Cara Tracking Satelit





Tracking Satelit

Arti Tracking Satelit disini adalah mengarahkan dish parabola tepat kearah satelit yang dituju sehingga bisa menangkap sinyal seoptimal mungkin.

Agar sebuah dish bisa menangkap sinyal dari satelit, kita harus menyetel tiga sudut sampai dish tersebut bisa mengarah ke satelit dengan tepat. Tiga sudut tersebut adalah sudut deklenasi, sudut elevasi, dan sudut azimuth.

Bagi yang sudah berpengalaman, traking satelit hanya butuh waktu kurang lebih lima menit atau paling lama sepuluh menit saja. Yang agak lama justru pada perakitan lnb dan dish. 

Keberhasilan pemasangan antena parabola bukan hanya terletak pada keakuratan tracking saja. Melainkan yang juga sangat menentukan adalah perakitan lnb yang akurat.

Baca juga: Cara Merakit 2 LNB

Baca juga: Merakit 4 LNB Secara Efisien

Jika perakitan lnb tidak akurat, sehebat apapun seorang teknisi, bahkan yang tracking teknisi kaliber tingkat dewa sekalipun, hasilnya bisa dipastikan tidak bagus karena akan terjadi bentrok antar satelit.


Sudut Deklenasi, Elevasi, Azimuth

Dalam pemasangan dish parabola, setelah perakitan lnb dan dish dan dish sudah di pasang di tiang penyangga, maka dish tersebut harus disetel terlebih dahulu. Penyetelan ini bertumpu pada tiga buah sudut, yaitu sudut deklenasi, sudut elevasi, dan sudut azimuth.




Pertama adalah sudut deklenasi. 

Sudut deklenasi adalah sudut yang menentukan kemiringan ke utara atau ke selatan. Lihatlah gambar dibawah ini:



Pada gambar diatas terlihat ada tanda panah. Itulah letak penyetelan sudut deklenasi. Dengan menyetel baut-baut tersebut, maka dish bisa goyang miring ke utara dan selatan. kemiringan dish ke utara dan selatan disebut sudut deklenasi.

Sudut deklenasi ini berbeda-beda untuk setiap daerah. Misalnya untuk daerah jawa, posisi dish agak miring ke utara karena jawa berada disebelah selatan garis katulistiwa. Karena pada dasarnya semua satelit berada tepat di posisi garis katulistiwa.

Bagi yang berada tepat di tengah garis katulistiwa tentunya posisi dish lurus keatas. Dan bagi yang berada disebelah utara garis katulistiwa, pada sudut deklenasi posisinya agak miring ke selatan.


Kedua adalah sudut elevasi.

Sudut ini adalah menyetel kemiringan dish ke barat atau ketimur. Lihat baik-baik gambar berikut ini:





Penyetelan terletak pada gambar yang saya beri tanda panah. Sudut elevasi adalah menentukan kemiringan dish ke barat atau ketimur. Pada pemasangan parabola fixed dish, sudut inilah yang menentukan jarak antar lnb dalam pemasangan 2 lnb atau lebih.

Sebagai contoh misalnya dalam pemasangan 2 lnb. Jika dimiringkan ke barat 1 lnb sinyalnya bagus sedangkan yang satunya lagi malah akan bagus jika dimiringkan ke timur, maka dalam hal ini sudut elevasi tidak akan ketemu karena jarak antar lnb tidak pas.

Dalam pemasangan parabola gerak, sebenarnya yang bisa bergerak hanyalah sudut elevasi ini saja. Sehingga pada pemasangan parabola penggerak, tracking hanya dititik beratkan pada sudut deklenasi dan azimuth saja. sedangkan sudut elevasi diatur oleh penggerak.


Ketiga adalah sudut azimuth.

Sudut ini sangat menentukan keberhasilan pemasangan 2 lnb atau lebih. Karena sudut ini sebagai penentu posisi 0 derajat lnb atau garis horisontal.

Jika sudut ini kurang tepat, maka satu atau beberapa lnb tidak dapat menangkap sinyal dengan sempurna. Gambarnya sebagai berikut:


Pada gambar diatas terlihat penyetelan sudut azimuth dititik beratkan pada penempatan mounting dish ke pipa tiang. Lihatlah ada tanda melingkar pada gambar. Putaran itu untuk menyeting sudut azimuth. Penyetingan hanya memutar sedikit-sedikit hingga didapat posisi yang pas, setelah pas baut-baut dikencangkan agar mounting dish tidak bergeser dari pipa tiang.

Sebenarnya ada 2 cara untuk menyetel sudut azimuth ini:

  • Yang pertama adalah memutar dish dari pipa tiang penyangga seperti pada gambar diatas.
  • Yang kedua adalah dengan memutar tiang fokus/stik.

Namun cara yang kedua ini tidak saya anjurkan kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu, karena akan menyulitkan penyetelan sudut deklenasi dan elevasi.

Cara kedua ini juga hanya berlaku untuk dish dengan tiang fokus tunggal. Sedangkan untuk tiang fokus tripot tidak bisa dilakukan karena posisi tiang fokus ke dish sudah paten.

Sudut azimuth ini juga sangat menentukan keberhasilan tracking untuk parabola pakai penggerak. Pada Parabola penggerak, jika posisi sudut azimuth kurang tepat, maka akan terjadi miss sudut deklenasi. Ulasan cara pasang parabola penggerak sudah saya bahas dalam artikel tersendiri.

| Baca juga: Alat Tracking Satelit |


Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Cara Tracking Satelit"

  1. Salam kenal Mas Adun, sy Putu dr Denpasar, sy mau tanya: sy baru habis pasang parabola Matrix 7Ft,2 Lnb, sy hanya dpt 2 stelit(PalapaD n Telkom1) setelah digeser2 barat-timur, satelit yg lain tidak ada kualitas sinyal, kira2 apa ya yg jadi masalah? Matur suksma

    BalasHapus
  2. secara umum, pemasangan fixed dish (gak pake motor) memang tidak mengutamakan bertumpunya ketepatan dish pada jalur sudut elevasi, melainkan ketepatan sudut elevasi bertumpu pada lnb. walaupun kadang-kadang dalam beberapa pemasangan parabola fixed dish, sudut elevasi dish sudah tepat, namun itu bukanlah suatu kesengajaan.

    kemungkinam besar pemasangan dish anda sudut azimuth nya tidak tepat, sehingga jika digeser ke barat/timur, maka sudut elevasi menjadi tidak pas

    BalasHapus
  3. mohon pencerahannya mas.. cara mengetahui sudut azimuth itu gimana mas? apa cuma rangkaian LNB musti lurus timur-barat?

    BalasHapus
  4. ya rangkaian lnb harus lurus/sejajar. untuk penentuannya tergantung apakah fixed dish atau dish dengan penggerak, jika fixed dish maka cara menentukannya berlawanan dengan ketepatan sinyal lnb yg di maksud. misalkan pada lnb paling timur, jika sinyal lebih besar jika dish dimiringkan ke utara, maka posisi dish harus diputar sesuai arah jarum jam. tentang ini saya akan memposting dalam artikel tersendiri

    BalasHapus
  5. Salam kenal.. Maaf, nama facebooknya mas? Punya FP ga? Terima kasih! Kalau bisa mohon di balas ke :087774662727

    BalasHapus
  6. mas, alat untuk mencari satelit pada parabola punya ga? aku mau cari dmna ya. posisiku di SMG, tlg dibntu, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. alat apa ya? kl mau traking pake receiver mpeg2 aja cukup

      Hapus
  7. Mas, untuk pasang LN C band kan katanya harus dipasang dengan tanda 0 berada di Timur atau Barat. Pemasangan LNBnya apakah setelah set azimuth dish, ataukah setelah azimut dan deklinasi dish?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sebelom ngeset dish. tepatnya pada saat masang lnb pada scalaring

      Hapus
  8. Mas Adun Yang Baik Hati
    saya memiliki 2 lnb c band 2R, kalo saya mau nambah receiver jadi 2 atau 4, tanpa beli lagi receiver yg sdh ada, bagaimana caranya mas ?

    BalasHapus
  9. Mas Adun Salam kenal sebelumnya, untuk daerah kalimantan bagaimana menentukan azzimuth nya... dan apakah ukuran disk prabola 6 feet (185cm) bisa dipasangkan dengan 4 lnb, dan kalau bisa bagaimana cara pasang ke empat lnb tersebut. Dan saya ijin untuk pembelajaran saya mas adun sebelumnya terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja bro.. azimuth adalah memutar monting dish pada tiangnya hingga posisi lnb benar2 kearah barat-timur. dish 6ft daerah kalimantan bisa saja dipasang 4 lnb. yaitu 3 lnb c-band dan 1 ku-band. satelitnya palapa d, telkom 1, asiasat5 dan nss6.

      Hapus
  10. mas saya punya parabola 4 lnb dengan rx matrix hd pvr new...dapat satelit palapa, telkom, asiasat 3, asiasat5, klo mo ganti satelit gimana caranya dan kombinasi satelitnya apa aja,,trs ada update sw ma fw yg baru ga bwt matrix hd pvr new..trims..

    BalasHapus
  11. Sebelumnya salam kenal.... maaf ganggu y, saya mau tanya tentang recevier merk DAT 9610, Gemana caranya biar bisa di saluran tv, bisa select ALL satelit. soalnya.. saya pake 2 lnb... makasih...

    BalasHapus
  12. mas saya kok g dapet signal dari sat asiasat 5 dan thaicom 5 , gimana cara trackingnnya mas,,terima kasih

    BalasHapus
  13. Ass.. Mas adun yg baik minta fb nya atau no tlpnny donk.. Krm ke no 081992221184. Mksh mas adun..

    BalasHapus
  14. Bang…
    ane make parabola gerak..
    udah dapet palapa D.
    Tapi kok udah nyoba gerakkin parabola ke barat dikit dikit ttep gak nemu telkom ataupun asiasat ya?
    apa karena sudut elevation ane kurang?
    soalnya kemaren masang sendiri and ngira2 aja gerak kanan kiri horizontal sesuai derajat letak azimuth..

    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang terpenting untuk parabola gerak adalah azimutnya bro. kl ini lom pas ya sinyal satelit akan kabur kl digerakin

      Hapus
  15. Mas, mohon dibantu. Saya pasang parabola 7 ft merk Antarsat dengan LNB 4in1 Venus (yang sudah diset). Masalahnya saat membawa dishnya ada jaring yang lepas dari pinggirannya dan ada yang berlubang kecil juga. Sekarang sudah saya pasang dapat asiasat5,asiasat7,telkom1 dan palapa D, Tapi nggak maksimal, tidak semua channel bisa. RCTI bagus tapi MNCTV,RTV,I News TV tidak bisa. Kira-kira masalahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya coba dibagusin dishnhya, harus bener-bener reta lengkungannya biar sinyal maksimal.
      untuk 4 lnb, lebih baik pakai yg dua lnb, 2 set. trus digabungin

      Hapus
  16. salam kenal mas saya dari sumatra utara ,saya mo nanya .saya da parabola disc bekas pay tv saya mau tracking satelit thaicom 5 dgn ku ban sudah sya coba gagal trus malah yang kena satelit palapa D .mohon pencerahanya dong agar bisa lock thaicom 5. saya pakai receiver venus inova

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kl dapatnya palapa ya jauh to bos, harus di miringkan ke barat

      Hapus
  17. Maaf... Ada no hp yg bisa dihubungi? Mau nanya ttg pemasangan. Posisi di Boyolali. Mksh

    BalasHapus
  18. ASK
    min Cara memperkuat sinyal Telkom 1 solusinya gimana ato kurang kebarat ???,,, feed Telkom ane ilang channel2 sebagian ilang min,,, posisi ane semarang min!!!

    BalasHapus
  19. kalau kalteng sudut elevasinya kearah mana yah?

    BalasHapus
  20. mungkin agak tegak lurus bro, kl deklenasi itu sejajar dengan garis katulistiwa, jadi sebuah parabola kl sudut deklenasi dan azimuth dah tepat, tinggal digeser timur barat itu dah dapat semua satelit yang terjangkau

    BalasHapus
  21. dish ane klo dari palapa di geser ke barat signal thaicom5 ga maximal,, musti digeser ke selatan dikit deklenasinya,, sebaliknya jika di geser ke timur signal apstar 6 kurang maksimal musti di geser ke utara deklinasinya.. apakah azimut krg tpt dan perlu diputer lagi gan? klo tiang sudah tegak lurus soalnya.. makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu azimuthnya kurang pas. cara atasinya dish dputar berlawanan arah jarum jam. sedikit demi sedikit sampai benar2 pas. maksud saya putaran dish pada pipa tiang.

      Hapus
    2. maaf gan muter nya searah jarum jam atau berlawanan ya? makasih sebelumnya....

      Hapus
    3. kl kasus kaya punya anda, muternya harus berlawanan. cara seting dish fixed dan gerak beda. kl dish fix muternya harus searah jarum jam, tapi kalau dish gerak, muternya harus berlawanan

      Hapus
    4. dish saya tanpa actuator satu lnb.. saya cuma gerakin manual pake tangan mas..

      Hapus
    5. ya gak pa2, malah kreatif he.. he..

      Hapus

Bagi yang mau berkomentar silahkan di kolom ini.

Komentar tidak langsung muncul karena dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar yang mengandung spam.

Harap tidak mengulang-ulang pertanyaan yang sama.

~ by Najwa Tehnik