Mengenal Bermacan-macam Merk LNB





Bagi para master teknisi parabola tentunya sudah hafal karakter bermacam-macam merk LNB. Merk-merk lnb ini menggunakan rangkaian yang berbeda-beda walaupun pada intinya sama.

Perbedaan yang paling menonjol adalah pada bagian switch vertikan/horisontal. Disamping itu bodi lnb juga berbeda-beda.

Ketika tahun 2010 ke bawah, semua merk lnb menggunakan standar mutu yang bagus. Tapi sekarang dimana persaingan yang ketat menyebabkan para produsen lnb mau tidak mau harus menurunkan standar mutu demi menekan harga produksi agar harganya tetap mampu bersaing.

Tetapi dari sekian banyak merk lnb, tentunya masih ada beberapa merk yang dapat diandalkan kemampuannya. Tinggal kita sebagai teknisi harus bisa memilah-milah yang mana yang terbaik agar tidak mengecewakan konsumen. Jangan sampai baru beberapa bulan dipasang, lnb sudah rusak padahal lnb tidak bergaransi.

Berikut Spesifikasi lnb c-band dari beberapa merk:


Venus LNB-F 6122
Input Frequency : 3.4 ~ 4,2 GHZ
Lo Frequency : 5.150 GHZ
Lo Freq. Stability : ± 2 Mhz
Local Leakage at input : - 45 dBm
Output Frequency : 950 ~ 1750 MHz
Conversion Gain : 65 dB (min)
Gain Flatness : ± 1 dB/36MHz
Output VSWR : 2.5:1
Output Spurious : 60 dBm (max)
Noise Figure : ± 17°
Power Supply : 13 ~ 24V/150mA
Waveguide : WC-229
Switching Voltage : 13/V/18V
Image Rejection : 45dM (min)
Output Power : ±+ 5db
Output Connector : Type f fEMALE
Input Connector : Circular WG

LGsat LG1001
Input Frequency : 3.4 ~ 4,2 GHZ
Lo Frequency : 5.150 GHZ
Lo Freq. Stability : ± 0.5 Mhz (-40°C ~ +70°C
Local Leakage at input : - 45 dBm
Output Frequency : 950 ~ 1750 MHz
Conversion Gain : 65 dB (min.)
Gain Flatness : ± 1 dB/36MHz
Output VSWR : 2.5:1
Output Spurious : -60 dBm (max)
Noise Figure : ± 17°
Power Supply : 13 ~ 24V/150mA
Waveguide : WC-229
Switching Voltage : 13/V/18V
Image Rejection : 45dM (min)
Output Power : + 5dBm (at 1 dB compression)
Output Connector : Type f fEMALE
Input Connector : Circular WG with Horn Ring

MMP - 999
Input Frequency : 3.4 ~ 4,2 GHZ
Lo Frequency : 5.150 GHZ
Lo Freq. Stability : ± 0.5 Mhz (-40°C ~ +70°C
Local Leakage at input : - 45 dBm
Output Frequency : 950 ~ 1750 MHz
Conversion Gain : 65 dB (min.)
Gain Flatness : ± 1 dB/36MHz
Output VSWR : 2.5:1
Output Spurious : -60 dBm (max)
Noise Figure : ± 12°K
Power Supply : 13 ~ 24V/150mA
Waveguide : WC-229
Switching Voltage : 13/V/18V
Image Rejection : 45dM (min)
Output Power : + 5dBm (at 1 dB compression)
Output Connector : Type F Female
Input Connector : Circular WG with Horn Ring

Dari tabel diatas, merek-merek lnb memiliki spesifikasi yang hampir sama.


Pandangan Orang Tentang Noise

Banyak orang beranggapan jika sebuah lnb memiliki noise rendah maka penangkapannya akan bagus. Namun menurut admin itu tidak benar sama sekali.

Baik nois sedikit maupun banyak penangkapannya sama saja. Hanya saja memang benar kalau tiap-tiap lnb memiliki daya tangkap yang berbeda-beda.

Maksudnya bukan tipa-tiap merek daya tangkapnya beda-beda, tetapi tiap-tiap lnb yang memiliki daya tangkap beda-beda. maksudnya adalah misalnya ada dua buah lnb dengan merek sama, seri sama, tetapi walaupun sangat sedikit tetap memiliki perbedaan dalam kepekaan menerima sinyal.

Sebuah lnb walaupun baru, masih bau pabrik, tetapi terkadan ada yang kurang sempurna dalam menangkap sinyal satelit.


Beberapa Kerusakan LNB

Pada intinya kerusakan lnb terjadi pada bagian-bagian tertentu, karena lnb terdiri dari beberapa bagian. Misalnya pada regulator, switch vertikal/horisontal, main penguat antena, dan modulator/oslilator.

Untuk kerusakan pada main penguat antena merupakan kerusakan yang sulit karena sampai saat ini saya belum tau tempat/toko yang menjual transistor jenis ini. Menurut hemat saya transistor jenis ini tergolong fet, tetapi yang jenisnya apa sayapun belum tahu.

Untuk transistor lainnya dapat diganti dengan transistor biasa. Yang bagus adalah c 3355 yang banyak beredar dipasaran. Transistor ini juga biasa dipakai untuk boster antena UHF.

Untuk merk tanaka kerusakan yang sering terjadi ialah pada switch vertikal/horisontal. Kalau switchnya sudah rusak ya sudah buang saja, karena switch ini menggunakan IC dengan input yang tidah peka. Jika di re-hot dengan blower kadang kadang bisa hidup lagi, tetapi tidak bertahan lama.

Hansen dan venus keluaran baru biasanya rusak regulatornya. jika lnb anda merk hansen dan rusak regulatornya, caranya gampang. Ganti aja regulatornya dengan ukuran besar, dijamim awet.

Untuk kerusakan-kerusakan lainnya, kerusakan biasanya terdapat pada transistor/komponen-komponen pendukung seperti rasistor dan ceramic. kita harus jeli dalam mengetesnya dan harus pakai tester digital, karena geseh sedikit saja dari nilai yang seharusnya, maka lnb tidak bisa menangkap sinyal.



Subscribe to receive free email updates:

60 Responses to "Mengenal Bermacan-macam Merk LNB"

  1. mo nanya ni tadi sore ane utak atik LNB C,,,,e ujung2nya signal Horizontal gk nongol lagi, trz Vertikal signalnya 53% tapi sdkit ckoat ckot gtu, pdahl klo 53% mstix gk cekat cekot, knapa y,,,,,?

    BalasHapus
  2. maksudnya yg diutak atik bagian mana ya? n merk apa?kalau normal seharusnya signal diatas 30% dah bagus.

    BalasHapus
  3. mo ny ni sy memakai parabola 8 feet 4 lnb satlit yang isi saluran tv palapa c2, telkom, asiasat 2 dan asiasat 3, yg sy tanyakan bisakah saya menerima siaran tv dari selain satelite yg 4 tadi kalau bisa caranya bagaimana dan parabola sy tdak memakai pnggerak

    BalasHapus
  4. anda masih bisa menerima satu satelit lagi yaitu chinasat 6b. caranya ya harus tambah 1 lnb lagi dan dipasang disebelah barat lnb palapa dengan posisi berdempetan. penyambungannya pakai switch 22k

    BalasHapus
  5. lnb jenis apa yang perlu dibeli untuk menerima satelite chinasat? apakah sama dg yang lain?

    BalasHapus
  6. untuk chinasat lnb nya pakai c-band saja. ku-band juga ada, tp channelnya sedikit. masih banyak yang c-band.

    BalasHapus
  7. bos lnb c band yang paling bagus merk apa ya...?????

    BalasHapus
  8. mas mau tanya merk yang bagus untuk lnb c band apa ya ?

    BalasHapus
  9. @Anonim sama saja, asal kinerjanya masih normal, tp trek rokord saya kalau pakai merk Goldsat lom pernah kecewa

    BalasHapus
  10. mo tanya mas klo lnb c band bisa ga di mosdif jasdi ku atau s band?

    BalasHapus
  11. @Anonim itu jelas tidak bisa. walaupun dalam sistem rangkaian sama persis, tetapi sehemat saya 2 faktor utama yg gak bisa dirubah

    BalasHapus
  12. salm kenal mas,saya skrg pakai 2 lnb palapa n telkom..n dirumah ada 1 lnb lagi.jika di gabungin jadi 3 lnb alat apa lg yg dbtuhkn ya mas?

    BalasHapus
  13. kl lnb nya sudah ada ya tinggaln tambah switch 4X1. scalaring disambung jadi satu

    BalasHapus
  14. Mo tanya mas, kalau dish 6 feet, berapa maksimal LNB yang bisa dipasang.?
    terima kasih

    BalasHapus
  15. untuk 6 feet ukuran umum max 3 lnb (palapa d, telkom 1, asia5). bisa ditambah asiasat 3s (jadi4) tetapi harus pakai trik tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi dong triknya lagi mau pasang lnb yg 4 !,mas conektor lmb lama karatan waktu nyabut kabel potongannya nempel di lnb kalau saya cabut apa tdk merusak lnbnya

      Hapus
  16. salam kenal, saya pakai 1 disk dengan motor penggerak, untuk menangkap telkom dan palapa disk harus bergerak, jika menggunakan lnb 2 in 1, atau 3 in 1, apakah seting di receiver harus di ubah menjadi fix, karena dengan begitu motor penggerak jadi tidak berfungsi, bagaimana solusinya, terima kasih

    BalasHapus
  17. mas, kalo mau beli parabola yg murah tapi bagus merk apa ya? Soalnya aku tdk tahu ama hal kyak gituan, ini prtama kalinya aku mau beli parbola dan tinggal pakai aja..

    BalasHapus
  18. saya pake 2 lnb,bisa gak mendapatkan satelit selaen palapa dan telkon tanpa merubah posisi yang sekarang,?posisi yang sekarang palapa dan telkom?terima kasih

    BalasHapus
  19. ya ndak bisa. kalau posisi dish rixed, dengan 2 lnb pastinya hanya dapat 2 satelit saja. kalau posisi dish digeser, akan dapat chanel luar, tapi palapa/telkomnya hilang

    BalasHapus
  20. jika pasang 3 lnb pd dish 6ft,fixxed,,tuk sat palapa,telkom1,asiasat5(100,5BT),, bisa dpt brp chanel tv jika pake rx mpeg2/odong2....???
    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 channel lebih. tp kl cuma 6ft sinyalnya kecil2

      Hapus
  21. salam kenal mas..
    bambang dp dari semarang..
    artikelnya bagus2 menambah wawasan saya, jadi pingin punya parabola :)

    BalasHapus
  22. mas numpang nanya lnb yang kualitas bagus merek apa ya ? mohon pecerahannya

    BalasHapus
  23. untuk 6 feet ukuran umum max 3 lnb (palapa d, telkom 1, asia5). bisa ditambah asiasat 3s (jadi4) tetapi harus pakai trik tertentu
    pertanyaan;
    1.kang ini satu reserver yaaa?
    2.kang ini tdk perlu makai motor pengerakan?
    3.kang kalau utk 2 reserver bisa,bagaimana caranya?
    terimakasih kang yaaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pakai motor, kl soal 1 atau 2 resiver, tinggal lnbnya saja. kl lnb single ya untuk 1 resiver dan kl lnb 2r ya untuk 2 resiver

      Hapus
  24. maaf mau nanya mas,, saya pake parabola 12ft,4x2 twin receiver,, rencananya sy mau pake receiver tanaka standar (harga yang terjangkau) hehehe,,,
    mohon recomendasinya receiver yang awet&bagus, haganya terjangkau mas..

    BalasHapus
  25. gan,saya pake receiver matrix burger mpeg 2 gambar oke gak cekat cekot, terus saya ganti pake matrix turbo 3 hd pvr malah bberapa chanel cekat cekot, itu knapa gan? matrix turbo 3 hd pvr apakah bisa di upgrade dengan apple 3 hd pvr? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang receiver mpeg2 ama hd sinyal lebih peka yg mpeg2

      Hapus
  26. gan aku py 2 dish yang satu pakai 4 lnd 1 dish jaring...trus 1 lagi pake dish oofset sband buat nangkap indoV ..yang aku tanyakan bisa kah ke2 nya di gabung masuk 1 reciver biar gag nyopat nyopot konektor nya ...makasih sbelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja, tp harus pakai 2 switch. 1 switch 22k dan 1 switch dseq 4X1

      Hapus
  27. gan....Parabola sy yang satelit TELKOM kok njengkelin ya...pokoknya channel yg pakai satelit Telkom kadang bisa kadang nggak... sedikit sedikit no signal...tapi balik lagi sinyal normal 53%...dan seterusnya begitu.
    mohon pencerahanya gan....
    Thanks

    BalasHapus
  28. Asslmu alaikum Mas Adun,

    Numpang nanya Mas, bgmn caranya agar dalam 1 parabola bisa di terima oleh 5 atau lebih Receiver.?
    Mhon penjelsannya Mas
    Trmkasih

    Wassalam..

    Medan 4 april 2013

    BalasHapus
  29. Bro.. klo bwt muter2in prbola bhanx dri apax? Kayu,bambu,or besi? Mhon dijwab soalx ane mw bkin sndri

    BalasHapus
  30. mas adun parabola 9feet dipasang lnb sampek 6 sampek 8 lnb bisa tidak

    BalasHapus
  31. mohon bantuan aku punya resiver Matrx Apel III dan parabola Venus dan 2 LNB yang menjadi pertanyaan ko hanya satelit palapa yang bisa dinonton sedangkan satelit Telkom tidak ada sinyal saya gemar Trans7 mau persiapan nonton MOTTOGP 2014, mohon solusinya. trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana? apakah sebelumnya ada sinyal terus hilang atau memang belum pernah dapat sinyal?

      Hapus
  32. Mohon penjelasannya mas,
    Resiver merk goldsat punya saya cuma ada siaran palapa saja, sedangkan siaran telkomnya kosong. Gw set otomatis siaran telkom nya ,toh yg muncul siaran palapa. Gw coba pinjam resiver tetangga ternyata semua siaran ada semua (Palapa & Telkom).
    Apakah Itu Tandanya Resiver saya rusak ?
    Bagaimana cara perbaikannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan itu salah setingan satelitnya.

      misalkan pemasangan lnb untuk satelit palapa pake dseq 1, pada resiver meskipun nama satelitnya telkom, kalau pada setingan satelit dseqnya 1, maka kl di scan yg muncul ttp chanel dari palapa

      Hapus
  33. Nanya mas rencana saya mau beli parabola 8 ft dan merk receiver Matrik starlink V dengan LNB matrik 4 in 0ne pertanyaan nya..
    1.satelit apa saja yg bisa ditangkap oleh LNB tsb
    2.berapa chanel yg bs didapat
    3.bisa ngak dapat chanel Thaicom 5 tampa penggerak dengan spek diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk bisa menangkap chanel lokal, 2 lnb untuk sat palapa dan telkom, sedangkan 2 lainnya bisa untuk satelit asiasat7/asiasat5/chinasat 6b/chinasat 6a. chanelnya bisa nangkap 200ch lebih

      kalau untuk thaicom gak bisa satu dish fixed dengan palapa/telkom

      Hapus
  34. saya punya dish telvis, bisa gak buat receiver unisat jadul, klo bisa apa ja d siapkan?

    BalasHapus
  35. Aslkm...Bang, saya di aceh, parabola saya sudah 2 lnb untuk satu reciever, kalo pasang jd 2 reciever alat apa saja yg perlu ditambah agar ntar nonton nya antara 1 tv bisa barengan tp bs juga ganti chanel tanpa terganggu tv yg atunya lagi, skaligus foto nya ya bang, tks wasslam..

    BalasHapus
  36. Siang mas. Maaf mau tanya kalo receiver tanaka dan venus, lebih bagus yg mana? Dish 7ft bisa tidak pake 4lnb,supaya bisa terima channel china, hongkong, india pake lnb apa? Dish nya 7ft tanpa motor penggerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau standar mutu sih bagus venus. 7 ft bisa pakai 4 lnb. asal penataan lnb nya bagus.

      Hapus
  37. mat malam bang, mau tanya ni rencana mau beli para bola 2 lnb dan yang bisa pake dua receiper. kalau boleh tau merek matrik bagus gak dan 8 fit bisa dipake di 2 LNB gak. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl merk saya rasa sama saja gan, 8ft sangat bisa klcuma untuk 2 lnb saja

      Hapus
  38. merk hampir sama saja, fiturnya yg beda2. matrix bagus, yg lain jg. 8ft dah bagus banget untuk 2 lnb

    BalasHapus
  39. Mas Adun mau tanya,
    Saya pake receiver matrix. tp kenapa ya akhir2 ni receiver saya tu error. Saat mau pindah saluran dari satelit lain ke satelit telkom tu pasti lama nunggu gambar n suara muncul,kadang bisa sampai 30 menit baru bisa muncul. Mohon bantuannya!😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan besar kabelnya dah gak bagus atau switchnya lemah

      Hapus
  40. Mas adun salam kenal yaa

    BalasHapus
  41. Mas adun, salam kenal.....mo nanya lnb combo yg bagus gak terlalu mahal merk apa ya? Trus kalo mau ngelock c/ku band satelit apa yg bagus channelnya? Thaicom atau measat? Pake dish offset bs gak, mohon pencerahan ,makasihh

    BalasHapus
  42. kl kombo kayaknya pasti ada yg sedikit berkurang sinyalny dari lnb yg tidak kombo. kl parabolanya pakai penggerak mendingan pakai lnb yang sendiri2. untuk chanel thaicom dan measat, kl saya pribadi bagus measat, kl kl hobi bola, tentu bagusan thaicom

    BalasHapus

Bagi yang mau berkomentar silahkan di kolom ini.

Komentar tidak langsung muncul karena dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar yang mengandung spam.

Harap tidak mengulang-ulang pertanyaan yang sama.

~ by Najwa Tehnik