Switch 22k model jadul dan model sekarang

Pada saat pertama saya terjun dalam dunia parabola, yang namanya switch baik 22k ataupun dseq belumlah ada. Waktu itu kalau pasang parabola 2 lnb harus menggunakan switch buatan sendiri, yaitu dengan memanfaatkan suplay tegangan 12v yang pada waktu itu rata-rata resiver memiliki fitur ini.

Pembuatan switch ini cukup sederhana karena cukup menggunakan rilay 12v sebagai komponen utama untuk mensuplai/membagi arus antaran lnb satu dengan lainnya. Ini agak ribet karena harus menambah lagi sebuah kabel untuk mensuplay arus voltase ke relay.

Lama kelamaan muncullah sebuah switch yang disebut 22k. Basis switch ini bertumpu pada frekuensi 22khz yang dijadikan satu dengan jalur suplai arus 13v/18volt untuk tegangan lnb.

Alat ini terdiri dari beberapa transistor jenis bipolar dan rilay. Transistor bekerja merubah frekuensi 22khz menjadi voltase yang kemudian voltase ini digunakan untuk meng on-off kan rilay sebagai switch kedua buah lnb.

Voltase yang digunakan didapat dari voltase untuk suplai lnb (13/18volt). Perhatikan gambar dibawah ini:

gambar switch 22k keluaran dahulu

Setelah itu seiring perkembangan teknologi, switch 22k model sekarang tidak lagi menggunakan rilay untuk komponen dasarnya.

Switch 22k model sekarang hanya cukup menggunakan beberapa transistor bipolar saja dan transistor feet sbagai penguat akhir. gambarnya seperti ini:

gambar switch 22k medel sekarang

Keunggulan switch model jadul adalah mampu menekan kebocoran arus hingga 0 volt karena dengan rilay, suplay arus bisa benar-benar 100% putus.

Sedangkan switch yang menggunakan transistor kebocoran arus berkisar antara 0,10 sampai 0,30 volt.

Bahkan beberapa bulan lalu saya menjumpai switch 22k dari salah satu merk yang penguat akhirnya menggunakan transistor jenis bipolar dan sayapun langsung mengetesnya, hasilnya arusnya bocor lebih dari 0,60 volt.

Namun kini merk tersebut sudah kembali menggunakan transistor jenis feet.

Dan kini sudah ada switch diseq yang bisa untuk memasang empat lnb sekaligus sehingga lebih mudah dalam pemasangannya.

Belum ada Komentar untuk "Switch 22k model jadul dan model sekarang"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel