Upgrade Receiver Mpeg2 Ali m3328 / m3329

Walaupaun saat ini sudah ketinggalan fitur, namum sebenarnya masih sangat banyak yang menggunakan Receiver Mpeg 2 biasa. Terutama untuk daerah-daerah pedesaan yang umumnya hanya membutuhkan chanel-chanel lokal nasional standar.

Bahkan Receiver Mpeg2 lebih diminati oleh masyarakat pedesaan karena receiver mpeg2 sangatlah mudah dalam pengoperasiannya dibandingkan dengan resiver mpeg4 dan HD yang menu-menunya memang agak ribet.

Sengaja saya posting cara upgrade receiver mpeg2 Ali m3328 / m3329 ini karena ada permintaan beberapa teman yang masih membutuhkan tutor cara mengupgrade receiver mpeg2. Bagi yang sudah tidak membutuhkannya ya abaikan saja.

Upgrade Receiver Mpeg2
Upgrade receiver mpeg2 dilakukan untuk sarana servis karena kadang kala receiver ini mati suri, bisa hanya mode on saja, atau restar terus menerus, atau hanya nyala lampu merah saja, atau hanya nyala strip-strip saja pada display depan, atau mungkin upgrade hanya untuk sekedar main-nain saja.

Umumnya receiver mpeg2 menggunakan chipset Ali m3328 atau m3329, dan menggunakan memori berkapasitas 2 sampai 4 mb dengan firmware 512kb. Hampir semua receiver jenis ini menggunakan slot rs232 4pin, jadi tidak bisa disambungkan secara langsung baik ke komputer maupun ke receiver master jika upgrade dari receiver ke receiver. Dari receiver yang akan diupgrade ke computer atau master receiver harus lewat penguat ttl terlebih dahulu.


Proses Upgrade
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sambungkan receiver ke re232 pada computer, tentunya lewat penguat terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi toolnya. Jika belum punya bisa download di  laman Download Center.

Selanjutnya buka tool yang sudah di download tadi. ketika dibuka tampilan pertama seperti ini:


Kemudian diseting seperti gambar diatas. Lihatlah baik-baik gambar diatas. penyetingan sesuai pada gambar yang sudah ditandai dengan anak panah.

Posisi receiver jangan dihidupkan dulu atau dengan kata lain masih dalam keadaan mati. setelah itu klik next, maka akan muncul tampila sebagai berikut:


Setelah itu nyalakan resiver, Check Serial Port Status menjadi Done dan kemudian dengan sendirinya melanjutkan ke porses downloading. tampilan akan berubah seperti ini:



Setelah selesai sampai 100%, dan kemudian klik next. Lihatlah penampakan pada gambar dibawah ini:



Proses burn pun berjalan. Ingat pada proses burn ini resiver tidak boleh mati. Jika resiver mati, maka resiver yang semula hidup pun akan jadi mati karena firmware belum komplit. Tetapi sebenarnya tidak masalah toh jika mati, bisa diupgrade mulai dari awal lagi.

Cermatilah Gambar dibawah ini. Gambar ini menunjukkan kalau proses upgrade sudah selesai. Pada bagian bawah ada dua buah tombol aktif, yaitu next dan finish. jika sudah tidak ingin mengupgrade lagi, klik tombol finish, Jika masih ingin mengupgrade receiver lainnya, klik Next.


Setelah burn selesai, receiver pun akan hidup booting untuk pertama kalinya dan upgrade pun selesai.


6 Komentar untuk "Upgrade Receiver Mpeg2 Ali m3328 / m3329"

  1. Kalo untuk lgsat shine 101 mpeg2 apakah sama juga om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya blm pernah pegang rx tsb, tp kl rx kelauaran tahun 2010 keatas sama saja

      Hapus
  2. Bantuanya gan..kalo reciever mpeg2 bisa ndak di up mpeg4.. Klao bisa gmna caranya
    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa. Komponennya gak mampu memutar format mpeg4

      Hapus
  3. GAN MAAF MAU NANYA, SAYA UDAH UPGRADE VIA EROM... SUDAH SUCCESFULLY... TETAFI TULISAN DI RX NYA CUMAN MUNCUL "SH"
    KALO PAKE FIRMWARE YG LAIN MALAH GK BISA.... ADA SOLUSI??

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Dilarang Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel