Cara Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New lewat Komputer

Daftar Isi
Cara Mengupgrade Matrix Prolink HD Ethernet New lewat Komputer - Matrix Prolink HD Ethernet adalah receiver yang bisa menangkap sinyal dvb-s1, dvb-s2 dengan format mpeg2, mpeg4, dan HD.

Receiver ini sudah suport PVR yang bisa untuk merekam dan memutar rekaman tersebut serta file gambar dengan koneksi USB. USB ini juga bisa digunakan untuk meng-upgrade softwarenya. Cukup dengan flaskdisk kita sudah bisa untuk mengupgrade software ke versi yang lebih baru.

Namun kadang-kadang dalam proses upgrade ini terjadi kegagalan. Biasanya terjadi karena ketika proses upgrade tiba-tiba listrik padam atau karena versi software yang tidak sesuai.

Akibatnya resiver tersebut  menjadi mati. Umumnya kematian ini sering disebut mati suri karena dibilang mati, nyatanya resiver ini belum mati.

Dibilang hidup, kenyataannya juga tidak mau menyala. Jika mengalami hal seperti ini, anda tidak perlu hawatir, karena resiver ini masih bisa hidup kembali dengan meng-upgradenya melalui komputer. Caranya akan saya jelaskan sebagai berikut:

Alat yang Dibutuhkan

Pertama yang dibutuhkan adalah komputer. Speknya sembarang, pentium 1 juga bisa. Pakai laptop juga bisa asalkan ada com-port nya.

Kalau tidak ada com-port nya seperti laptop atau netbook, anda perlu alat tambahan usb to rs232 seperti ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Kemudian yang kedua adalah software dan tool nya. Software adalah file dengan ekstensi ( .abs ) yang akan dimasukkan ke resiver yang mati suri tersebut.

Sedangkan tool adalah program yang digunakan untuk memasukkan software kedalam recever.

Untuk software dan toolnya anda bisa download di banyak situs yang menyediakannya. Atau bisa juga anda download : Tool / loader Matrix Prolnk HD Ethernet New. Atau anda juga menggunakan versi lain karena tool dan software ini banyak versinya.

Yang ketiga adalah 3 helai kabel. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan resiver ke komputer. Untuk sambungan (colokannya) anda bisa menggunakan konektor rs232 db9 female,

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Namun jika tidak ada, anda bisa mensoldernya. saya sendiri lebih suka mensoldernya karena nyambungnya lebih mantap.

Cara nyambungnya adalah seperti gambar dibawah ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Dari 9 pin rs232, yang dibutuhkan hanya 3 pin saja. yaitu pin 2,3, dan 5. Yang ada tulisan Gnd adalah pin 5. Sedangkan yang disilang adalah rx dan tx (pin 2 dan 3).

Untuk mengetahui yang mana nomor2 pinnya, anda bisa memanfaatkan pin ke-5 ini. Pin ini adalah ground, jadi anda bisa mengetesnya menggunakan multi tester.

Jika yang menyambung ke ground atau short ke ground, berarti itulah pin ke-5 dan setelah pin ke-5 ini ketemu, maka anda bisa menyambung pin ke 2 dan 3 dengan mencocokkan sesuai gambar.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakanlah kabel yang groundnya besar, misalnya kabel head untuk tape player. Kabel ini sangat bagus karena kabel untuk rx dan tx di bungkus ground dengan sangat rapat. Dan juga gampang di cari, ditoko-toko listrik biasanya ada.

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Proses Upgrade

Setelah semua beres, maka kita tinggal menjalankan proses upgrade. Pertama buka toolnya, maka akan muncul jendela seperti ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New
  1. Port (com1) bisa anda rubah sesuai dengan sambungan komputer anda, misalnya anda menyambungkan pada com2, maka pada port juga harus com2.
  2. Bits rate diisi dengan yang paling tinggi saja agar prosesnya cepat.
  3. Parity juga bisa diisi sembarang, saya juga gak ngerti maksudnya, tapi diisi sembarang bisa.
  4. Operate mode diisi upgrade
  5. Pada file, anda cari software yang akan dimasukkan ke resiver. Anda bisa memilih software yang anda download pada link diatas.
  6. Include bootloader harus anda centang kalau tidah dicentag, walaupun upgrade selesai, resiver tetap tidak bisa menyala.
Setelah itu klik Next dan kemudian akan muncul jendela seperti ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Kemudian hidupkan resiver dengan menekan tombol panel belakang.

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Setelah beberapa saat muncul tulisan "synchronizing STBs ... Done" dan proses download dimulai. Gambarnya seperti ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Jika proses download tidak mau star dan malah terdeteksi flash memori error, maka klik back. Setelah kembali kehalaman sebelumnya, silahkan anda klik next (proses diulang lagi) karena pada tahap ini belum tentu dalam sekali jalan langsung jadi.

Ini dikarenakan tiap-tiap perangkat belum tentu sama. Kemudian matikan resiver dengan menekan tombol panel belakang.

Kemudian tekan dan jangan lepaskan tombol power panel depan sambil hidupkan resiver dengan meng on kan panel belakang. ingat! tombol power panel depan jangan dilepaskan.

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Maka setelah beberapa saat deteksi stb selesai. "synchronizing STBs  ...    Done". Tombol power panel depan jangan dilepaskan sampai prosed download mulai.

Anda bisa mengulang beberapa kali sampai proses download bisa berjalan. Setelah proses download bisa star, anda lepaskan tombol power panel depan.

Setelah proses download selesai, gambarnya seperti ini:

Upgrade Matrix Prolink HD Ethernet New

Kemudian klik next untuk memulai proses burning, setelah proses burning selesai klik finish dan proses upgradepun selesai. Receiver langsung on dan sembuh dari mode on atau mati suri.
Mas Adun
Mas Adun Saya hanyalah wong ndeso yang sehari-hari ngutak-atik parabola. saya sengaja menulis artikel-artikel tentang parabola untuk sekedar sharing atau berbagi pengalaman kepada rekan-rekan seprofesi. saya mohon maaf apabila tulisan saya tidak teoritis dan bahasanya tidak ilmiah karena saya hanya menulis tentang apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman dan penalaran dan telah saya uji dengan alat seadanya.

212 komentar

Comment Author Avatar
Anonim
5/12/14 Hapus
gimana cara nanganin proses download saat "OTA upgrade" . udah 100% tp gak selesai2, gak balik ke acara TV lagi, udah di exit, di off bolak balik tetep balik upgrade kyk gitu. tlg dijawab. Makasih
Comment Author Avatar
20/12/14 Hapus
resiver merk apa?
woowww ....keren mas adun....gmna kbar sobat...?????
Comment Author Avatar
Anonim
5/5/15 Hapus
Salam kenal Gan,receiver Trendsat HD T5+ sy mendadak ilang siaran dan lampu On idup-mati,tolong dong solusinya,makasih
kl lampu hidup mati (kedip2) biasanya regulator nya yg rusak
Kalo pin RS232 di hubungkan ke TTL untuk flash bisa gak Min??
Gak bisa