Langkah-langkah Dalam Pemasangan Parabola

Langkah-langkah Dalam Pemasangan Parabola

Langkah-langkah Dalam Pemasangan Parabola - Dalam pemasangan parabola digital berbasis satelit, ada tiga hal yang harus diperhartikan. Tiga hal ini sangat menentukan optimalnya hasil sinyal yang didapat dari sebuah satelit.

ketiga-tiganya harus maksimal, karena jika salah satu ada yang kurag baik, maka hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan.

Perakitan Lnb

Yang pertama adalah Perakitan LNB. Perakitan lnb ini dikhususkan untuk parabola jenis fixed dish atau dish yang tidak memakai penggerak. Oleh karena dishnya tidak bergerak, maka posisi lnb harus sesuai dengan posisi satelit yang ditangkap.

Jika perakitan lnb tepat, maka lnb akan mampu menangkap sinyal dari pantulan dish dengan sermpurna. Sebaliknya jika perakitan kurang sempurna, maka hasilnya juga kurang bagus.

Perakitan lnb ini meliputi: jarak antar lnb, sudut vertikal dan horisontal lnb, penempatan lnb pada dudukan dan pada tiang fokus.

Baca juga:

Perakitan Dish

Yang kedua adalah Perakitan Dish. Sebagaimana kita ketahui bahwa dish berfungsi sebagai pemantul sinyal dari satelit ke lnb, maka dish ini memiliki peranan yang sangat penting. Terutama jika anda menggunakan dish mesh.

Biasanya dish mesh terdiri dari 4 bagian dan di hubungkan menjadi satu sehingga menjadi kesatuan yang bulat. Jika penghubungan ini kurang sempurna maka hasilnya kurang bagus.

Keadaan permukaan dish juga sangat berpengaruh. permukaan dish yang rata dan bulat merupaka hal mutlak untuk bisa menerima sinyal satelit dengan baik.

Tracking

Yang ketiga adalah Tracking. Poin utama dalam Tracking ini adalah sudut deklenasi, sudut elevasi dan sudut azimut. Ketiga sudut ini harus tepat agar hasilnya optimal. Pembahasan tracking dibahas dalam artikel tersendiri.

Baca juga: Demikianlah artkel tentang langkah-langkah dalam pemasanga antena parabola digital satelit. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Dalam Pemasangan Parabola"