PARABOLA LANGGANAN ATAU BEBAS IURAN BULANAN SEMUA TERSERAH ANDA

Parabola digital merupakan sulusi yang tepat dalam mengatasi siaran tv yang banyak semutnya, gambar berbayang, dan lain sebagainya. karena parabola digital mampu menyajikan gambar yang sempurna, jernih tanpa satupun semut yang menghiasi. disamping itu parabola digital dapat menyajikan banyak channel-channel lokal maupun manca negara.

Namun saat ini ada dua pilihan dalam pengadaan parabola digital ini. yaitu parabola berlangganan atau berbayar alias tiap bulan harus mbayar kalau tidak mbayar otomatis gambarnya hilang. dan yang kedua adalah parabola digital FTA (free to air) atau gratis alias tidak usah mbayar tiap bulannya dan gambarnya hidup terus.

bagi kalangan menengah keatas parabola langganan karena penghasilan mereka banyak tentu saja tidak masalah jika tiap bulan harus mbayar 65 sampai 300 ribuan. namun bagi kalangan menengah kebawah jika tiap bulan mengeluarkan uang segitu tentulah terasa berat. pilihan tepat bagi kalangan menengah kebawah adalah parabola digital bebas iuran bulanan. walaupun ada kekurangannya, namun banyak juga kelebihannya.

parabola langganan dari segi channel-channelnya memang kelihatan menarik karena parabola langganan ini berisi channel-channel unggulan. misalnya ESPN, GOAL TV, NICK KARTUN NETWORK, NATIONAL GEGRAPHIC CHANNEL, STAR MOVIE, CELESTIAN MOVIE, dan lainnya. namun sebenarnya bagi saya channel-channel ini sangat membosankan karena yang ditayangkan hanya itu itu saja. misalnya sepakbola, bukannya siaran langsung tetapi siaran tunda dan ditayangkan berulang-ulang. demikian movies yang tiap minggu diulang dan ditayangkan lagi.

keunggulan parabola langganan menurut saya adalah terletak pada channel lokalnya. karena dia ngontrak tayangan sepakbola sehingga parabola yang tidak berlangganan diacak. sepakbola tidak semuanya dikontrak oleh tv langganan. terbukti piala dunia tahun 2006 dan tahun 2010 semua tv langganan diacak dan tidak bisa menayangkan siaran langsung piala dunia. sangat ironis memang dan merugikan pelanggan.

untuk saat ini sebagian parabola langganan mulai mengganti pelayanan mereka. misalnya telkom vision dan skinindo. mereka merubah cara berlangganan dari yang semula pasca bayar menjadi prabayar. cara ini lebih fleksibel. pelanggan tidah harus tiap bulan mengeluarkan iuran melainkan dapat membeli voucher kapanpun dia mau. jadi parabola jenis ini bisa langganan dan FTA (tanpa iuran bulanan). jika pelanggan tidak ingin nonton channel telkom vision mereka tetap bisa monton channel FTA. dan suatu saat ingin nonton channel telkom vision mereka tinggal membeli vouchernya dan otomatis channel telkom vision aktif.

untuk parabola bebas iuran kelemahannya adalah jika ada tayangan tv yang dikontrak oleh provider parabola langganan maka tayangan tersebut akan diacak alias tidak ada gambar. maklumlah wong namanya gratis ya harus mengalah. keunggulannya adalah mampu menangkap ratusan channel secara gratis. bahkan bagi para pak/bu HAJI yang rindu tanah suci mekah dan medinah dapat nonton tayangannya secara langsung. channel ini tidak ada pada parabola langganan. juga yang ingin nonton liga arab ya parabola bebas iuran jawabannya. siaran sepakbola full seperti di channel saudi sport, al-kass, jsc glabal, dan lainnya. tayangan movie, simema, kartun, fashion juga ada. semuanya full gratis-tis.

kelemahan parabola bebas iuran yang kedua adalah dis atau piringan parabola ini cukup besar sehingga memakan tempat. ukuran terkecil yang sudah mencukupi adalah 6 feet. atau dengan kata lain diameternya 1,8 meter. namun dengan satu dis dapat dipakai 4 tv sekaligus dengan siaran berbeda. hal ini tidak bisa pada parabola langganan.

22 comments:

  1. Salam Kenal Mas!!
    Mau Tanya, saya Pake 2 LNB dan pengen punya banyak siaranya gemana caranya (Selain TV Lokal)?
    saya baca2 sekarang lagi hot2nya satelit yamal, itu bisa gx mas pake 2 LNB tanpa merubah posisi parabola?
    Masih sebelumnya mas!!

    ReplyDelete
  2. kalau pakai 2 lnb untuk channel fta palapa dan telkom. channelnya cuma 40an. kalau mau lebih ganti aja rx nya pake yes tv, tp harus ngeluarin uang tiap bulannya. atau tambah lnb juga bisa. 3lnb = 115 ch. 4lnb = 165 ch. 5lnb = 210ch. tuk yamal 202 letak satelit berada disebelah barat, jd harus pake hidrolik. untuk daerah jawa dish minimal 8ft.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mas anto, menarik sekali menyimak tulisan2nya di blog ini menambah ilmu, sekaligus bikin pengen nyoba pasang sendiri parabola,... btw apakah bisa satu antena parabola digunakan sekaligus untuk layanan free to air dan layanan berbayar (misal pake yes TV) ? kalo bisa gimana cara instalasinya? tks....alot...
    hadi-jombang

    ReplyDelete
  4. @Anonim--bisa saja. yg berbayar sprti telkomvision/Skynindo. jd kalau lg gak pingin beli channel premium kita gak usah isi foucher tp masih bisa lihat yg FTA

    ReplyDelete
  5. Mas Adun: di rumah saya pake telkomvision, awalnya masih bisa nonton siaran nasional seperti indosiar, trans 7, trans tv, rcti, sctv, mnctv, dll. tapi sekarang koq cuma bisa yg sctv dengan mnctv aja yah? pernah sih telpon customer service-nya, mereka bilang harus bayar iuran dulu padahal saya kira TV-TV nasional itu FTA. Apa saya salah ya?

    ReplyDelete
  6. @Anonim-- kalau telkomvision untuk tv nasional memang gak ada harga paketnya. kalau anda beli paket channel premium otomatis channel nasional terbuka. untuk channel FTA rcti, sctv, indosiar, global, mnc tv. berada pada satelit Palapa d. bukan di telkom 1

    ReplyDelete
  7. Mas Salam Kenal Saya mau nonton siaran langsung makah atau madinah TV mana yang nyiarin dan satelitnya apa ? Thanks

    ReplyDelete
  8. yg nayangin siaran langsung mekah adalah chanel saudi Qur'an, dan medinah di chanel saudi sunnah. keduanya ada disatelit asia5. posisi satelit ini di 100⁰E. satelit ini sangat mudah ditangkap di wilayah indonesia

    ReplyDelete
  9. mas adun, saya syarif..
    apakah bisa menangkap saudi qur'an dan saudi sunnah dengan dish dan receivernya tv berlangganan???

    ReplyDelete
  10. kl dish tv langganan kayaknya gak bisa cz dishnya terlalu kecil, minimal 6 ft. kl reciver sebagian tv langganan bisa

    ReplyDelete
  11. nama saya fajarx ,saya ingin orang tua saya bisa liat kegiatan di mekah/madinah, kira2 apa saja yang dibutuhkan?maklum saya pemula sayang ingin yang free gtu..maksimal hanya menyediakan prangkat keras saja

    ReplyDelete
  12. yg dibutuhkan seperangkat antena parabola yg terdiri dari:
    1. tiga buah lnb c-band beserta switch. kalau hanya ingin mekah/medinah saja (tanpa chanel lokal) cukup pakai 1 lnb saja.
    2. dish minimal 5 feet dan tiag dish
    3. resiver

    ReplyDelete
  13. Kelebihan lain dari FTA dibanding Pay TV adalah kualitas visual di parabola FTA lebih mulus, stabil & jernih dibanding siaran parabola berbayar. Coba saja di check untuk setiap Channel yg sama yg ada di FTA juga Pay TV, karena di sini terlihat sangat jelas kalau di pay tv gambarnya mengalami penurunan kualitas. Hal ini mungkin karena disebabkan oleh bbrp kali proses transmisi sehinnga kondisi gambarnya menurun.

    ReplyDelete
  14. Bro, Tanya. kalo mau fly pengaruh sama parabola tidak (LNB dan arah satelit). Misalkan mau nonton siaran ku tp LNB kita pake C band, :)

    ReplyDelete
  15. mas gimana caranya biar dapat sctv lagi?.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di auto scan saja, atau diprogram manual dengan freqwensi 3750 horisontal, symbolrate 3125. satelit palapa D

      Delete
  16. mas, saya tinggal di Malinau Kaltim, saya pake parabola tpi FTA, bs ga ganti dg Pay TV tp layananx bs smpe tmpt sya tinggal, stau sya ditempat sya tinggal ga ad agen penyedia layanan parabola berbayar, bs ga ambil paketnya dr prov lain, klo ada apa ya nama layanannya? terima kasih mas

    ReplyDelete
  17. Saya mau nanya gan, kalau pakai parabola yang bebas iuran apakah tidak nayangin liga inggris, champions dll??? Karena setahu saya tayangan sepakbola sudah dikontrak dibeberapa TV berlangganan.. dan bagaimana pemecahan masalahnya agar bisa nonton sepakbola dunia tanpa mengularkan iuran bulanan??? Terima kasih sebelumnya gan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk chanel lokal musim ini semua bisa kecuali Fa cup dan ISL. la kan chanel luar banyak yg nayangin

      Delete
    2. Mas...mau tanya sedikit...Saya tertarik buat parabola bebas iuran ini , tp yg bikin ilfeel ya cuma ukuran parabolanya yg makan tempat...apa bisa kira2 hanya memakai ukuran parabola yang max diameter 1m gitu ?

      Delete
  18. Mas Adun, mo nanya nich....sya punya 1 unit parabola bekas Aora TV, apakah bisa digunakan untuk siaran FTA, maksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya paling untuk nangkap nss6 (ada sekitar 100chanel pake biss)

      Delete

Silahkan memberi komentar dengan sopan serta sesuai dengan materi pembahasan.

 
Powered by Blogger