Cara Tracking Satelit

Cara Tracking Satelit - Arti Tracking Satelit disini adalah mengarahkan dish parabola tepat kearah satelit yang dituju sehingga bisa menangkap sinyal seoptimal mungkin.

Agar sebuah dish bisa menangkap sinyal dari satelit, kita harus menyetel tiga sudut sampai dish tersebut bisa mengarah ke satelit dengan tepat. Tiga sudut tersebut adalah sudut deklenasi, sudut elevasi, dan sudut azimuth.

Bagi yang sudah berpengalaman, traking satelit hanya butuh waktu kurang lebih lima menit atau paling lama sepuluh menit saja. Yang agak lama justru pada perakitan lnb dan dish.

Keberhasilan pemasangan antena parabola bukan hanya terletak pada keakuratan tracking saja. Melainkan yang juga sangat menentukan adalah perakitan lnb yang akurat.

Baca juga:
Jika perakitan lnb tidak akurat, sehebat apapun seorang teknisi, bahkan yang tracking teknisi kaliber tingkat dewa sekalipun, hasilnya bisa dipastikan tidak bagus karena akan terjadi bentrok antar satelit.


Sudut Deklenasi, Elevasi, Azimuth
Dalam pemasangan dish parabola, setelah perakitan lnb dan dish dan dish sudah di pasang di tiang penyangga, maka dish tersebut harus disetel terlebih dahulu. Penyetelan ini bertumpu pada tiga buah sudut, yaitu sudut deklenasi, sudut elevasi, dan sudut azimuth.

  1. Pertama adalah sudut deklenasi
  2. Sudut deklenasi adalah sudut yang menentukan kemiringan ke utara atau ke selatan. Lihatlah gambar dibawah ini:

    Cara Tracking Satelit

    Pada gambar diatas terlihat ada tanda panah. Itulah letak penyetelan sudut deklenasi. Dengan menyetel baut-baut tersebut, maka dish bisa goyang miring ke utara dan selatan. kemiringan dish ke utara dan selatan disebut sudut deklenasi.

    Sudut deklenasi ini berbeda-beda untuk setiap daerah. Misalnya untuk daerah jawa, posisi dish agak miring ke utara karena jawa berada disebelah selatan garis katulistiwa. Karena pada dasarnya semua satelit berada tepat di posisi garis katulistiwa.

    Bagi yang berada tepat di tengah garis katulistiwa tentunya posisi dish lurus keatas. Dan bagi yang berada disebelah utara garis katulistiwa, pada sudut deklenasi posisinya agak miring ke selatan.

  3. Kedua adalah sudut elevasi
  4. Sudut ini adalah menyetel kemiringan dish ke barat atau ketimur. Lihat baik-baik gambar berikut ini:

    Cara Tracking Satelit

    Penyetelan terletak pada gambar yang saya beri tanda panah. Sudut elevasi adalah menentukan kemiringan dish ke barat atau ketimur. Pada pemasangan parabola fixed dish, sudut inilah yang menentukan jarak antar lnb dalam pemasangan 2 lnb atau lebih.

    Sebagai contoh misalnya dalam pemasangan 2 lnb. Jika dimiringkan ke barat 1 lnb sinyalnya bagus sedangkan yang satunya lagi malah akan bagus jika dimiringkan ke timur, maka dalam hal ini sudut elevasi tidak akan ketemu karena jarak antar lnb tidak pas.

    Dalam pemasangan parabola gerak, sebenarnya yang bisa bergerak hanyalah sudut elevasi ini saja. Sehingga pada pemasangan parabola penggerak, tracking hanya dititik beratkan pada sudut deklenasi dan azimuth saja. sedangkan sudut elevasi diatur oleh penggerak.


  5. Ketiga adalah sudut azimuth
  6. Sudut ini sangat menentukan keberhasilan pemasangan 2 lnb atau lebih. Karena sudut ini sebagai penentu posisi 0 derajat lnb atau garis horisontal.

    Jika sudut ini kurang tepat, maka satu atau beberapa lnb tidak dapat menangkap sinyal dengan sempurna. Gambarnya sebagai berikut:

    Cara Tracking Satelit

    Pada gambar diatas terlihat penyetelan sudut azimuth dititik beratkan pada penempatan mounting dish ke pipa tiang. Lihatlah ada tanda melingkar pada gambar. Putaran itu untuk menyeting sudut azimuth. Penyetingan hanya memutar sedikit-sedikit hingga didapat posisi yang pas, setelah pas baut-baut dikencangkan agar mounting dish tidak bergeser dari pipa tiang.

    Sebenarnya ada 2 cara untuk menyetel sudut azimuth ini:
    • Yang pertama adalah memutar dish dari pipa tiang penyangga seperti pada gambar diatas.
    • Yang kedua adalah dengan memutar tiang fokus/stik.
    Namun cara yang kedua ini tidak saya anjurkan kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu, karena akan menyulitkan penyetelan sudut deklenasi dan elevasi.

    Cara kedua ini juga hanya berlaku untuk dish dengan tiang fokus tunggal. Sedangkan untuk tiang fokus tripot tidak bisa dilakukan karena posisi tiang fokus ke dish sudah paten.

    Sudut azimuth ini juga sangat menentukan keberhasilan tracking untuk parabola pakai penggerak. Pada Parabola penggerak, jika posisi sudut azimuth kurang tepat, maka akan terjadi miss sudut deklenasi. Ulasan cara pasang parabola penggerak sudah saya bahas dalam artikel tersendiri.
Demikianlah artikel Cara Tracking Satelit semoga bisa bermanfaat.

Baca juga: Alat Tracking Satelit

58 komentar untuk "Cara Tracking Satelit"

Comment Author Avatar
Salam kenal Mas Adun, sy Putu dr Denpasar, sy mau tanya: sy baru habis pasang parabola Matrix 7Ft,2 Lnb, sy hanya dpt 2 stelit(PalapaD n Telkom1) setelah digeser2 barat-timur, satelit yg lain tidak ada kualitas sinyal, kira2 apa ya yg jadi masalah? Matur suksma
Comment Author Avatar
secara umum, pemasangan fixed dish (gak pake motor) memang tidak mengutamakan bertumpunya ketepatan dish pada jalur sudut elevasi, melainkan ketepatan sudut elevasi bertumpu pada lnb. walaupun kadang-kadang dalam beberapa pemasangan parabola fixed dish, sudut elevasi dish sudah tepat, namun itu bukanlah suatu kesengajaan.

kemungkinam besar pemasangan dish anda sudut azimuth nya tidak tepat, sehingga jika digeser ke barat/timur, maka sudut elevasi menjadi tidak pas
Comment Author Avatar
mohon pencerahannya mas.. cara mengetahui sudut azimuth itu gimana mas? apa cuma rangkaian LNB musti lurus timur-barat?
Comment Author Avatar
ya rangkaian lnb harus lurus/sejajar. untuk penentuannya tergantung apakah fixed dish atau dish dengan penggerak, jika fixed dish maka cara menentukannya berlawanan dengan ketepatan sinyal lnb yg di maksud. misalkan pada lnb paling timur, jika sinyal lebih besar jika dish dimiringkan ke utara, maka posisi dish harus diputar sesuai arah jarum jam. tentang ini saya akan memposting dalam artikel tersendiri
Comment Author Avatar
Salam kenal.. Maaf, nama facebooknya mas? Punya FP ga? Terima kasih! Kalau bisa mohon di balas ke :087774662727
Comment Author Avatar
mas, alat untuk mencari satelit pada parabola punya ga? aku mau cari dmna ya. posisiku di SMG, tlg dibntu, thx
Comment Author Avatar
alat apa ya? kl mau traking pake receiver mpeg2 aja cukup
Comment Author Avatar
Mas, untuk pasang LN C band kan katanya harus dipasang dengan tanda 0 berada di Timur atau Barat. Pemasangan LNBnya apakah setelah set azimuth dish, ataukah setelah azimut dan deklinasi dish?
Comment Author Avatar
ya sebelom ngeset dish. tepatnya pada saat masang lnb pada scalaring
Comment Author Avatar
Mas Adun Yang Baik Hati
saya memiliki 2 lnb c band 2R, kalo saya mau nambah receiver jadi 2 atau 4, tanpa beli lagi receiver yg sdh ada, bagaimana caranya mas ?
Comment Author Avatar
Anonim 18 Maret
Mas Adun Salam kenal sebelumnya, untuk daerah kalimantan bagaimana menentukan azzimuth nya... dan apakah ukuran disk prabola 6 feet (185cm) bisa dipasangkan dengan 4 lnb, dan kalau bisa bagaimana cara pasang ke empat lnb tersebut. Dan saya ijin untuk pembelajaran saya mas adun sebelumnya terimakasih...
Comment Author Avatar
sama aja bro.. azimuth adalah memutar monting dish pada tiangnya hingga posisi lnb benar2 kearah barat-timur. dish 6ft daerah kalimantan bisa saja dipasang 4 lnb. yaitu 3 lnb c-band dan 1 ku-band. satelitnya palapa d, telkom 1, asiasat5 dan nss6.
Comment Author Avatar
Anonim 11 Juli
mas saya punya parabola 4 lnb dengan rx matrix hd pvr new...dapat satelit palapa, telkom, asiasat 3, asiasat5, klo mo ganti satelit gimana caranya dan kombinasi satelitnya apa aja,,trs ada update sw ma fw yg baru ga bwt matrix hd pvr new..trims..
Comment Author Avatar
Anonim 29 Juli
Sebelumnya salam kenal.... maaf ganggu y, saya mau tanya tentang recevier merk DAT 9610, Gemana caranya biar bisa di saluran tv, bisa select ALL satelit. soalnya.. saya pake 2 lnb... makasih...
Comment Author Avatar
mas saya kok g dapet signal dari sat asiasat 5 dan thaicom 5 , gimana cara trackingnnya mas,,terima kasih
Comment Author Avatar
Ass.. Mas adun yg baik minta fb nya atau no tlpnny donk.. Krm ke no 081992221184. Mksh mas adun..
Comment Author Avatar
Bang…
ane make parabola gerak..
udah dapet palapa D.
Tapi kok udah nyoba gerakkin parabola ke barat dikit dikit ttep gak nemu telkom ataupun asiasat ya?
apa karena sudut elevation ane kurang?
soalnya kemaren masang sendiri and ngira2 aja gerak kanan kiri horizontal sesuai derajat letak azimuth..

Trims..
Comment Author Avatar
yang terpenting untuk parabola gerak adalah azimutnya bro. kl ini lom pas ya sinyal satelit akan kabur kl digerakin
Comment Author Avatar
Mas, mohon dibantu. Saya pasang parabola 7 ft merk Antarsat dengan LNB 4in1 Venus (yang sudah diset). Masalahnya saat membawa dishnya ada jaring yang lepas dari pinggirannya dan ada yang berlubang kecil juga. Sekarang sudah saya pasang dapat asiasat5,asiasat7,telkom1 dan palapa D, Tapi nggak maksimal, tidak semua channel bisa. RCTI bagus tapi MNCTV,RTV,I News TV tidak bisa. Kira-kira masalahnya dimana ya?
Comment Author Avatar
ya coba dibagusin dishnhya, harus bener-bener reta lengkungannya biar sinyal maksimal.
untuk 4 lnb, lebih baik pakai yg dua lnb, 2 set. trus digabungin
Comment Author Avatar
salam kenal mas saya dari sumatra utara ,saya mo nanya .saya da parabola disc bekas pay tv saya mau tracking satelit thaicom 5 dgn ku ban sudah sya coba gagal trus malah yang kena satelit palapa D .mohon pencerahanya dong agar bisa lock thaicom 5. saya pakai receiver venus inova
Comment Author Avatar
wah kl dapatnya palapa ya jauh to bos, harus di miringkan ke barat
Comment Author Avatar
Maaf... Ada no hp yg bisa dihubungi? Mau nanya ttg pemasangan. Posisi di Boyolali. Mksh
Comment Author Avatar
Anonim 08 Agustus
ASK
min Cara memperkuat sinyal Telkom 1 solusinya gimana ato kurang kebarat ???,,, feed Telkom ane ilang channel2 sebagian ilang min,,, posisi ane semarang min!!!
Comment Author Avatar
ya telkomnya dibuat fukus bro
Comment Author Avatar
kalau kalteng sudut elevasinya kearah mana yah?
Comment Author Avatar
mungkin agak tegak lurus bro, kl deklenasi itu sejajar dengan garis katulistiwa, jadi sebuah parabola kl sudut deklenasi dan azimuth dah tepat, tinggal digeser timur barat itu dah dapat semua satelit yang terjangkau
Comment Author Avatar
Anonim 31 Oktober
dish ane klo dari palapa di geser ke barat signal thaicom5 ga maximal,, musti digeser ke selatan dikit deklenasinya,, sebaliknya jika di geser ke timur signal apstar 6 kurang maksimal musti di geser ke utara deklinasinya.. apakah azimut krg tpt dan perlu diputer lagi gan? klo tiang sudah tegak lurus soalnya.. makasih..
Comment Author Avatar
itu azimuthnya kurang pas. cara atasinya dish dputar berlawanan arah jarum jam. sedikit demi sedikit sampai benar2 pas. maksud saya putaran dish pada pipa tiang.
Comment Author Avatar
Anonim 31 Oktober
maaf gan muter nya searah jarum jam atau berlawanan ya? makasih sebelumnya....
Comment Author Avatar
kl kasus kaya punya anda, muternya harus berlawanan. cara seting dish fixed dan gerak beda. kl dish fix muternya harus searah jarum jam, tapi kalau dish gerak, muternya harus berlawanan
Comment Author Avatar
Anonim 31 Oktober
dish saya tanpa actuator satu lnb.. saya cuma gerakin manual pake tangan mas..
Comment Author Avatar
ya gak pa2, malah kreatif he.. he..
Comment Author Avatar
halo masbro..saya punya masalah yaitu sebelumnya yang ada di list cuma satelit palapa D dan telkom1 dan bisa menangkap siaran net tv,trans tv,tras7.Lalu muncul sendiri satelit yang lain seperti asiasat,thaicom dll mungkin sekitar 8 satelit baru dan net tv,trans tv,trans7 nya ilang meskipun sudah di scan otomatis di semua satelit...itu knp ya masbro?
Comment Author Avatar
pengaturan satelitnya salah mungkin bro. pada satelit telkom dirubah2 pengaturan diseq/22k nya
Comment Author Avatar
problem solved masbro...makasih banyak
Comment Author Avatar
Anonim 20 Agustus
besuk praktek
Comment Author Avatar
jgn bosen2 ngurusin pemula ya mas adun, kalo dalam tracking, yg pertama yg mana dulu mas, azimut, deklenasi apa elevasi, seandainya semua sdh ketemu brapa2 drajatnya,, posisi pertama tegak lurus keatas, utara selatan timur barat dalam kondisi imbang, semoga tau maksud saya
Comment Author Avatar
Azimut dulu, posisi dikira2 2 lnb diarahkan timur-barat. kemudian deklenasi dan elevasi
Comment Author Avatar
ok mas,, trima kasih, baru dapat palapa sama asiasat3s.. yg telkom sama asiasat5 belum ketemu
Comment Author Avatar
SIGNAL TELKOM 1 PADA HILAG GIMANA NIE SOLUSINYA MASBROWW TRIMA KASIH
Comment Author Avatar
Sementara pindah di satelit palapa, discan saja nanti masuk chanelnya
Comment Author Avatar
Kabar terbaru telkom 1 pindah ke telkom 3s Silahkan baca Merubah posisi lnb telkom 1 ke telkom 3s
Comment Author Avatar
halah.... tambah mumet...
Comment Author Avatar
mo nanya ni, apakah setiap LNB itu hanya digunakan untuk satu satelit jika elevasi nya berbeda..?
Comment Author Avatar
untuk parabola fixed (tidak pakai penggerak), 1 lnb menerima 1 titik fokus. Jadi kl dalam 1 orbit terdapat beberapa satelit maka satelit dapat ditangkap semua
Comment Author Avatar
makasih mas tutorialnya,, jadi lebih ngerti kalau mau ujicoba tracking sendiri
Comment Author Avatar
Bos, mo tanya. Bagaimana cara menentukan titik sudut AZIMUTH parabola, misalnya, 15 derajad.
Comment Author Avatar
Gak perlu pakai derajat bro. Misalkan 2 lnb, kl sudut deklenasi kedua lnb sudah betul, otomatis azimuth juga betul.
Untuk 1 lnb pakai penggerak, kl satelit posisi barat deklenasinya bagus, terus diarakhan ke satelit timur, kok deklenasinya bagus, maka sudut azimuth sudah betul
Comment Author Avatar
Mas, antara thaicom dan intelsat 20 ketemu sudut deklanasi kedua satelit mengalami penurunan sinyal. Apa solusinya agar sinyal kedua satelit tetap maksimal.
Mohon pencerahan sob
Comment Author Avatar
Sudut azimuth berarti kurang pas
Comment Author Avatar
gan cara agar sudut azimuth biar pas 0 itu gimana ya gan tolong donk gan caranya
Comment Author Avatar
Garar ajurat ya di set seperti parabola penggerak. Silahkan baca di: Teori tracking Parabola Penggerak
Comment Author Avatar
Mas Adun,

Mau nanya nih mas, saya coba setel parabola Big TV, buat nentuin sudut elevasi dan azimuth yang pas gimana ya? Saya coba setel sudut kemiringan parabolanya dapet sinyal 70% kemudian hilang ataukah faktor parabola yang terhalang benda, misal daun pohon pisang

lokasi saya di Kediri, Jawa Timur, saya coba track pake satfinder ketemu az=57,3 el=73,3 lnb=56,5, oiya lnb ini apa ya?

Terima kasih
Comment Author Avatar
Mas saya dari bima ntb, saya kebingungan, saya di palapa ada kualitas sinyal, sedangkan di telkom 3s tidak ada kualitas sinyal, gimana solusinya? Terima kasih
Comment Author Avatar
Coba ditracking elkomnya dulu. kl dah ketemu bisa dikira2 posisinya
Comment Author Avatar
Bg . Salam kenal dari Kalbar.. saya rencana mw beli dish 6 feet.. dan pake lnb ku band aj.. saya msh bngung.. gmn pasang posisi dish ny.. apa menghadap ke barat sprti dish mini umumnya.. buat satelit chinasat,measat dll.. atau dish ny menghadap ke atas lurus.. mohon bantuannya mas.. trims.. Kalimantan barat
Comment Author Avatar
Untuk kalimantan barat dish menghadap lurus keatas. sama seperti pakai lnb c-band. konektor lnb mengarah lurus utara atau selatan. tinggal kemiringan barat dan timur diatur sesuai satelit yang di lock