Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Daftar Isi
Jarak antar lnb dalam pemasangan parabola non gerak sangatlah penting dalam rangka keberhasilan pemasangan sebuah perangkat antena parabola. Karena dalam pemasangan parabola non gerak, dish tidak hanya berfokus pada satu satelit, melainkan berfokus pada 5 satelit sekaligus.

Sehingga dibutuhkan penempatan lnb yang sangat akurat. Kurang tepat sedikit saja, maka hasilnya tidak memuaskan. Pertama yang harus dipahami adalah satelit berada pada deretan garis lurus katulistiwa.

Hal ini sangat memudahkan kita dalam merakit 5 lnb dalam 1 dish. Karena dengan demikian, maka pemasangan 5 lnb juga harus lurus sejajar. Kita tinggal menentukan jarak antara satu lnb dengan lainnya.


Lima satelit yang akan ditangkap adalah:

SatelitLetak / Posisi
Palapa D113° E
Telkom 1108,2° E
Asiasat 7105,5° E
Asiasat 5100,5° E
Chinasat 6b115,5° E

Dari tabel diatas, dapat diketahui jarak antar satelitnya. Jaraknya adalah sebagai berikut:

Jarak Antar 2 SatelitJarak Satelit
Palapa D - Telkom 14,8°
Telkom 1 - Asiasat 72,7°
Asiasat 7 - Asiasat 5
Palapa D - Chinasat 6B2,5°

Setelah kita posisi dan jarak antar satelit, langkah selanjutnya adalah kita harus tau ukuran panjang setik atau tiang fokus sebuah dish. Lihatlah gambar berikut ini:
gambaran sebuah titik fokus lnb pada dish


Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Dari gambar 1 diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya sebuah dish adalah bagian dari sesuatu yang bulat. Sedangkan titik fokus berada pada tengah-tengah dari bulatan tersebut. Pada gambar 2 dapat diketahui bahwa besarnya dish tidak menentukan jarak antar lnb karena yang menentukan adalah panjangnya setik/fokus. Sedangkan besarnya dish adalah diameter dish tersebut.

Yang harus dipahami adalah dish berfungsi memantulkan sinyal, sedangkan satelit tidak berada pada satu tempat, melainkan berjauhan.

Sistem pantul dish adalah sama dengan pantulan cermin ketika terkena cahaya. Jika terkena cahaya dari samping maka akan cahaya akan terpantul dengan kemiringan sama persis dengan datangnya cahaya, tetapi  arahnya berlawanan.

Bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada yang tidak terlalu cembung. Untuk mengetahui tingkat kecembungan sebuah dish, dapat dilihat dari tiang fokusnya (tiang penyangga Lnb).

Jika sebuah dish tiang fokusnya pendek itu artinya dishnya cembung. Sedangkan jika sebuah dish tiang fokusnya panjang, itu artinya dishnya tidak begitu cembung.

Berhubung bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada pula yang kecembungannya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga berbeda-beda.


Jika dish cembung, maka titik jatunya pantulan sinyal satelit akan saling berdekatan atau rapat. Jika dish cembungnya hanya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga akan renggang atau agak berjauhan.

Untuk merangkai 5 lnb dalam 1 dish, dibutuhkan sebuah dish dengan panjang setik / fokus paling tidak 100 cm. Itu pengalaman admin. Karena dengan panjang setik 100 cm, maka hasil pantulan dari satelit dengan jarak 2,5°, didapat jarak lnb sekitar 6,5 cm. Dengan jarak 6,5 cm ini cukup utnuk memasang lnb dengan posisi rapat memngingat diameter lnb c- band adalah 6,5 cm.

Mengingat jarak antar satelit yang terdekat dari 5 satelit adalah 2,5°, maka dish dengan panjang fokus 100 cm sudah mencukupi untuk pemasangan 5 LNB dalam Satu Dish. Untuk jarak satelit yang lain tentunya dapat disesuaikan karena jaraknya lebih dari 2,5°.

Untuk merangkai 5 lnb tersebut silahkan baca : Cara Rangkai 5 Lnb dalam 1 Dish

219 komentar

Mas saya baru beli parabola 7 feet 2 lnb matrix untuk receiver k vision c bromo. Tapi kenapa sinyalnya tidak berubah di 45 % sq 10% konstan tidak naik/turun?
Comment Author Avatar
Anonim
22 Juni Hapus
maksudnya gimana? kl prosentase resiver selain mp2 susah untuk dijadikan patokan
mas sya pke 4 lnb.tpi untuk lnb4(asiasat5) susah dpt snyal edge sport,bein sport hk dn bara tv.sdah coba turunkan lnb pd bracket smpe mentok tpi tetep aja snyal cekot2.mhon bntuannya ,
slam knal dn trima kasih
Comment Author Avatar
Anonim
22 Juni Hapus
tuk edge emang susah kalo pake 4 lnb cz tuk dapat edge posisi lnb as5 harus pada posisi fokus, tp kl bein harusnya bisa, coba dioptimalkan lagi
slam knal mas,sya mu tnya sya pke 4 lnb tpi untuk lnb4(asiasat5) susah dpt snyal edge sport,bein sport hk,dn barca tv.sdah cba turunin lnb pd bracket smpe mentok tpi tetep aja snyal'y cekot2.
mhon bntuan'y dn trma ksih
Mas kalau yg 4 lnb c dan yg 1ku bisa ga? Terus yg ku naruhnya sebelah mana? Mks.
Comment Author Avatar
Anonim
22 Juni Hapus
kl sekarang susah bro, kl dulu bisa untuk nss6, tp sekarang gak bisa
salam kenal mas adun, brapa jaraknya jika kita memasang 3 lnb yaitu asiasat 5-telkom-palapa...
ditunggu jawabannya. makasih mas adun
Comment Author Avatar
Anonim
19 November Hapus
panjang tiang fokusnya brp cm?
salam kenal mas Adun, brapa ukuran jika memasang 3 lnb, asisat 5-telkom -palapa.
terimakasih mas adun ditunggu jawabannya
Comment Author Avatar
02 September Hapus
mau tanya mas : apakah antena bekas top tv dipasang lnb parabola, apa bisa normal mas,soalnya saya kemarin mencari sinyal terus.....trims sblmnya
Comment Author Avatar
Anonim
19 November Hapus
bisa pakai ku-band
Comment Author Avatar
14 September Hapus
met siang boss..
kalo utk dish dgn diameter 237cm, dalam 44cm, tinggi fokus 80cm, 4 lnb.
berapa jarak & kedalaman tiap lnb utk terima palapa d, telkom 1, asiasat 7 & asiasat 5?
mhn jawabannya boss, thx..
Comment Author Avatar
Anonim
19 November Hapus
tinggi fukus 80 cm kayaknya asiasat 7 akan bentrok ama telkom bos, coba aja palapa ke telkom 2,5cm, telkom ke asiasat 7 rapat, asiasat 7 ke asiasat 5 2,7cm
Comment Author Avatar
19 Oktober Hapus
Mantap
Mas Adun, salam kenal..
kl dalam satu satelit sati stasiun bagus (kuat sinyal 90% kualitas sinyal 70%), tapi stasiun yg lain koq jadi jadi ga bagus ya? harusnya kl dalam satu satelit satu stasiun bagus yg lainnyanya harusnya ngikut bagus khan?
Comment Author Avatar
13 Januari Hapus
kalau posisi normal memang iya bro, kecuali lnb standar antara horisontal dan vertikal kres dikit (ini terjadi karena kedalaman lnb)

apabila sesama polaritas kok sinyal tidak akur, itu penyebabnya adalah keadaan dish yg tidak normal (bisa jadi bentuk dish agak penjol, dll) sehingga akan bagus pada freqwensi tertentu, sedangkan freqwensi lain kurang bagus. sepengetahuan saya kaya gitu bro..
bagaimana caranya merubah penerimaan satelit dari palapad& telkom1 menjadi palapad & asiasat7
Comment Author Avatar
19 November Hapus
Jaraknya dijauhkan lagi. Misalkan tadinya jarak palapa ke telkom 3cm. diameter lnb adalah 6,5cm. jadi jarak palapa d ke asiasat 7 adalah 3cm + 6,5cm = 9,5cm.

Caranya dudukan lnb di potong dan disambung dengan plat