Skema Penguat rs232 4 pin (USB To TTL)

Skema Penguat rs232 4 pin (USB To TTL) - Jika kita membahas tentang upgrade receivee menggunakan komputer atau master receiver, maka tidak bisa lepas dari yang namanya RS232, karena rs232 ini merupakan jalur lalu lintas data software dari receiver ke komputer atau sebaliknya.

Sudah pernah saya bahas sebelumnya kalau slot rs232 pada receiver itu ada dua jenis, yaitu rs232 9 pin dan rs232 4 pin. Silahkan baca  RS232 4 pin dan RS232 9 pin.

Jika receiver yang akan di upgrade slot rs232nya berjenis 4 pin, maka wajib hukumnya menggunakan alat atau rangkain penguat terlebih dahulu atau yang populer disebut penguat ttl. Jika tidak menggunakan rangkaian penguat terlebih dahulu, maka proses upgrade tidak mungkin bisa berjalan.

Rangkaian penguat rs232 ada beberapa jenis yang intinya sama. Rangkaian ini secara umum dipergunakan untuk mengupgrade receiver dengan slot rs232 4 pin.

Ada dua model skema rangkaian penguat rs232 ini yaitu:
  1. Menggunakan Rangkaian Transistor
  2. MenggunakanRangkaian IC

Rangkaian Penguat rs232 4 Pin Jenis Transistor

Rangkaian ini secara umum menggunakan 2 buah transistor jenis bypolar sebagai komponen utama. Satu transistor untuk penguat data dari receiver ke komputer dan satunya lagi untuk penguat dari komputer ke receiver. Berikut gambar skemanya:

Penguat RS232 Dari Transistor

Skema ini saya ambil dari receiver tanaka model dulu. Skema ini juga hampir sama dengan matrix prolink hd ethernet.

Rangkaian Penguat rs232 4 pin Jenis IC

Rangkaian ini menggunakan IC sebagai komponen utamanya. Kebanyakan menggunakan IC dengan nomor seri max 232. IC ini terdiri dari 4 buah penguat. Namun untuk mengupgrade receiver, yang digunakan cukup 2 penguat saja,  yaitu untuk tx dan rx. Berikut gambarnya:
Skema RS232 Menggunakan Max232
Sebagai saran dari admin, kalau mau merakit tentu saja lebih simpel rangkaian yang menggunakan IC. Bagi pemula, saya sarankan juga memakai penguat dengan ic karena lebih sensitif.

Dari kedua rangkaian diatas, keduanya membutuhkan arus sekitar 3 sampai 5 volt untuk bisa bekerjanya alat ini. Arus ini bisa mengambil dari salah satu pin dari 4 pin rs232. Karena jalur 4 pin  ini adalah: Gnd (ground), Rx, Tx, dan 3,3 volt. Atau bisa juga mengambil dari arus 5 volt pada Usb komputer atau laptop.

Demikianlah artikel tentang skema penguat rs232 4 pin atau usb to ttl. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel lainnya.

19 komentar untuk "Skema Penguat rs232 4 pin (USB To TTL)"

Comment Author Avatar
askum MAS ADUN ..kalo mw upgrade rx to rx bagaimana..tolong tutor nya..reciver aku lemon III belum OTA mw tk upgrade pakai gadmai durian ota semua panel nya 4 PIN..TRIM`S sebelum nya....no hp mas adun mana tak cari blog ini kaga ada....
Comment Author Avatar
matrix lemon III gak bisa ama durian. tuner, tombol panel, display gak cocok. yang cocok cuma remotnya saja
Comment Author Avatar
yang cocok reciver apa bos.....
Comment Author Avatar
wah lemon III ada beberapa versi. kl coba harus pake pc
Comment Author Avatar
hehe..pake PC dah gagal bos..penguat daya nya kebakar..cari ic sperti di atas tak ubeg2 di kota ku ga ada.
kayak e dah mentok nie...ato kalao mas adun berbaik hati..tolong kirimi ic di atas dan tinggal colok aj.nti ongkos kirim dll nya tak transfer
Comment Author Avatar
bisa aja, pemesanan silahkan pm
Comment Author Avatar
Mas, rec punya ane Goldsat GSR 9200, mati suri (cuma nyala led indikator). Rec ini pake rs232 4pin, gimana cara upgradenya?
Comment Author Avatar
mas, mhde lama saya blank, karena salah upgrade sw, saya sudah mengikuti langkah mas adun yang ada di web, tapi tetap tidak bisa dan komentarnya memori error terus, mohon solusinya ya
Comment Author Avatar
mas adun,, ada jual ic CA3AB kaki 6 kiri (3kanan-3kiri)?????
Comment Author Avatar
maaf gak punya
Comment Author Avatar
Asslm Mas, saya punya rencanaa mau upgrade Getmecom HD-5 Durian dengan software receiver LOMBOK mmp. Dari tampilan menu, dia hampir sama dengan Matrix Turbo III HD PVR. Apakah bisa ya Mas ? Trims...
Comment Author Avatar
Saya lom pernah coba bro, coba saja, kl gak cocok kan bisa dibalikin
Comment Author Avatar
Mas kalo mau beli kabel tersbut d atas gmn ya ?
Receiver saya punya 4pin
Comment Author Avatar
kl sekarang beli aja di tokoped bro. dah ada yg keluaran pabrik
Comment Author Avatar
Klo untuk tipe Venus gmn gan cara upgrade nya? Kebetulan Venus meteor hd star saya gagal upgrade via usb, jadinya display keluar angka sama tulisan oem saja ke tv ga konek mungkin sama kaya mata merah, apakah bisa via usb To ttl apa harus pke usb progamerna?
Comment Author Avatar
maaf kl hd star sy lom pernah pakai.
Comment Author Avatar
tanya mas, saya coba flash rx Philsat New Liga Hd, Dengan USB to RS232 d sambung pakai RS232 to TTL.
Tapi Kenapa tidak Mau coneck, pdhal sudah instal driver'nya untuk window 7.
awal Pernah connect dengan skema RX-TX TX-RX Gnd-Gnd, tapi upgrade tidak mau berjalan. apakah ke 4 pin harus d gunakan semua??
Comment Author Avatar
Kegunaan rx dan tx itu terbatas. tidak semua sw mensuport