Ketika dibeli dan dicoba LNB nya, yang dapat cuma Palapa, telkom ga bisa. Saya coba tes di parabola yang udah dapat Palapa dan telkom, ketika di reciever kami (venus vd 323) juga ga dapat telkomnya. Mungkin masalah pada receiver. Mohon pencerahannya mas. Direceivernya ga ada pilihan diseq ataupun 22 K.
Comment Author Avatar
@Anonim thaicom dishnya mengarah ke barat. Untuk satelit yg bisa ditangkap dari palapa, ke baratnya telkom1, baratnya asiasat3s, baratnya asia5, baratnya insat4b, baratnya measat3, baratnya st2, baratnya insat4a, baratnya thaicom5
Comment Author Avatar
mas mau nax juga secara detail dari awal atau timur sampae barat mulai dari satelit mana dan satelit selanjutx serta di setiap satelit saya minta no frequwnsi dan simbl rate .satu satelit satu freqwsi buat di pake mencari signal setelah dapat kan br di scan otomatis biar masuk semua tankz sebelumx bl merepotkan
Comment Author Avatar
@Anonim seharusnya memang bisa. Coba buka di seting satelitnya pasti ada seting dseq dan 22k
Comment Author Avatar
mas mau nax juga secara detail dari awal atau timur sampae barat mulai dari satelit mana dan satelit selanjutx serta di setiap satelit saya minta no frequwnsi dan simbl rate .satu satelit satu freqwsi buat di pake mencari signal setelah dapat kan br di scan otomatis biar masuk semua tankz sebelumx bl merepotkan
Comment Author Avatar
mas mau nax juga secara detail dari awal atau timur sampae barat mulai dari satelit mana dan satelit selanjutx serta di setiap satelit saya minta no frequwnsi dan simbl rate .satu satelit satu freqwsi buat di pake mencari signal setelah dapat kan br di scan otomatis biar masuk semua tankz sebelumx bl merepotkan
Comment Author Avatar
mas mau nanya saya punya receiver matrix orange. tapi g bisa fungsi. klo kita pencet tombol remot apa aja keluar minta sandi 5 digit... kira kira sandinya apa ya... ? krn saya tidak penah mengatifkan sandi itu terjadi tiba tiba.
makasih sebelumnya..
Comment Author Avatar
Herman 16 Juni
mas, gimana cara cari siaran chinasat 6b dengan 4 LNB..trim's mas...
Comment Author Avatar
Anonim 17 Juni
mas mau nanya ni, saya pake lnb4 saya pengen satelit palapa,telkom,thaicom dan cinasat6b gimana caranya dan gimana uratan lnbnya ?
Tolong dibantu mas..
Comment Author Avatar
bagus bos info nya tp kalo 5lnb dalam disk 6feet brp jaraknya trims tuk infonya
Comment Author Avatar
Mo tanya mas, Gimana cara pasang parabola yang bisa diputar full dari Barat ke Timur. Kalo pake actuator kan cuma +-90 drjat. Trm kasih.
Comment Author Avatar
mas, saya kan pke 2 Lnb, posisi parabola ke timur, tapi gak tau pasti brp derajat. Yg mau saya tnyk gmana cranya klo saya mau geser parabola ke arah satelit thaicom 5
Comment Author Avatar
Anonim 28 Juni
Ma'af mas, jik akita punya 2 lnb. saat ini yg dapat di tangkap sinyal palapa dan telkom.
bagaimana settingan agar yg bisa ketangkap itu palapa dan asiasat3s
trims atas pencerahannya..
Comment Author Avatar
mas sy pake 8ft paragon 5lnb tecnosat.rx tanaka murmer.. sya menerapkan cara yng mas ajarkan .untk chinasat,palapa.telkom dan asia 5,smua chanel bisa di lock dgn baik, tapi untk asiasat 3 ada beberapa chanel yg tidak ter lock spt dwtv,dw asie,masala,hum,..jd kesalahannya dimana mas.....mhn pencerahannya..mks
Comment Author Avatar
@karnapraja

Ya kl motor model dongkrak memang ky gitu. Tp kan lumayan, dah bisa nangkap sekitar 24 satelit dengan 1000 channel lebih. Mulai dari channel anak2 sampe kakek2, dari channel alim, pertengahan sampe esek2 semua jg dah ada. Kl mau yg lebih bagus anda bisa pake penggerak rantai
Comment Author Avatar
@Filda

Untuk thaicom anda geser saja ke barat.kira2 45 drajat dengan permukaan tanah
Comment Author Avatar
Mas Adun, menyatukan 2 lnb utk medapatkan palapa D dan Telkom 1 koq susah sekali ya, jaraknya sdh dekat kira2 apa yg hrs sy ubah lg? LNB nya sy geser2 tetap tdk menemukan titik temu? trims....
Comment Author Avatar
@hanun posisi stiknya dimana ya? untuk satelit palapa, telkom, asia5 adalah mudah, tetapi untuk chinasat 6b dan asiasat 3s perlu kecermatan khusus untuk keseimbangan kedua satelit ini.
Comment Author Avatar
@Fauzi

coba anda ukur dulu panjang fokusnya, jika dish anda menggunakan 3 stik, maka diukur dari scalaring ke bawah/ tengah dish
Comment Author Avatar
Anonim 04 Juli
Maaf mas numpang tanya,,porabola saya kan memakai 2 LNB multi karena pake 2 rc, saya punya 2 LNB lagi tp bukan multi, kalo dipasang jd 4LNB yg bukan multi untuk asiasat bisa berfungsi gak, makasih sebelumnya.
Comment Author Avatar
@Anonimya bisa saja, tp lnb yg single hanya untuk 1 resiver saja. kalau anda sudah punya 2 lnb dual dan 2 lnb single, maka anda bisa memodifnya seperti ini:

palapa pakai lnb dual
telkom pakai lnb single
lnb dual yg satunya bisa dipakai untuk asiasat 3s atau asia5.

jadinya dua buah resiver anda, yg satu bisa 3 lnb dan satunya bisa 4 lnb
Comment Author Avatar
darmaji 26 Juli
Mas saya pke 8ft 2lnb kl mau dpt palpa telkom asisat asiasat 5..apa hrus beli 4lnb atau tinggal nambah 2 lnb..
Mksh sebelumny..
Comment Author Avatar
kl sudah ada 2 lnb ya tinggal tambah 2 lnb lagi dan switch dseq 4X1. scalaring disambung dijadikan satu.
Comment Author Avatar
saya punya pengalaman,u pemasangan 5lnb.jadi yg penting urutan lnb nya pas, 1 chaina6,2palapa,3telcom,4asisat3,5asiasat5,...untuk pemasangan atau gabungan lnb1(china6b)itu tidak harus di gabung di lnb palapa,tapi ke lnb yg lain juga bisa,asalkan menggunakan diseq aof b on,yg lain menggunakan 4 x1 dseq.
china---> A of,palapa-->Bon -->out masuk-->dsq 1..telcom-->dsq 2...asist3-->Dsq 3..-->asst5-->Dsq4. semoga bisa memahami.
Comment Author Avatar
Anonim 03 September
saya punya dish mesh 7 feet dgn 4 lnb, bs nangkep satelit palapa,telkom,as3,as5
gimana caranya agar dapat satelit NSS11. apa bisa salah satu LNB diganti dengan KU Band supaya bisa nangkap sinyal dari NSS11.
Comment Author Avatar
Anonim 05 September
saya pakai dish venus 7 feet 4 lnb untuk sat palapa, telkom1, asiasat 3/5. gmna carany agar bs nangkap sat nss6. apa yang perlu diganti atau ditambah. apa bs salah satu lnbnya diganti lnb combo c/ku band. thx
Comment Author Avatar
Anonim 06 Oktober
mas saya pke lnb 2in 1.. kmren msh ada snyal nya tpi tadi pas dinyalain koq ga ada sama skli yah?? pdhl lnb maupun receiver ny bru dipke 2bln... thx
Comment Author Avatar
kalau untuk nangkap nss6 gak perlu pake kombo. cz satelit nss6 hanya pake freq. ku-band. lnb kombo digunakan untuk satelit yg menggunakan freq. c dan ku. jika sudah ada 4 lnb dan mau menambah 1 lnb untuk nss6 ya tambah switch 22k dan lnb ku-band. tp sinyalnya kecil dan gak semua masuk
Comment Author Avatar
maksudnya apakah semua channel gak ada sinyal semuanya? coba tekan info, intensitas sinyal ada atau tidak, jika tidak ada berarti kabel dari resiver ke lnb putus
Comment Author Avatar
Anonim 08 Oktober
Mas.....thaicom 5 posisi antenany digeser kemana mas? Apakah dkat AGILA 2 atw gmna mas?
Comment Author Avatar
untuk thaicom5 posisi digeser ke arah barat dengan kemiringan kira2 40⁰ untuk daerah jateng
Comment Author Avatar
Anonim 09 Oktober
Maaf mas,saya mau tanya satelit BSAT-3A itu kn posisinya 110E hampir brdekatn dg satelit Telkom nah kira2 itu bisa g dipasang antra Palapa&Telkom? klw bsa tolng bntuanya mas,sekalian jrkny berapa cm satu dg yg lainya?
sblm&ssudahnya trima ksh.
Comment Author Avatar
Mas Mau nanya frekuensi globaltv berapa ya ? Dan klo Receiver Tanaka T-21 Samurai sudah dukung MPEG4 lom ???
Comment Author Avatar
Global TV ada disatelit Palapa D dengan freqwensi 3933 mhz, polarisasi Horisontal, synbol rate 6500K. tanaka samurai tidak bisa nangkap mpeg4, belum support manual biss, hanya bisa dvbs-1, mpeg2
Comment Author Avatar
BSAT-3A beamnya hanya regional jepang, jadi sinyalnya gak nyampe ke indonesia
Comment Author Avatar
Mas Adun, ini ada pertanyaan dari awam sekali. Mengapa chanel RCTI dan Global sering qualitas di bawah 30%, Sedangkan channel TV kebanyakan cling di atas 50%. Mengapa satelitnya sama (Palapa)kok nangkap sinyalnya bisa beda.
Comment Author Avatar
ya memang untuk sinyal dari satelit memiliki kekuatan yg berbeda2. sama saja seperti pemancar uhf. walaupun tower pemancarnya sama, tetapi hasil yg kita dapat bisa berbeda2.
Comment Author Avatar
Cara tambah channel gimana mas ?? Coz global tv gk ada, mau nambah. Tolong di sebutin cara2nya yg lengkap smpe slsai.
Comment Author Avatar
wah kl nambah channel caranya bisa beda2 tuk tiap rx, tetapi intinya sama. ada 2 cara yaitu manual dan otomatis. kalau manual kita harus memasukkan freqwensi dan symbolrate. sedangkan otomatis, rx akan mencari sendiri freqwensi dan symbolrate tersebut.
Comment Author Avatar
Coba sebutkan cara memasukan channel secara manual saya pakai tanaka t-21 4 LNB
Comment Author Avatar
tanaka yg apa ya??? rx tanaka bertipe t-21 semua
Comment Author Avatar
Anonim 21 Oktober
mas saya mau nanya,saya kan pasang 4lnb nah rencanya lnb yg buat asiasat 3s itu saya pindah deket palapa d supaya dapet chinasat 6b soalnya asiasat 3s chny gag bagus2,itu kira-kira bisa tdk mas?klw emang bisa apa saya cuma beli dudukan lnb saja
makasih mas
Comment Author Avatar
tentu saja bisa. lnb nya dipasang tepat disebelah barat palapa d. posisinya menempel pada lnb palapa d
Comment Author Avatar
Anonim 28 Oktober
mas adun,saya kan udah pasang 5lnb yang jadi pertanyaan saya klw parabola digeser ketimur itu dapet palapa d,telkom,asiasat 3s,asiasat 5 sinyalnya bagus tp yg chinasat cuma dapet sinyal 13%& 2 chnnel doang yg dapet padahal jrknya sma palapa dah rapat,itu kira-kira kenapa ya mas?tolong bntuanya saya pake dish 7,5 feet mesh stik fokus 95cm
Comment Author Avatar
cinasat kan udah dapat, coba anda optimalin chinasat, minta kearah mana...
Comment Author Avatar
Anonim 29 Oktober
cara ngoptimalknya bagaimana mas? soalnya klw digeser kbarat palapa d trutama chnl RCTI,SCTV hilang tp yg lain msh ada,asiasat 3s& asiasat 5 sinyal lemah
Comment Author Avatar
tapi apakah kl kebarat chinasat menjadi bagus?
Comment Author Avatar
Anonim 30 Oktober
iya mas bagus,trutama cctv 7 tp rcti hilang sekalinya pngn dpat rcti&3 satelit ikut bgus tp chnasat lngsng hilang itu g5n ya mas pdahl posisi lnb sudah rapat sama palapa
Comment Author Avatar
mas adun yg baik, saya mau tanya...saya barusan pasang parabola dg 4 lnb, tapi tv yg bisa ketangkap cuman 7 dari dubai...kira-kira salahnya apa ya mas... trima kasih banyak atas jawabannya
Comment Author Avatar
kl 4 lnb bisa nangkap 183 channel FTA. kemungkinannya bermacam2 sob, bisa trakingnya kurang tepat/perakitan lnb/switch tidak pas. dishnya berapa fit ya?
Comment Author Avatar
Apa LNB itu beda beda antara untuk PALAPA dan yg lainnya....maaf saya sama sekali blom tau ttg parabola.
Comment Author Avatar
kl freqwensi c-band ya sama saja.
Comment Author Avatar
mas minta ukuran yg tepat (cm) utk menentukan jarak antara 5 lnb tsb.
Comment Author Avatar
jarak tiap dish berbeda2 bro...
Comment Author Avatar
Anonim 07 Desember
mas,saya mau tnya ni kalau pagi sampe sore itu siaran satelit palapa d yg vertikal bagus,tp kalau sudah masuk malam itu gambarnya macet-macet ada tulisan sinyal lemah pdhal sinyal 45-50%,itu kira-kira kenapa ya mas?dulu sblmnya malah sinyal vertikal lemah semua tp setelah saya ikitin cara mas Adun memperbaiki antena lnb itu jd ada cuma ya itu klw malam sinyal dibawah 60% macet-macet mas
Comment Author Avatar
Anonim 12 Desember
mas....aq mo nanyak,,,aq pake 2 lnb,1 utk palapa dan yg 1 lg utk telkom.kemaren tu hbs qu reset/format aq scan balek frekuensinya.yg ingin qu tanyak kenapa hbs qu scan ulang itu satelit telkomnya gak dapat sinyal sama sekali sedangkan utk palapa dapat sinyalnya kek semula...itu kira-kira penyebabnya knapa ya mas....
trimakasih atas jwabannya....
Comment Author Avatar
mungkin seting satelitnya (seting switch ikit berubah) sehingga telkom tidak dapat
Comment Author Avatar
Anonim 24 Desember
Mas aku pake 4lnb c band Aku pake resiver goldsat kalau misal aku ganti resivernya dengan matrik pro link HD bisa gak tanpa ganti LNB
Comment Author Avatar
ya bisa aja. receiver gak masalah mau diganti yg mpeg-2 atau mpeg-4/hd
Comment Author Avatar
Anonim 01 Februari
mas mohon maaf sebelumnya saya mau nanya, saya pasang 5 lnb pada antenna 7 feet, tapi yang dapat hanya sinyal palapa dan telkom saja, kira2 berapa jarak setiap LNB nya mas untuk antenna 7 feet ?
Comment Author Avatar
jarak antar lnb menyesuaikan jarak tiang stik/fokus. dan paling tidak panjang fokusnya 95cm. dibawah itu penangkapannya kurang optimal. la panjang fokus anda berapa cm?
Comment Author Avatar
mas saya berada di sumatra/lampung,saya menggunakan 4ln pada 1dish tp saya blm tau mas brapa pet krna sy blm ngerti,untuk mencari thaikom 5 sebaiknya gunakan lnb yang ke berapa dari ke 4 lnb tersebut dan kira2 jaraknya berapa centi mas untuk ke thaikom 5.....mohon pencerahannya.trimaksih
Comment Author Avatar
untuk lebih mudahnya pake lnb yg pada posisi fokus, untuk thaicom, posisinya kira2 condong 45⁰
Comment Author Avatar
mas saya mau tanya, saya memiliki 4 lnb dengan 1 dish, tuk dapet satelit thaicom 5 sudah di arahkan ke barat dan sudah lock satelitnya tapi sinyalnya ga' dapet, mohon pencerahannya mas, makasih atas infonya..
Comment Author Avatar
maksudnya gimana?, kl sinyalnya gak dapet berarti lom lock dong..
Comment Author Avatar
salam kenal mas... tulisan mas bagus .. (y)
belum lama ini saya beli set parabola
disk jaring, rotater dan Lnb nya ga tau pakai apa dan jumlahnya berapa...

yg mau saya tanyakan... bisakah parabola saya diubah menjadi parabola terbaik?
apa saja yang perlu saya rubah? perkiraan butuh berapa duit?
makasih mas.. hehe..
Comment Author Avatar
receivernya dah hd lom, kl lom bisa diganti hd, kl lnbnya hanya 1, bisa ditambah 1 lg
Comment Author Avatar
Danny 11 Maret
Sore mas, saya di surabaya. Untuk dpt asiasat 3s parabola saya dr tegak lurus saya arahkan ke timur kira2 10,5 derajat ya. Trs urutan satelit dr timur ke barat apa saja Mas? Terima Kasih
Comment Author Avatar
asiasat 3s dari tegak lurus dimiringkan sedikit ke barat bro
Comment Author Avatar
salam kenal mas....langsung saja ya mas.....apa kah pengaruh bila 4 LNB berbeda merek...
bagai mana cara merangkai 4lnb dimana 2 di antaranya 2 swit dan 2 yang lain 1 swit...mohon gambar diagramnya mas....saya pake lnb venus dan strandar..
kenapa hanya beberapa ch yg bisa di lihat mas....mohon penjelasannya dan bimbingannya..
Comment Author Avatar
beda merk gak masalah, soal switch bisa pake dseq 4x1 atau dseq 2x1 dengan 2 buak 22k
Comment Author Avatar
Anonim 20 April
mas mau tanya sy punya receiver tanaka spiderman dish mesh 6 feet 2 LNB gadmei GM 998 hasilnya sangat baik , krn sy tertarik artikel smpyan maslh Parabola tracking trus sy belikan 2 LNB TANAKA T- 80 ( krna slh beli) dan switch yg 4x 1. yang sy tanyakan apa saran nya dan apkah hasilnya akan maksimal bila sy pasng LNB beda merk di daerah Bojonegoro , Jatim. matur suwun mas kula tengga jawabanipun.
Comment Author Avatar
kalau merk gak masalah cz sepengalamaN saya semua merk hampir sama. cuma kalau dishnya 6ft dikasih 4lnb kayaknya gak bisa optimal
Comment Author Avatar
Anonim 20 April
maaf mas adun tdi ad yg ketinggalan, sekalian minta diagram pemasangannya. trims.@ Bojonegoro
Comment Author Avatar
Anonim 13 Mei
Mas parabola saya dish solid 6 feet gerak dengan 1 lnb c band.Saya mau modif pakai Lnb Combo c dan Ku band.Kira - Kira berapa satelit yg bisa di Lock nantinya( kalau boleh minta daftarnya). Posisi saya di semarang mas. Oh ya saya pakai RX Skybox F5.Mohon pencerahannya mas.Email saya di hdyt_lgsc@yahoo.co.id. Matur suwun
Comment Author Avatar
menurut saya jangan pakai lnb kombo. karena lnb kombo pada ku nya kurang bagus. kalau pake penggerak lebih baik pakai c dan ku single. sinyalnya akan jauh lebih bagus. kalau jumlah satelitnya tergantung lokasi, mungkin sekitar 18 satelit lebih
Comment Author Avatar
Anonim 29 Mei
mas, saya baru saja pasang parabola 2 lnb dgn receiver matrik mango blm HD dan chanelnya ada 50an. klo sy nambah 2 lnb lagi kira-kira brp chanel yang sy dpt ya ? dan satelit apa saja?
Comment Author Avatar
tambah 2 lagi bisa untuk satelit asiasat 3s/asiasat5/chinasat 6b/nss6. untuk nss6 lnb nya harus pakai ku-band. yg acaranya lumayan bagus satelit asiasat5 dan nss6. chanelnya ada 200 lebih
Comment Author Avatar
ass wr wb..mo tanya mas ada g cara untuk ngbtulin dish parabola yg sudah rada penyok..??
Comment Author Avatar
kalau rada penyok tentunya sinyal tidak bisa optimal, benerinnya dikira2 saja secara kasat mata yg kilihatan tidak sesuai dibengkokin agar bundarannya sempurna
Comment Author Avatar
mas saya mau nanya soal parabola merek tanaka 9 feet 4lnb cara seting swichnya gimana soalnya pake swich bawaan tanaka lnb 4 gak ada signal samasekali saya coba beli yang baru swich nya lmb yang ke3 jadi gak ada signal samasekali mohon pencerahanya
Comment Author Avatar
kalau semua satelit gak bisa nangkap sinyal kemungkinan switchnya mati, setelah diganti lnb ke 3 gak ada sinyal, mungkin jaraknya gak pas. memang pada horn 4lnb tanaka, posisi lnb ketiga kurang akurat. horn tsb harus di potong supaya posisi lnb ke 2 dan ke 3 bisa rapat.
Comment Author Avatar
@Mas Adun mau nanya ni pemasangan 4 LNB tinggi antara LNB 1,2,3,4 Pada posisi angka berapa makasih mas sebelumnya.. mohon pencerahanya..
Comment Author Avatar
Anonim 28 Juni
bisakah lnb ku band dan c band dipasang dish 9 feet
Comment Author Avatar
mas adun.gimana untuk mengetahui lnb masih bagus/mati.makasih.
Comment Author Avatar
Victor 22 Juli
Mas adun mau tanya
untuk pembacaan data dari dishpointer.com misal :

Elevation: 77.4°
Azimuth (true): 317.7°
Azimuth (magn.): 316.4°
LNB Skew [?]: -41.8°

cara bacanya bgmn ya? trims... blog ini sangat membantu sekali :)
Comment Author Avatar
waduh kalau hitungan kaya gituan saya jg gak paham. yg jelas ya dish diarahkan kesatelit mpe dapat sinyal mentok, asalkan beam satelit tsb nyampe ketempat kita...
Comment Author Avatar
Anonim 10 Agustus
Mohon maaf mas mau nanya nih,saya pakai yg gerak,biasa sy panggil tukang sekali setting 50-75rb,trus coba iseng sy sett sendiri berhasil sih cuma posisi satelitnya masih pakai manual tidak tidak dikelompokkan dalam P1,P2,P3,P4,P5 mohn bantuannya,trus nangkap tv eropa bagaimana ya,atau amerika misalnya,trims jwbnya semoga jaya blog ini
Comment Author Avatar
Anonim 22 Agustus
Sore mas? saya mau tanya gmn cara menentukan kordinat parabola?? apa kalau makin kebarat kordinat makin kecil atau sebaliknya???
Comment Author Avatar
waduh malah mumet aku je
Comment Author Avatar
Anonim 03 September
malam Mas , mau tanya lebih baik beli parabol yg gerak 1LNB atau fix dengan 4LNB
dimana plus minusnya. untuk harga saya check keduanya sama (venus ,7 ft jaring, receiver mpeg-4,full HD+pasang 1.6jt
Comment Author Avatar
kalau suka bola lebih baik yg gerak, bisa dpt full match
Comment Author Avatar
Anonim 05 September
mau nanya mas berapa kedalaman tiap2 lnb dari barat ke timur 1.palapa, 2.telkom,3.asiasat3,4. asiasat5 dalam satu disk mesh 10ft kalo untuk telkom ngak ada masalalah kalo palapa dan asiasat 5 itu yg bermasalah palapa chanel global dan sctv ngak dapet kalo di asiasat 5 chanel trace hd ngak dapet otomatis feed ngak dapet mohon pencerahan untuk kedalam lnbnya makasih mas ..salam kenal bayu palembang
Comment Author Avatar
kedalaman tiap2 lnb berbeda. untuk palapa agak kedalam, telkom/as3 kedalaman sama berada sedikit diatas palapa, as5 agak naik dikit dari telkom/as3. kl 10 ft tentu saja bisa dpt feed asalkan instalasinya optimal, wong pake 8ft aja dah bisa
Comment Author Avatar
mnta kunci2 stasiun yg diacak boz n mta nmr hp ny dong mbah guru ttncblack@gmail.com mtur nuwun mbah guru...
Comment Author Avatar
sy gak share kunci2 lewat blog. lewat fb aja.
Comment Author Avatar
ok fb-ny apa mbah? pemula ini je,, prtnyaan 1.pasang 3 rx, stingan recver ada palapa h,v,itu satu persatu apa gmn y? 2.pasang lnb maksimal berapa y? 5 atw 6 kterangan dgn gmbr. 3. mksud blindscan gmn y? 4. ternyta divider susah dcri d psaran 5. aplikasi yg sering-online ap y fb atw tweet atw email
Comment Author Avatar
www.facebook.com/najwatehnik
Comment Author Avatar
Anonim 28 Maret
Mau tanya mas. Saya punya 1 disk 2 lnb untuk sat palapa dan telkom. Rencana saya mau ganti 1 lnb dengan lnb combo c/ku band. Jadi bagaimana pengaturan lnbnya ke receiver? Apakah perlu DiSEqC Switch 4x1? Dan dimanakah posisi lnb c band dan lnb combo c/ku band nya?
Comment Author Avatar
yg ku untuk satelit apa?
Comment Author Avatar
Anonim 16 Mei
mas untuk mendapatkan satelit thaicom 5 dengan 2 lnb bisa dalam 1 kedudukan gak dengan satelit st2

seperti halnya 2 lnb untuk satelit palapa dan telkom yg dalam satu kedudukan, soalnya aquator saya ud mentok, gak bisa mecapai kemiringan derajat tahicom 5
Comment Author Avatar
bisa saja, jaraknya tergantung panjang fokus lnb
Comment Author Avatar
Anonim 28 Mei
Mas adun bagaimana cara menggabungkan parabola gerak ( c band) dengan parabola fix (indomi) pd rx grtmecom. Sy pakai diseqc 4x1 bs lancar kalo mode parabolanya fix. (Digerakan manual) Begitu mode parabola dibuat motor antena/ otomatis gerak. Sinyal pd dish indomie jd hilang semua karena mode lnb pada saat otomatis cuma untuk 1 lnb. Pilihan port diseqcnya tdk ada. (Pd rx getme hd5)
Comment Author Avatar
kl fungsi switch tidak aktif ya gak bisa
Comment Author Avatar
Mas saya pengen pasang parabola jaring, untuk ukuran dish ada gak yg dibawah 6feet trus untuk mendapatkan chanel banyak apa yg diperlukan, mohon infonya
Comment Author Avatar
kayaknya paling kecil 6ft, lebih baik yg gede bro, biar sinyalnya melimpah
Comment Author Avatar
Anonim 27 Juni
mas saya mau beli para bola tapi bingung karena belum tau dan mengerti sama sekali kalau menurut mas peralatan para bola apa yang harus say a beli dan receiver nya merk apa disk nya berapa fet agara saya bisa mendapatkan siaran thaicom 5
Comment Author Avatar
kalau yg dibutuhkan thaicom saja bisa pakai 1 lnb dish 8ft, kalau mau lokal dan thaicom harus pakai penggerak.

untuk resiver lebih baik pake yg dah hd
Comment Author Avatar
Anonim 03 Juli
Mas mau tanya, saya pki Parabola dengan Dish Mesh 7feet dan 2 LNB (Palapa D dan Telkom 1).
Pertanyaan saya...!!!
1. Tracking Asiasat 3S/7 Sudah berhasil alias Lock. Tapi trun lagi ke Asiasat 5 g nemu2 mas, gmn solusinya?
2. Saya harus melakukan apa mas ketika Tracking Satelit agar berjalan dengan mulus, dg menggunakan 2 LNB?

Terima Kasih...
Comment Author Avatar
Anonim 03 Juli
Mas saya mau tanya, saya memakai Parabola 7feet dan 2 LNB (Palapa D dan Telkom1).
Yang saya tanyakan...
1. Tracking Asiasat-3S/7 sudah berhasil Lock. Akan tetapi Tracking Asiasat-5 g ketemu2 mas, bagaimana solusinya?
2. Apa yang harus saya lakukan Tracking Satelit dengan menggunakan 2 LNB agar merjalan dengan mulus?

Terima Kasih...
Comment Author Avatar
mas mau tanya, saya pasang 4 lnb disc paragon, apakah bisa dpt insat,palapa,telkom,asiasat?
Comment Author Avatar
mas mautanya, saya pasang 4lnb disc paragon, apakah bisa nyantol insat, palapa, telkom,asiasat.
Comment Author Avatar
Anonim 11 Juli
salam kenal mas, sy mau pasang 2lnb yaitu palapa dan timteng (asia sat) pda parabola 6 ft solid dish, berapa jarak kedua lnb tersebut dan jarak titik pusat yang pas ya? trima kasih...
Comment Author Avatar
Anonim 11 Juli
salam kenal mas bro, saya pemain baru ni mau tanya ttg pemasangan 2 lnb yaitu palala dan timteng (asia sat) untuk 6ft solid dish, berapa jarak yang terbaik ya agar keduanya cling dan brp tinggi titik fokusnya?... matur nuwun mas broooo
Comment Author Avatar
kalo pake dish offset solid 80 cm, lnb universal single KU 01, riciever skybox a5 hd dapat ngelock satelit nss6 gak ato satelit apa saja yg bisa dilock, posisi saya di semarang atas
Comment Author Avatar
salamkenal buat moderator
Comment Author Avatar
mas ikut nanya dong
untuk jarak lnb asiasat5 ke insat3a brp cm ya?

nuwun
Comment Author Avatar
Mas Adun,,,kalau mau masang 4 lnb untuk palapa,telkom,asiasat 3 langsung measat gmn,,,,yang susah itu measat posisi letak dan jarak lnb juga 0 derajatnya gimana,,,mohon pencerahan makasih....
Comment Author Avatar
Mas Adun,,,kalau mau masang 4 lnb untuk palapa,telkom,asiasat 3 langsung measat gmn,,,,yang susah itu measat posisi letak dan jarak lnb juga 0 derajatnya gimana,,,mohon pencerahan makasih....
Comment Author Avatar
mas adun kalau 4 lnb untuk palapa,telkom,asiasat 3 langsung measat gmn....letak jaraknya untuk measat biar cling makasih...
Comment Author Avatar
mas adun kalau 4 lnb untuk palapa,telkom,asiasat 3 langsung measat gmn....letak jaraknya untuk measat biar cling makasih...
Comment Author Avatar
bisa tp paling cuma beberapa ch yg masuk, sy lom pernah coba
Comment Author Avatar
mas mau tanya untuk tangkap taicom5 bisa kah? memakai 5 lmb (palapa, telkom, asiasat3, asiasat 5, taicom?
Comment Author Avatar
kl pake 1 dish gak bs, bisanya pake 2 dish
Comment Author Avatar
Salam..., postingannya bagus..
mau tanya mas..., berapa derajat jarak maksimal jarak satelit paling barat dan paling timur mas? rencana mau pasang Ku Band untuk Jcsat di 124,0 E. Dan lnb yg sudah ada pada parabola fixed jaring jarak fokus/stik 1 meter adalah C Band untuk Asiasat 5 100,5 E dan Palapa D 113,0 E. Kan jaraknya selisih 23,5 derajat, apakah masih bisa Mas? terima kasih.
Comment Author Avatar
kl sat itu bisa gan, tuk mengetahui apakah sebuah satelit sinyalnya bisa ditangkap atau tidak bisa lihat di lyngsat, nanti bisa lihat beam satelit tersebut apakah sinyalnya terpancar ketempat agan ataukah tidak
Comment Author Avatar
Salam.
saya punya 2 lnb cband telkom, dan palapa lnb combo matrix, telkom dan palapa sudah lock tapi nyari kubandnya susah. setingan direcver gimana ya mas untuk yang kuBand soalnya klo dipakai tracking satelit KUBand gak ada satupun yang nyatol mas mohon bantuannya.
Comment Author Avatar
kl kombo memang yg ku kurang optimal cz dah terhalang yang c
Comment Author Avatar
ikut tanya mas...saya pake 4 lnb, palapa, telkom, asiasat3 dan asiasat5, saya pgn dpt sinyal beinsport, gmn caranya mas, mohon bantuannya,,maturnuwun...
Comment Author Avatar
tuk dapat bein sport adanya di asiasat5 (pake biss). jadi asiasat5 di optimalkan saja. sinyalnya cukup gede
Comment Author Avatar
salam kenal bung admin..............saya lagi mencari penggabungan palapa dg ses7 pd parabola 6 feet............kalo ada......mohon pencerhanan dan gambar...? trims
Comment Author Avatar
mas klo 12fit 4 lnb berapa jaraknya
Comment Author Avatar
jarak dari dasar dish ke lnb berapa?
Comment Author Avatar
Mas nanya saya pake dish solid 6ft 4 lnb c band dan rotator untuk dpt siaran ku band sebaiknya ganti 1 combo atau ganti ku aja
Comment Author Avatar
kl dah pake rotator, c ban nya bisa pake 1 saja, utuk dapat ku band, sebaiknya jangan pake kombo, tp pake ku tersendiri aja (sinyal lebih bagus) dan lebih bagus lagi pake ku prime fokus
Comment Author Avatar
mas adun salam kenal dari aq.mas....mau minta pencerahan aq pke disc jaring 6.5 feet 2 lnb dan 2 resiver.bagemana kalo di tambah 2 lnb lg untk menambah stelit.karna yang sekarang cuma palapa sama telkom .mksh atas pencerahannya
Comment Author Avatar
yup... salam kenal jg.

tuk 6,5 feet gak semua merk dish bisa dikasih 4 lnb, cz sebagian besar merk dish akan trobel antara telkom dan as7. tp kl 3 lnb sj, semua merk dish bisa(pal/tel/as5)