Cara Tracking Satelit Thaicom 6 Untuk Pemula

Cara Tracking Satelit Thaicom 6 Untuk Pemula - Satelit thaicom 6 berada disebelah barat indonesia tepatnya di posisi 78,5 derajat bujur timur. Karena berada disebelah barat indonesia, maka semua parabola yang ditracking ke satelit ini menghadap kebarat. hanya saja kemiringan baratnya bisa beda-beda untuk masing-masing daerah.

Sebelumnya admin sudah mencoba tracking thaicom ku-band dengan dish mini (silahkan baca: Tracking Satelit Thaicom Ku-Band Parabola Mini). Pada artikel ini admin mengfokuskan tracking thaicom frekuensi c-band. Tentu saja ini bisa dilakukan di seluruh wilayah indonesia karena beamnya menjangkau semua wilayah.

Kebutuhan Siaran Satelit Thaicom 6

Chanel-chanel dari satelit thaicom didominasi chanel lokal negara thailand dan sekitarnya. Bahasanya menggunakan bahasa lokal sana sehingga kita tidak paham bahasa channel-channel dari satelit thaicom6 ini.

Satelit thaicom 6 sangat terkenal di indonesia karena dua kategori chanel yaitu:

  1. Channel Sport
  2. Channel Kartun

Kedua kategori diatas tidak begitu membutuhkan pemahaman bahasa. Chanel sport yang penting ada tulisan yang membuat kita paham. Chanel kartun biasanya anak-anak sangat senang dengan tayangan ini walaupun tidak paham bahasanya karena cenderung fokus pada kelucuan acaranya.

Cara Tracking Satelit Thaicom 6

Satelit thaicom 6 tidak bisa digabungkan dengan satelit telkom 4 dalam satu parabola karena posisinya yang cukup jauh. Jadi kalau mau tracking satelit thaicom 6, kita harus menggunakan parabola tersendiri agar siaran channel indonesia tetap ada.

Untuk mentracking satelit thaicom 6 cukup mudah karena sinyal yang dicari terutama channel sport sinyalnya cukup melimpah.

Peralatan Tracking Satelit Thaicom 6

Satelit Thaicom 6 bisa diterima dengan parabola 6 feet dengan perolehan sinyal yang cukup baik. Agar lebih maksimal perolehan sinyalnya.Usahakan menggunakan parabola dengan diameter yang lebih besar.

LNB nya menggunakan lnb tipe c-band bisa yang beredar di pasaran. Merk boleh sembarangan karena umumnya kepekaan menerima sinyal hampir sama.

Untuk mendapatkan siaran dari ssatelit thaicom 6 ini, kita bisa menggunakan receiver mpeg2 biasa. Namun demikian di satelit ini juga banyak siaran yang berformat mpeg4 dan juga sudah hd. Oleh karena itu, menggunakan receiver hd tentu saja lebih baik.

Langkah-langkah Tracking Satelit Thaicom 6

Untuk mentracking satelit thaicom 6, silahkan ikuti langkah-langkab berikut ini:

  1. Pertama kita harus menambah frekuensi terkuat satelit thaicom 6 pada receiver untuk memonitor tracking. Frekuensi terkuat satelit thaicom bisa ada baca di: Frekuensi Terkuat Satelit Thaicom 6. Setelah kita tau frekuensi terkuatnya, kita tinggal membuat frekuensi tersebut pada receiver.
  2. Nyalakan receiver pada frekuensi satelit thaicom 6 yang sudah kita buat tadi dan kita pantau sinyalnya
  3. Kemudian kendorkan baut pengunci penyangga parabola agar bisa kita condongkankan ke barat. Penyangga parabola ini ada yang berada disebelah barat dan ada yang disebelah timur. Untuk wilayah selatannya garis katulistiwa penyangga ini ada di selatan dan untuk wilayah utaranya garis katulistiwa ada di utara.
  4. Tracking Satelit Thaicom 6
    Posisi Baut Penyangga Mounting
  5. Condongkan parabola ke barat dengan pelan-pelan sambil melihat pergerakan sinyal. Gerakannya harus sangat pelan dan ketika sinyal muncul segera hentikan gerakan
  6. Kalau sinyal belum ada, naikkan kembali parabola ke posisi atas dengan perlahan juga. Posisi gerakan naik turun parabola seperti gambar dibawah ini:
  7. Tracking Satelit Thaicom 6
    Menggerakkan Parabola saat Tracking Thaicom
  8. Kalau sampai tegak kembali namun sinyal belum muncul, coba parabola sedikit dimiringkan ke selatan. Memiringkannya harus sedikit demi sedikit kira-kira 1 milimeter. Kemudian condongkan lagi parabola ke barat sambil memantau sinyal dan kalau sinyal belum muncul, naikkan kembali parabola.
  9. Miringkan lagi parabola lebih keselatan dan kemudian turunkan dan naikkan parabola. Lakukan sedikit demi sedikit
  10. Kalau dirasa sudah terlalu keselatan dan sinyal belum muncul, kembalikan parabola ke posisi semula seperti sebelum dimiringkan keselatan. Ganti kemiringan yang tadi keselatan sekarang dimiringkan ke utara dan condongkankan parabola ke barat
  11. Jika belum datap sinyal, parabola dinaikkan lagi
  12. Lakukan terus menerus sedikit demi sedikit

Kalau parabola sudah pas mengarah ke satelit thaicom 6, pasti sinyal akan muncul. Kalau semua sisi sudah dilakukan namun sinyal belum muncul, kemungkinan besar kita salah dalam menseting receivernya. Coba cek lagi frekuensi satelit thaicom 6 para receiver dan lakukan gerakan seperti diatas. Kalau semua sudah betul pasti sinyal akan muncul.

Jika sinyal sudah muncul, usahakan mengarahkan parabola pada titik tersebut sampai sinyal maksimal. Setelah maksimal maka kita sudah sukses tracking satelit thaicom 6 dan kita tinggal menscannya maka chanel-chanel satelit thaicom akan masuk.

Demikianlah artikel tentang cara mentracking satelit thaicom 6 frekuensi c-band dengan parabola besar. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

4 komentar untuk "Cara Tracking Satelit Thaicom 6 Untuk Pemula"

Comment Author Avatar
Anonim 26 Juni
pakai dish bekas telkomvision bisa pak?
Comment Author Avatar
Bisa kl bekas telvis (diameter 100 cm)
Comment Author Avatar
klo pake dish yg 80cm, apakah masih bisa lock thaicom c band nya...??
Comment Author Avatar
Gak bisa, minimal 100 cm. Kalau 80 cm harus dikasih sayap