Cara Paralel Parabola 1 Parabola Untuk 2, 3, 4 Receiver

Cara Paralel Parabola 1 Parabola Untuk 2, 3, 4 Receiver - Pada umumnya satu antena parabola digunakan untuk satu receiver atau satu TV. Namun bila dalam rumah kita terdapat 2 atau 3 atau 4 TV, bagaimana caranya agar tiap-tiap tv dapat menangkap acara yang berbeda-beda? Tentunya parabolanya harus diparalel ke beberapa tv sesuai kebutuhan.

Jenis Paralel Parabola

Untuk memparalel parabola ke beberapa tv, sebenarnya ada dua metode. Yaitu Paralel Aktif dan Paralel Pasif. Lebih jelasnya bisa baca di: Sistem Paralel Parabola. Untuk skala rumahan lebih cocok menggunakan metode Paralel Aktif.

Dalam paralel aktif, tiap-tiap tv harus menngunakan receiver sendiri-sendiri. Tiap-tiap receiver tidak bisa serta-merta disambungkan secara paralel ke lnb karena pada lnb yang sekarang menggunakan sistem LNB-F yang artinya dalam satu lnb terdapat 2 polarisasi vertikal dan horisontal yang dipisahkan dengan switch.

Jika dari beberapa receiver secara langsung diparalel atau disambungkan menjadi satu, maka akan terjadi benturan perintah dari receiver ke switch yang tentunya akan dimenangkan oleh polarisasi horisontal karena switch ini menggunakan tegangan arus, yaitu Horisontal: 18v dan Vertikal: 13v.

Belum lagi kalau parabola kita menggunakan lebih dari satu lnb yang menggunakan switch 22k atau switch diseq, tentu akan ribet dan terjadi perebutan perintah receiver ke switch.

Memparalel 1 Parabola Untuk 2, 3, 4, Receiver

Untuk menghindari hal-hal diatas, tentunya cara memparalel parabola harus menggunakan komponen-komponen yang sesuai atara lain:

  1. Lnb 2R atau Lnb 4R atau Lnb dual polarity
    Lnb 2R digunakan untuk 2 receiver atau 2 tv. Lnb 4R digunakan untuk 3 atau 4 receiver atau 4 tv. Sedangkan Lnb dual polarity digunakan untuk banyak tv.

  2. Switch.
    Switch ini digunakan untuk pemasangan 2 lnb atau lebih. Jika hanya menggunaka 1 lnb saja, switch ini tidak perlu digunakan. Switch ini ada yang singgel switch, artinya jika parabola digunakan untuk 2 tv, maka switchnya harus 2, jika 3 tv, maka switchnya harus 3, jika untuk 4 tv, maka switchnya harus 4 dan seterusnya. Ada juga switch yang berbentu multi switch, artinya 1 switch bisa digunakan untuk banyak tv, namun lnb nya harus lnb khusus (Lnb dual polarity)

  3. Power divider.
    Power divider ini digunakan untuk memparalel lnb telkom 1, karena pada satelit telkom yang ada channel FTA nya hanyalah horisontal sehingga untuk menghemat biaya, cukup hanya menggunakan LNB singgel biasa. Sedangkan satelit lainnya harus menggunakan LNB 2R atau 4R. Power divider juga digunakan untuk pemasangan banyak tv.

Lnb 2 R digunakan untuk 2 receiver atau 2 tv. Sebuah lnb 2 R mempunyal 2 out yang kesemuannya bisa berpolaritas vertikal maupun horisontal. 1 out untuk 1 tv dan out yang satunya lagi untuk tv yang lain. Cara pemasangannya silahkan baca: Cara pasang 2 lnb 2 tv untuk pemula

Lnb 4 R digunakan untuk 3 atau 4 receiver atau 4 tv. Pada lnb 4R, terdapat 4 out yang masing-masing outnya juga bisa berpolarisasi vertikan dan horisontal tanpa mengganggu antara satu dan yang lainnya.

Lnb dual polarity digunakan untuk banyak tv. Cara pemasangannya bisa lihat di: Cara pasang parabola ke banyak tv.

Switch berfungsi untuk menggabungkan 2 lnb atau lebih. Tiap-tiap tv membutuhkan switch ini. Jadi kalau 2 tv ya butuh 2 switch, jika tv nya 3, switchnya juga3. dan kalau tv nya 4 maka butuh 4 switch pula. Jika menggunakan multi switch, maka yang dibutuhkan 1 switch saja karena multi switch ini gabungan dari beberapa switch.

Sedangkan untuk satelit telkom bisa menggunakan lnb engkel biasa. Agar outnya bisa menjadi dua atau empat, anda bisa menggunakan divider 2 out atau 4 out. Baca juga: Power Divider, Gambar dan kegunaannya.

Sedangkan cara pemasangannya sama seperti lnb biasa. Agar lebih bagus pemasangan switch antara receiver satu dengan lainnya disamakan saja.

Misalnya pada resiver satu, satelit palapa diseting dengan diseq 1 atau A, maka receiver lainnya pun satelit palapa juga dseq 1 atau A. Ini dilakukan agar tidak terjadi saling pengaruh antara switch satu dengan lainnya.

140 komentar untuk "Cara Paralel Parabola 1 Parabola Untuk 2, 3, 4 Receiver"

Comment Author Avatar
Anonim 19 Oktober
tolong dong mas, aku punya kesulitan pasang dua reciver dan pake lnb 2 r,(v/h) masing2 out ke diseq 4x dan swit 2x, untuk telkom aku pake lnb engkel dan tak kasih penyearah tegangan, kemudian masuk diseq 4x dan swit 2x

pada reciver pertama aku pake 22k untuk sat palapa n telkom, pada lnb ke-2 aku pake diseq 4x untuk palapa,telkom,asiasat3 dan asiasat5, yang jadi masalah pas reciver pertama on di rcti maka sinyal telkom (antv) ilang, terjadi tarik menarik tapi bukan dlm satu satelit, nyala bareng dlm satu satelit tidak masalah, solusinya gimana ya mas? maturnuwun sanget
Comment Author Avatar
gini ya, pemakaian 2 resiver/lebih tidak kompatibel dengan switch 22k, karena sistem switch 22k adalah berbasis freqwensi 22khz. ini sangat mengganggu freqwensi bocoran dari resiver yang lain. jika pakai 2 resiver saya sarankan anda pakai switch dseq. cara pemasangaannyapun harus sama tiap satelitnya. misalnya pada satelit palapa dengan dseq 1, maka semua resiver harus dseq 1 pada satelit palapa..
Comment Author Avatar
Anonim 30 Maret
mas saya baru belajar ni gimana ya cara pasang satu dish 2lnb 2recever mngunakan lnb biasa alat-alat apa saja yang harus ditambahkan.....??
Comment Author Avatar
Anonim 25 Oktober
ok bos matur nuwun dah di jawab.
Comment Author Avatar
Anonim 30 Oktober
nanya bos...aku psang lnb 4R 3resiver masing2 berjarak kira2 15m sampai 2om.1nya lgi 80an mter.yg jdi kendala kenapa yg 80an meter kok satelit telkom nya gak masuk.permasalahane apa mohon bantuan....trims
Comment Author Avatar
kemungkinan terbesar adalah karena arus suplai ke lnb telkom kurang dari 16 volt. arus yang dari resiver 18 volt sudah terhambat karena jarak yang terlalu jauh. solusiunya polrisasi telkom dirubah. yang seharusnya horisontal dibalik menjadi vertikal. untuk vertikal akan tetap nornal walaupun arus hanya 10 volt. pada resiver setingan semua channel diganti menjadi vertikal. atau yang paling bagus buka saja lnb. buang switch vertikal horisontal. penasangan lnb tetap terbalik (0 derajat ke arah utara/selatan). setingan resiver tetap semula ( horisontal tetap horisontal dan vertikal tetap vertikal).
Comment Author Avatar
Anonim 07 Maret
mas mau nanya power divider itu apa ya???apakah sama dengan spliter ?????mohon ilmu dibagi dong...apalagi ada gambarnya...
Comment Author Avatar
divider dan spliter hampir sama, cuma kalau divider menggunakan dioda penyearah agar setrumnya gak benturan yang membuat regulator rx cepet jebol..
Comment Author Avatar
OPSI A. LNB MATRIK DUAL POLARITY DI GABUNG LNB VENUS 8122
OPSI B.LNB DUAL C DIGABUNG LNB VENUS 8122

DISH VENUS MESH 7f
RECEIVER VENUS INOVA + RECEIVER BIASA.

1.DARI ITEM DIATAS BERAPA MAXIMAL SIARAN YG BISA KE TANGKEP PADA MASING MASING RECEIVER?
2.BISAKAH SAYA TAMBAH 1 RECEIVER LAGI?( TOTAL JADI 3)
3.DARI GABUNGAN LNB OPSI A ATAU B MANA YG PALING BAGUS DARI SEGI SINYAL TG DI DAPET.

TERIMAKASIH ATAS JAWABANYA.
Comment Author Avatar
1. untuk sekarang (2 lnb)jika pakai resiver dvbs-1 (mpeg2), channel yg didapat=56channel, sedangkan untuk resiver dvbs-1/2,(hd, mpeg2, mpeg4) dapat 144 channel (termasuk channel unggulan dari skynindo pada hari minggu dan senin). soal merk gak pengaruh.

2. jika pakai lnb dual polarity (baik model jadul/sekarang), dengan 2 lnb untuk 3 resiver ya bisa saja. saya pernah pasang 2 lnb untuk 14 resiver. (tp ngrangke switch nya super ribet dan sampe pusing 7 keliling) walaupun lom pernah nyoba, menurut perkiraan saya dengan 2 lnb bisa lebih dari 25 resiver (max kabel 100m)

3. kalau soal sinyal menurut pengalaman saya semua merk sama saja, asal kinerjanya masih normal.
Comment Author Avatar
Anonim 07 Juni
Bisa minta tolong kasih skema gambar untuk 2 LNB ke 3 received mas? Sekarang parabola ku 2 lnb untuk 2 received.. rencana mau nambah 1 received lagi
Comment Author Avatar
Anonim 19 April
mas aku dah coba pakai 5 lnb,tapi kok yang chinasat gak masuk,gmna ya mas
Comment Author Avatar
maksudnya gak masuk gimana? gak ada sinyal/masuk channel satelit lain? kalau di scan satelit chinasat malah yg masuk channel satelit lain mungkin perangkaian switch kurang tepat, silahkan lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html tp kalau satelit yg lain masuk dan chinasat gak ada sinyal, maka yg kurang tepat jarak antar lnb nya
Comment Author Avatar
Anonim 25 April
mas aku mau pasang telkomvision, kira-kira siaranya bisa dipararelkan dengan receiver lain agar siaran telkomvisionnya bisa diputar direceiver lain....bisa gak mas???? mohon bantuannya
Comment Author Avatar
@Anonim kalau tv langganan mau di paralel ya dua2nya resivernya harus berbayar semua dan jelas tak bisa kalau yg satu telkomvision dan yg satu resiver biasa (resiver biasa jelas tidak bisa buka siaran telkomvision)
Comment Author Avatar
Herman 13 Mei
Mas mau tanya, pemasangan 2 lnb dalam 1 dish untuk digunakan 2 reciver menggunakan switch 4x1 diseq2.0 bisa gak? Mohon bantuan, trim's
Comment Author Avatar
@Herman--- ya memang yg bagus tuk 2 resiver/lebih agar hasil optimal harus pke switch dseq 2.0, untuk 2lnb bisa pake 2X1 atau 4X1
Comment Author Avatar
Herman 13 Mei
2 lnb 1 engkel & 1 nya 2 out put..tambahan nya hanya switch diseq aja ya mas? Trus kalau boleh sekalian cara merangkai nya gimana? Trim's
Comment Author Avatar
@Herman--- tambahannya 2 buah switch dseq dan 1 buah divider, cara ngrangkenya sama dengan 4 lnb, cuma disini hanya menggunakan 2 lnb saja (palapa+telkom)
Comment Author Avatar
Herman 16 Mei
trim's atas jawabannya...insya Allah bermanfaat...tp masih boleh tanya lagi mas...LNB yg 2 out put ada tulisan LNB n RCV alias bawaan waktu pemasangan awal...
Comment Author Avatar
Anonim 04 Juni
mas gimana setting LNB Matrix Dual Polarity?
Comment Author Avatar
mas saya sudah pasang antena,namun tidak ada signalnya.?
bisa gak mas 1 lnb di pararel dengan 2 receiver.?
Comment Author Avatar
mas mau tanyak.saya sudah pasang 2 buah lnb,namun tidak ada signalnya,kira-kira apanya y mas yang kurang.?
Comment Author Avatar
terimakasih atas uraian artekelnya,
Comment Author Avatar
mas aq mwu tanya, gmana carax rceiver unisat gabung receiver tanaka telkomvision? (pake dish telkomvision)
Comment Author Avatar
ada beberapa cara:
1. lnb diganti dengan lnb 2r (lnb dual out). ini yg terbaik
2 anda bisa menghubungkan resiver unisat ke loop out pada resiver tanaka (jika ada). caranya dari lnb langsung ke resiver tanaka, terus dari resiver tanaka (loop out) anda hubungkan ke lnb in pada resiver unisat. (kelemahan cara ini adalah ketika tesiver tanaka sedang posisi vertikal, maka resiver unisat gak bisa dapat siaran cz satelit telkom yg ada channel fta nya hanya pada polarisasi horisontal.
3. dari lnb masuk divider dulu, dari divider (2 out) masuk ke resiver tanaka dan unisat. kelemahan cara ini adalah ketika resiver unisat posisi on, maka resiver tanaka gak bisa terima siaran vertikal.
Comment Author Avatar
om kaka ku msang parabola dg 4LNB.alat apa yang praktis dan g ribet biar 4 tv yg lain bisa punya canel sendiri2.trims
Comment Author Avatar
om kakaku masang parabola dg 4 LNB.apa ada alat yg praktis dan g ribet biar 4 tv lain nya bisa punya canel sendiri2.klo g ada sebutin alat apa saja yg dbutuhkn dan uraian cara memasang nya.atas waktu nya ucpkan trims.g
Comment Author Avatar
kl parabola pake 4 lnb maksimal hanya bisa untuk 4 tv saja. tiap2 tv harus pake rx sendiri2. 3 lnb harus diganti dengan lnb 4r
Comment Author Avatar
mas adun bagaimana kalau pasang dua reciver pada satu lnb gerak agar hasilnya optimal, Matur nuwun Terima kasih. Bisa minta no. hpnya kang ?
Comment Author Avatar
kalau dua2nya posisi on ya yg satu hanya bisa ngikuti rx masternya. Tp kl ditambah switch, jika salah satu rx posisi on dan yg satu off, maka yg rx yg on bisa ngatur posisioner
Comment Author Avatar
marzuki 27 Juli
Saat ini saya pakai dish dengan 4 lnb untuk menerima: palapa d, telkom 1, asiasat 3s dan asiasat 5, menggunakan diseqc. Bagaimana caranya agar dapat digunakan untuk penerimaan 2 receiver? Perangkat apa yang perlu ditambahkan? Bagaimana skema gambar pengkabelannya? Matur nuwun.
Comment Author Avatar
untuk lnb palapa, asiasat 3s dan asia5 harus diganti dengan lnb 2r. rangkaiannya silahkan Klik disini
Comment Author Avatar
Marzuki 01 Agustus
Kalau tanpa mengganti LNB, adakah cara lain dengan menambahkan perangkat lain misalnya switch, divider dsb?
Comment Author Avatar
switch H/V lnb single berada diatas oscilator tunggal dengan satu jalur, jadi dah gak bisa diakali. kecuali mematikan salah satu polarisasi seperti satelit telkom. satelit ini semua channel fta hanya berada pada polarisasi horisontal saja, makanya untuk pemasangan 2 rx atau lebih, satelit ini cukup menggunakan lnb single
Comment Author Avatar
Anonim 23 Agustus
mas,,saya pakai LNB dual 1pc untuk palapa,trus 1 lnb biasa untuk telkom ...saya menggunakan 2 Rx...

pertanyaannya...

bgmn caranya klo aq mo tambah 2 Rx lagi???

thx jawabannya
Comment Author Avatar
anda bisa mengganti lnb palapa dengan lnb dual 4 out.

atau bisa juga tanpa mengganti lnb, tetapi kedua output lnb dikasih divider. kalau mau lihat skemanya sabar aja cz postingannya belum selesai.

dengan cara yg kedua, jangankan tambah 2 rx, tambah 10 rx pun bisa
Comment Author Avatar
Mas Boz, mo nanya nih, untuk seting 2Lnb dual out untuk 2 Rx biar channel ga tarik2kan, maaf bhs orang awam mohon dibls, trims
Comment Author Avatar
>>switchnya jangan pakai 22k, tetapi pakai dseq.

>>penyambungan lnb ke switch harus sama (misalnya rx yg satu, lnb palapa disambungkan ke dseq 1, maka rx yg satunya lagi, lnb palapa juga harus disambungkan ke dseq 1.

>>setign satelit pada rx, 22k harus di off kan semua
Comment Author Avatar
trims bos adun atas penjelasanya, ni dah aku coba top dah..... satu lagi mas adun rencana mo pasang lnb quatro x2 biar dapat 2 satelit tp masih bingung untuk switchnya karena di daerah pemalang adanya switch 2x1, apa bisa pakai switch 2x1 4 buah
maaf baru belajar jd masih bingun
Comment Author Avatar
wah kl lnb jenis quatro penanganannya beda ama lnb quad. kl lnb quatro, sering terjadi kegagalan perpindahan switch dseq pada beberapa resiver. kl lnb quatro lebih baik pake switch 22k, tentunya dengan sedikit sentuhan.
Comment Author Avatar
mas mau nanya, saya pake lnb 2 output buat nyambungkan 2 reciver telkomvision. saya pasang 1 di luar dan 1 lagi di kamar. tapi kenapa tetap saja tiap tv luar di ganti channel vertical tv di kamar saya hanya bisa untuk nonton channel2 vertical. kemudian sinyal d tv luar lebih bagus drpd yang d kamar saya, sering hilang sinyalnya, apa panjang kabel juga berpengaruh. minta solsinya dong mas agar reciver kamar tidak terpengaruh reciver luar shg saya bisa bebas nonton channel v/h tanpa terpengaruh tv luar dan minta solusinya agar sinyal dalam kamar bagus seperti pada tv luar. terimakasih
Comment Author Avatar
kabel panjang max 100meter gak masalah, asalkan kabel masih normal. itu kemungkinan besar kabelnya bermasalah sehingga rx yg dikamar tidak bisa memsuplai arus lnb secara penuh. coba dicek kabelnya atau bila perlu kabelnya diganti.

kemungkinan lainnya adalah lnbnya rusak / setingan pada rx kamar mungkin tegangan lnb tidak di on kan.
Comment Author Avatar
makasih jawabannya mas, kemudian gimana caranya biar channel yg di kamar tidak terpengaruh yg d luar? soalnya kalo misalnya saya nyetel channel transtv d tv luar, tv kamar hanya bisa nyetel transtv, trans7, tvone, dan bbrapa channel yg jumlahnya sekitar setengah dr jumlah total tayangan. saya sudah pake lnb dual output venus ttp saja gitu. apa perlu tambahan perangkat lain? terima kasih mas
Comment Author Avatar
coba anda matikan rx yg diluar ( colokan listrik dicabut) dan nyalakan rx yg sdidalam. apakah bisa ada sinyalnya atau tidak...
Comment Author Avatar
Dimana mas saya bisa dapatkan power divider?ada solusi mas..
Comment Author Avatar
power divider bisa buat sendiri sob, anda bisa memenfaatkan bekas switch 22k/dseq yang sudah gak dipakai lagi, anda buka trus komponennya dibuang dan diganti dengan dioda 1 amper. anda bisa lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/07/power-divider-gambar-dan-kegunaannya.html jika terjadi saling pengaruh antar satelit, anda bisa tanyakan keluhan anda diblog ini. saya belum sempat untuk nulisnya cz sangat banyak sekali trik untuk ngatasi masalah ini
Comment Author Avatar
Mas saya pake lnb dual output untuk nyambung ke decoder skynindo dan satunya ke reciver biasa, kenapa siaran bayar skynindo tidak ada signal ( siaran paket skynindo tidak keluar )
Comment Author Avatar
mungkin lnbnya bermasalah
Comment Author Avatar
mas,saya pakai lnb s,c dan kuband (singgel out)dan pakai switch diseqc 4 x 1 , kalau mau dipakaikan 2 receiver pakai switch apalagi ?
dan skema pemasanganya bagaimana?
trims b4
Comment Author Avatar
kl lnbnya single out ya harus diganti dengan lnb 2r
Comment Author Avatar
Mas saya mw masang yg lnb twin, yg ouput nya 1. mw dipasang pada dua reciever. apa dengan divider keluaran dari lnb twin, siaran dua rec tidak perpengaruh polaritas di rec 1 dengan yang ke 2. soalnya di lnb twin kan udah ada switch 22k.
Comment Author Avatar
ya gak bisa. untuk 2 receiver lnbnya harus lnb 2r/dual out
Comment Author Avatar
Anonim 23 Februari
Mas, sya pake parabola dua lnb c-band, pake 2 receiver. Receiver 1 jraknya krang lebih 15m, receiver 2 skitar 35-40m. Yang terjadi,ketika receiver digunakan bersamaan semua channel dapat disiarkan pada satu satelit meski tergantung polarisasinya dari receiver 1. Anehnya, ketika receiver 1 dimatikan maka sinyal rcti pada receiver 2 langsung hilang,yg lainnya normal. Itu kira2 kenapa ya mas? Mohon solusinya. Oh iya receiver 1 sya gunakan merk jensen yg hnya bisa menangkap satu satelit saja karena 22k nya tidak aktif karena petir,sedangkan receiver 2 saya gunakan venus hd inova yg baru 1 minggu saya gunakan. Mohon pencerahannya mas. Bisa juga melalui email ronal.dody@yahoo.co.id . Trima kasih
Comment Author Avatar
wah ini gimana ya? lnb nya 2r? switchnya pake apa?
Comment Author Avatar
Mas semisal saya pake 2 lnb, 1 lnb dual polarity (utk palapa) dan 1 lnb single (utk telkom) dan menggunakan 2 receiver bisa atau tidak?? kalo bisa perangkat switch apa saja yang digunakan?? terimakasih..
Comment Author Avatar
bisa, tp jika lnb nya lom beli, mending beli yg 2r saja. kalau pakai yg dual polarity pemasangannya agak ribet
Comment Author Avatar
Anonim 05 Maret
Gan mohon bantuanya,dimana cari receiver yg sdh ada sensor motornya,Contoh model Venus Miliennium EP HD Ready,Mohon Pencerahan,Tks
Comment Author Avatar
kayaknya sekarang gak ada bro, kalaupun ada susah cari motornya cz motor dan posisioner tidak dijual terpisah, kalau beli motornya tok, harganya jadi mahal
Comment Author Avatar
mas rangkaian divider bagus nya pake 1n tw dioda saja.!saya ru pasang 4rx lnb 2out keluhan nxa lw palapa saja nolmal,pas yg rx1 pindah ke telkom rx yg lain nya jd ga da sinyal,kira2 pa yg salah,y.?
Comment Author Avatar
ya sama aja. kl terjadi trobel masalahnya bukan dari dividernya, tp pada switchnya
Comment Author Avatar
Salam Mas ADun,
Saya pasang parabola biasa di rumah, krena di kampung saya jelek untuk tangkap TV swasta Nasional..mo tanya total budget jika saya mo pake 2 resiver mas??
saya ada 2 TV di rumah...

NB: harga beli parabola +1 paket resiver+ pasang = 880rb mas...bulan kemaren.

Terimakasih Mas Adun, ini sangat mebantu sekali.
Comment Author Avatar
mas adun..
Saya punya satu lnb dua resifer dan satu lnb satu resifer,gimana cara menggabungkanya dalam satu parabola agar bisa untuk tiga resifer soalya anak saya suka kartun, mamanya suka sinetron simbah suka sama bola,untuk rangkaian dividernya kira2 seperti apa bisa ga di kirim ke email murino.mutho@gmail.com.trimakasih mas..
Comment Author Avatar
pake cara ini bisa: http://najwatehnik.blogspot.com/2012/10/pasang-3-atau-4-resiver-dengan-lnb-2r.html atau kalau ragu bisa pake lnb 4r
Comment Author Avatar
mas saya mau nanyi nih, saya mau pasang 1 piring parabola dengan 4LNB dan 4buah receiver apa saja yg dibutuhkan, untuk skema pemasangan gimana yah, maksih berat yah
Comment Author Avatar
untuk 4 lnb, sebaiknya minimal dishnya 8ft. kl pemula lnb nya 4r semua.
Comment Author Avatar
Anonim 24 Juni
Salam
Mas Adun

Saya mau tanya kalau untuk receiver parabola yang versi mpeg4 bisa dibuat paralel atau tidak? (dibuat untuk 2 tv yang berbeda). Apa saja yang harus saya butuhkan?

Cat: Kalau bisa siarannya berbeda tv dengan tv yang lainnya.
Comment Author Avatar
ya bisa aja bro
Comment Author Avatar
mas saya mau mintak tolong,cari solusi nya buat 1 parabolo 2 resiver.tampan tukar LNB nya.bisa di bantu gak mas
Comment Author Avatar
gak bisa mas. kalau lnb tidak diganti, nanti palapa v gak dapat ketika rx satunya posisi h
Comment Author Avatar
Anonim 19 Mei
SALAM KENAL,
Mas mau nanya; saya dulu pakai 1 parabola dengan 2 lnb 2 devider,2 receiver (mpeg 2) semua sinyal bagus tapi yang 1 tidak ada sctv,antv,trans tv lalu saya ganti yang mpeg 4 kok tidak ada sinyal,saya coba lagi yang mpeg2 kok ada tapi yang mpeg4 tetap tidak ada.saya coba pindah ke receiver yang satu disana sinyalnya bagus.
kok tidak ada sinyal, kenapa ya mas di tempat yang satu?.
matur nuwun jawabanya,Barakallah.
Comment Author Avatar
kemungkinan setting satelit tidak tepat.
Comment Author Avatar
Anonim 21 Mei
Salam kenal mas..
pada positioner tulisan er2
dish tidak bergerak diam ke pojok bawah..
knp yah mas? solusinya gimana yah?
thank you yah mas..
Comment Author Avatar
mas sy pasang 2 lnb untuk 3 Rx, menggunakan LNB 2 output, dan diseq 1x4, seting utk palapa H setiap Rx diset pada diseq LNB1, palapa V lnb 2, telkom lnb 3, tapi ketika dinyalakan bareng antara telkom dan palapa terjadi intervensi, ketika Rx 1 palapa V, rx2 telkom, Rx1 hilang, begitu juga ketika Rx 2 palapa H, rx 3 palapa V, rx3 tidak keluar sinyal, padahal set voltsnya sudah disesuekan antara H dan V, ini kenapa ya mas? mohon solusinya
Comment Author Avatar
mas, saya mau tanya,,,di tempat saya ada 4 tv dengan terkoneksi masing2 1 dekoder dan 1 antena parabola,,bisa gak 4 tv dan 4 dekoder tersebut hanya menggunakan 1 antena saja?
saya menggunakan IND*VISION
Comment Author Avatar
jika langsung saja di pasang swit pada kabel antena bisa gak? atau conect gak?
Comment Author Avatar
Mas saya punya punya parabola pake lnb merk venus, satu untuk palapa satu lagi untuk telkomsel. Dan pake 1 receiver. Saya mau nanya ni. Bagaimana cara memasang 2 receiver dalam satu parabola dan alat apa saja yg di butuhkan?
Comment Author Avatar
sama kaya yg 1 resiver, hanya lnb nya harus diganti yg 2r. lnb 2 r kan ada 2 outnya, masing2 out disambung ke switch kemudian resiver masing2,
Comment Author Avatar
alat apa sajah yang di butuh kan saya mau buat satu disk untuk dua recever?
Comment Author Avatar
Anonim 13 Maret
Mas sy mau nanya, sy pakai 1 lnb 2r (palapa) dan 1 lnb single telkom (pakai spliter).
Saat receiver 1 di telkom, signal palapa di receiver 2 menghilang (cuma bisa akses telkom). Namun saat receiver 1 kembali ke palapa, receiver 2 normal kembali.
Mohon pencerahan nya dan terima kasih
Comment Author Avatar
Anonim 26 Maret
Untuk splitter nya sy pakai venus spliter (2 output), sementara utk switch nya masing2 sy pakai dseqc (4 input), karena rencana nya akan sy tambah 2lnb lg, lnb3 utk receiver 1 dan lnb4 utk receiver 2. Utk saat ini, yg terjdi mslh ada di receiver 2 (seperti yg sy utarakan sebelumnya).
Jarak parabola ke receiver 1 dekat, sementara dari parabola ke receiver 2 kurang lebih 15m (kabel).
Sy mohon pencerahan nya mas. Sblmnya sy ucapkan terima kasih.
Comment Author Avatar
dicoba dulu palapa dseq 1, dan telkom dseq 3. trus pada resivernya switch 22k di off semua.
Comment Author Avatar
Anonim 27 Maret
Sdh dicoba mas,
pada dseq A (palapa=dseq1, tekom=dseq2)
pada dseq B (palapa=dseq1, telkom=dseq3)
22K di receiver A dan B off semua
Namun hasilnya tetap sama mas, kedua receiver hanya bisa di satelit yg sama.
Mohon maaf mas sy jd bnyk nanya, soalnya sy msh awan dan sedang belajar. Barangkali ada solusi lain, sy mohon pencerahan nya.
Comment Author Avatar
master minta tlg dijawab dong..
ane pake 4 Lnb
2lnb dualout, 2yg biasa singleout
skrg uda pke diseq masing2..rx1 4lnb pke diseq ,rx 2 palkom .
pertanyaannya..
bisa gak sy mau nambah rx ke3 gmna caranya.. biar rx 1 tetap 4lnb dan rx 2 dan 3 ttp palkom,
bsa kah pakai multiswitch 4×4.
trus gmana rx 1nya biar ttp lnb.tks
Comment Author Avatar
wah gak bisa, lnb nya harus ganti yg 4 out, kl pakai multiswitch nanti akan hanya dapat 4 polaritas saja
Comment Author Avatar
Minta bantuannya mas

1 bh lnb 4R
1 bh lnb engkel
3 bh dseq switch 4x1

3 LNB out 4R disambung ke 3 dseq switch untuk 3 receiver
sedangkan untuk lnb engkel telkom dismbung parallel ke 3 dseq switch.
ada saran lain agar performa lebih yahud ?
Comment Author Avatar
Pagi mas...
saya mau nanya, saya kan punya parabola bekas saya pasang Tv berlangganan, namun sudah tidak di pakai lagi, namun masih terpasang.
misalkan saya pakai receiver biasa merk ex : Venus,Golsat,Matrik, dan sebagainya apakah bisa di gunakan?

mohon pencerahannya.
Comment Author Avatar
bisa, untuk chanel lokal saja.
Comment Author Avatar
Mas bisa minta pin ? Ada yang mau dikonsultasikan masalah reciver turbo 3 hd pvr .mohon bantuanya
Comment Author Avatar
Anonim 21 November
mau nanya,saya punya parabola 2 lnb,kalau mau buat 2 receiver alat apa saja yag harus dibeli?saya kurang faham karena masih awam.terima kasih
Comment Author Avatar
tambah 1 receiver, bisa tambah 1 lnb lagi yang 2r, 1 switch diseq, 1 divider, dan kabel. atau kalau tambah 2 lnb 2r gak perlu divider.
Comment Author Avatar
Anonim 21 November
kalau yang simpel yang mana?dari parabola kan satu kabel out,spy bisa 2 receiver pakai apa lagi?bisa kasih gambar yang sdh di rangkai?terima kasih
Comment Author Avatar
Anonim 21 November
bisa minta no tlp gak?saya mau nanya detailnya.
Comment Author Avatar
kl mau konsultasi paka WA aja bro. 081 325 777 337. kl mau dapat palapa H + V lnb harus ganti
Comment Author Avatar
Anonim 13 Januari
mas mau tanya, skema pemasangan untuk 2 lnb masing-masing 4 out untuk palapa dan telkom, akan dipakai untuk 4 receiver iu bagaimana....?
terima kasih.
Comment Author Avatar
Hampir sama dengan ini.

Cuma kalau 4 tv lnb nya kan lnb 4r. dalam paket lnb 4r kan ada 2 lnb 4 out, 4 switch, 8 kabel rakit, ring.

cara merakitnya gampang saja. lnbnya kan ada 4 out. masing2 out dipasang kabel rakit dulu. kan ada 8 buah kabel rakit. 1 lnb 4 kabel rakit dan 1 lnb lagi 4 kabel rakit.

sekarang 4 kabel rakit dari 1 lnb dipasangkan ke sambungan switch 1 (untuk satelit palapa, dan 4 kabel rakit yg satunya disambungkan ke switch 2.

terus dari switch disambungkan ke masing2 receiver
Comment Author Avatar
Anonim 13 April
ma'af bang mau tanya, berdasarkan blognya abang yang saya baca kalau buat power devider sendiri dari disecq bekas, max panjang kabel dr power devider ke receiver berapa meter..?
terima kasih.
Comment Author Avatar
itu tergantung receiver bro, kl receiver jelek paling 50mtr, kl receiver standar sekitar 75mtr, kl receiver bagus bisa 100 mtr masih lumayan bagus.

kecuali kl lnb dikasih suplai tersendiri, 100 mtr ttp aman
Comment Author Avatar
Anonim 20 April
terima kasih atas infonya bang.
Comment Author Avatar
Mas, mohon penjelasannya,dirumah orgtua saya pasang parabola merk venus, tp itu dr moslemvision yg udah ada channel2 sendiri, bisa gak saya nambah 1 receiver tp channelnya saya cari ulang tnpa mmpengaruhi channel2 di receiver yg pertama? Kalo bisa apa aja yg harus dilakukan mas, Mohon penjelasannya secara lengkap ya mas, soalnya baru pertama jd takut kena marah ortu, hehe
Terimakasih banyak maas
Comment Author Avatar
kl yg sudah ada cuma 1 tv, trus mau ditambah 1 tv lagi, lnb nya harus ganti lnb 2r. kl gak ganti, nanti bisa bertabrakan beda polaritas
Comment Author Avatar
Bg mau tanya ni saya pasang 2lnb 2rx, rx mpeg4 normal smua rx mpeg2 kok hanya bisa nerima 13v jika dirubah ke 18v rx mati dan lampu berkedip, saya coba di kabel yg punya mpeg4 pun sama saja, gmana solusi bg?
Comment Author Avatar
Rx mpeg2 dicoba nyalakan tanpa kabel dari antena. kl 18v nya bisa hidup berarti ada yang rusak atau lemah dibagian arus 18v.
Comment Author Avatar
Ya bg emg uda lemah tu, jadi saya balikan lagi ke lnb tunggal uda normal, tpi ada masala lagi, tiang fokus dan lnb kami saling tukar dish nya tpi yg lnb dual out kok sinyal gk mau naek y bg?
Cuma sbatas 40% sctv, mnc 37 dan cekot2, trans grup cekot2, gmna caranya ya bg?
Uda seting mounting dan bart timur juga tpi blom di seting utara selatan karna gk ada kuncinya
Comment Author Avatar
Panjang tiang fokusnya nya sama atau gak?
Comment Author Avatar
Sama bg, yg dish satu lagi aman bg dish yg dual out yg sinyalnya jelek
Comment Author Avatar
kl sama berarti panjang fokusnya sama. trackingnya yg kurang maksimal. dishnya apa?
Comment Author Avatar
Dish biasa bg, yg 1 baru yg 1 uda lama punya mertua, dish jaring bg
Yg dish baru pun ada masalah jga, tiap di seting uda bgus tpi blom 1 hari langsung sctv kalo gk tran7 hilabg sinyal, uda 10x lbh dibneri tetep gtu aja, dish baru penampakan mata mash bgus tpi apa uda baling atau dish murahan gk tau juga bg
Yg sinyal 40an tidak naek ini dish yg lama bg
Comment Author Avatar
trackingnya dimaksimalkan bro, naik turunnya lnb juga berpengaruh banyak.
Comment Author Avatar
Ya bg sudah berbagai cara bg, bru aja ni turun bg, gk bsa juga, sinyal rcti 40, smua hilang
Ampun lah
Comment Author Avatar
dishnya berarti. permukaannya diratakan
Comment Author Avatar
Apa pengaruh bg tiang fokus beda dish maka sinyal nya sulit didapat?
Tpi kok dish yg 1 lagi aman bg?
Yg 1 lagi kok susah bnget rcti 40 sctv ilang dan jga sebaliknya
Comment Author Avatar
kl merk nya sama gak masalah. kl beda sering bermasalah cz kadang oblak
Comment Author Avatar
Baru saja bneri mentok di 45 sctv, 43 rcti, 38 metro, tvone 36 gk nampak gambar, telkom no sinyal, beda merk memang bg, yg bru 2 bulan beli merk paraclip, yg 1 lagi dish lama uda bertahun2 tpi feet nya sama kyaknya bg, saya pasang berdekatan
Kemaren niatnya mau lnb aja yg di tukar tpi karna uda berkarat dan uda dol jga bautnya jdi fokusnya aja saya cabut saya pindah
Comment Author Avatar
Siang Pak,
Pada Dish topas tv (Lnb C-band) saya tambahkan Lnb Ninmedia digabung dengan disecq switch baru ke Receiver Topas (ini sudah berjalan normal).
Jika setelah disecq switch (persis sebelum Receiver, +/- 20m dari Dish)saya bagi ke dua Receiver apakah bias?
Lalu bagai mana caranya (alat apa saja yang harus ditambahkan)
Comment Author Avatar
ya trobel gan. jika 1 receiver meminta c dan satunya ku, maka salah satu akan kalah.

Jika kebutuhan lnb c hanya horisontal saja, maka bisa dikasih spliter. dari lnb c masuk spliter, dari spliter kan sudah jadi 2 out. masuk ke diseq. dari diseq baru ke receiver. out yg satu lagi juga masuk ke diseq (jadi diseq nya 2).

Jika kebutuhan pada lnb c adalah vertikal horiosntal, maka lnb harus diganti.

untuk lnb yg ku gak bisa di spliter. harus pakai dual out atau pakai yg sudah ada tapi di modif dulu.
Comment Author Avatar
Mas saya mau pasang 4 lnb untuk 4 tv alat2 nya apa saja type lnb, switch/diseq tanpa memakai lnb quatro bisa kah? Skemannya gmana mas? Makasih
Comment Author Avatar
Pakai lnb 4r/4out 2 dus. 1 dus berisi:
*2 lnb 4 out
*4 buah diseq 4x1
*8 buah kabel rakit
*1 ring dobel dan baut2

Tinggal dirakit saja. tiap out dari tiap lnb masuk ke switch masing2. 1 switch untuk 1 tv. Jadinya nanti sisa 4 buah diseq 4x1, bisa disimpan untuk cadangan

Perakitan lnb seperti perakitan 4 lnb biasa. Bisa baca di: Merakit 4 lnb
Comment Author Avatar
Itu pakai lnb 4 out jadi total 4 buah ya mas, kalau pakai lnb dual out polarity V/H gmana mas? 4 satelit untuk 4 receiver. Terimakasih sebelumnya
Comment Author Avatar
Anonim 26 Oktober
Mas mau tnya...1 parabola saya hub utk 2 receiver...cm jika 1 receiver saya matikan tiba2 sinyal di tv sblh dg receivernya juga hilang...gmn itu mas?
Comment Author Avatar
Itu berarti tv yg sinyal hilang tidak mensuplai arus ke lnb. Bisa di cek2 setingan receiver, sambungan dan switch
Comment Author Avatar
mas,lnb palapa saya dual out yg telkom 4 single out tp saya kasih power divider,nah pas tv satu nyetel trans7 sinyal tvri di tv satunya turun dan gambar jadi pecah,tp pas dilakukan sebaliknya sinyal tvri di tv satunya tidak terpengaruh. sudah saya coba tukar rx-nya(sama2 tanaka) tidak ngaruh.apa karena switchnya beda satu mmp satunya matrix,pemasangan lnb1 sama2 palapa,ataukah karena kabelnya beda satu ven** satu kita**
Comment Author Avatar
Penyebab bukan switch, bukan receiver, bukan kabel. Tapi benturan frekuensi yang sama. Solusinya coba rubah posisi telkom jadi vertikal (dengan memutar lnb 0 derajat arah utara selatan) caranya silahkan baca: Merbah telkom ke vertikal.

Kl belum fix silahkan ganti dividernya dengan buatan sendiri Menbuat Divide. Pasti beres
Comment Author Avatar
makasih ilmunya mas.
semalem saya blind scan palapa kok ada xing kong,rusian today,channel v,dubai sport, euronews.
dulu pernah tuker posisi lnb, pas scan asiasat7 yang masuk cenel palapa semua ternyata kabel rakit di asiasat7 lepas dari konektornya kesangkut tutup lnbnya.
Comment Author Avatar
Itu chanel-chanel milik matrix garuda. Sekarang masih fta, mungkin kedepannya harus pakai receiver khusus
Comment Author Avatar
tanya lagi mas
kemaren lnb-nya udah diputer polaritasnya sinyal jg udah gak turun,tp yg masih jadi masalah setip nyetel tvri dan kompas trus tv lainnya ganti cenel yg ada di satelit lain pasti sinyal ilang selama beberapa detik,padahal sinyal kompas tv 69.sejak sebelum pake power divider jg gitu kenapa ya mas?
Comment Author Avatar
Masalah seperti itu penyebabnya ada 2:
1. Nilai sinyal kurang padat (penyebabnya bisa beberapa hal)
2. Posisi frekeunsi sedikit melebar

Coba frekuensi dan atau symbolratenya dinaikkan atau diturunkan 1 atau 2 digit (coba satu-satu)
Comment Author Avatar
udah sering mas saya utak atik misal 3673 jadi 3672 tapi gak ngaruh...,scan ulang jg udah sering.
Comment Author Avatar
Wah berarti di kekuatan sinyalnya
Comment Author Avatar
Kakak mohon petunjuk ..
Aku ingin menggunakan 8 TV dan 8 receiver..
Umtuk pemasangan nantinya LNB satelit palapa memakai LNB dual polaritas dan yg untuk satelit telkom memakai LNB singgle atau LNB yg lama dari bawaan yg semula,apakah bisa kak apabila untuk yg satelit telkom bukan menggunakan LNB dual polaritas melainkan memakai LNB yg lama atau LNB singgle..
Dan kalaw bisa apakah untuk LNB singgle telkom tersebut harus di beri tambahan yaitu divider
Comment Author Avatar
Bisa, untuk telkom kan hanya di polaritas horisontal saja yg ada chanelnya. Telkom nya masuk di h/18v 22k on (multiswitch)
Comment Author Avatar
Mas,saya pake lnb dual pol untuk 4 receiver. setiap salah satu receiver dipake untuk menonton channel berpolaritas H di satelit palapa kenapa frekuensi nex parabola 4140v30000 di receiver yg lain jadi drop los sinyal??
Comment Author Avatar
Mungkin ada yg gak normal bro. Kl normal pasti baik2 saja. Masalah bisa di lnb atau di multiswitchnya.

Coba di cek lnb nya tanpa multiswitch. Satu out masuk ke receiver dan out satunya masuk ke receiver lainnya. Nyalakan keduanya apakah ada yg ngedrop atau tidak. Kl tidak ngedrop berarti lnb baik2 saja. Kl ngedrop berarti lnb bermasalah. Lnb bermasalah bisa pasang untuk telkom dan lnb telkom bisa dipindah untuk palapa

Kl lnb baik2 saja berlaih ke multiswitch. Jangan lupa dua out dari satu lnb dipasang dengan switch yg sama. Maksudnya kl 0k ya keduanya harus 0k. Kl masuknya di 22k ya keduanya harus di 22k. Kl seperti itu ttp trobel bisa dicoba dipindah2. misal palapa tadinya dapat 0k dirubah ke 22k
Comment Author Avatar
Maaf mas,saya hanya pengguna bukan teknisi.apa mungkin pemasangannya yg salah? Karena lnb baru beli berikut multiswitchnya.pengaturan 22k di receiver palapa off telkom on
Comment Author Avatar
Oya. coba ditukar dulu lnb nya. yg tadinya palap dipindah ke telkom dan yg telkom dipidah ke palapa
Comment Author Avatar
Bos... saya punya lnb 2 buah, single output semua, dan dipasang 1 buah switch diseqc 4X1, dulu kan masih pakek 2 satelit, telkom 2 dan palapa D.
Sekarang saya pakek K vision jadi otomatis yg dipakek cuma 1 lnb aja untuk satelit telkom 4.. kabel jumper dan switch diseqc nya udah dilepas, tapi diparabola masih terpasang 2 lnb, yg satu gak kepakek.. misal yg satu itu saya conect ke receiver ke dua bisa gak bos .? Jadi satu lnb satu receiver tanpa harus pakek switch diseqc lagi..
Comment Author Avatar
Harus dirubah dulu ke satelit lain