Trik Memperbaiki Dish

Daftar Isi
Dish parabola yang baik adalah dish yang bundar tanpa cacat. Dari pabriknya memang dibuat seperti itu. Jika sebuah dish permukaannya ada lengkungan-lengkungan maka penangkapan sinyal akan jadi tidak optimal.

Apalagi jika dish tersebut penjol bagian bulatnya, maka kita akan susah dalam proses trackingnya.
Jangan heran apabila anda memasang dua set parabola dengan dish ukuran sama, merk sama tetapi hasilnya berbeda.

Ini dikarenakan bentuk kesempurnaan dish yang berbeda. Bisa jadi salah satu dari dua dish tadi sudah berubah bentuk ketika pengiriman karena ketika pengiriman biasanya ditumpuk tumpuk dan diikat erat sehingga terjadi perubahan bentuk dari dish tadi.

Jika anda mengalami hal tersebut, maka anda harus jeli-jeli dalam mengatasinya. Cara pertama adalah dengan mengamati bentuk dish tersebut.

Jika terlihat ada kejanggalan pada lengkungan dish tersebut maka anda harus membenahinya. Dish ditekuk dengan pelan-pelan sampai benar benar terlihat bundar.

Cara kedua dengan manarik atau mendorong dua sisi dish sambil melihat displai sinyal. Cara ini yang selalu saya gunakan. Cara ini sangat efektif karena kita bisa melihat langsung naik turunnya sinyal.

Cara ketiga adalah kemungkinan lain kesalahan bukan dari dish melainkan dari fokus/stik yang agak bengkok. Kita cukup meluruskannya saja. Atau bisa jadi dudukan stik yang melenceng karena salah pengelasan. Namun ini jarang sekali terjadi.
Mas Adun
Mas Adun Saya hanyalah wong ndeso yang sehari-hari ngutak-atik parabola. saya sengaja menulis artikel-artikel tentang parabola untuk sekedar sharing atau berbagi pengalaman kepada rekan-rekan seprofesi. saya mohon maaf apabila tulisan saya tidak teoritis dan bahasanya tidak ilmiah karena saya hanya menulis tentang apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman dan penalaran dan telah saya uji dengan alat seadanya.

Posting Komentar