Cara flash receiver dengan CH341A

Cara flash receiver dengan CH341A - Ketika kita salah memasukkan software pada receiver, maka receivernya tidak bisa lagi booting atau loading sehingga receiver menjadi mati suri. Kadang-kadang bisa loading namun hanya mode on saja dan berhenti disitu, tidak bisa meneruskan sampai selesai. Untuk mengatasi hal itu kita bisa memflasnya atau mengupgradenya dengan komputer.

Kendalanya, kita sering kesulitan mencari tool loader yang sesuai dengan receiver yang mati suri tersebut. Ditambah lagi komputer sekarang rata-rata model laptop yang tidak ada slot rs232 nya. Komputer model desktop juga sudah jarang yang ada slot rs232 nya. Dan juga tidak semua tool loader mampu mendeteksi receiver yang mati suri.

Solusinya kita bisa mensoftware receiver yang mati suri dengan alat CH341A. Alat ini tidak hanya untuk flash receiver saja namun bisa memflash alat-alat lain seperti komputer atau laptop, tv tabung, tv led, proyektor, dan lain-lain. Intinya CH 341A bisa memflash eeprom dengan model 24XX dan 25XX. Namun pada artikel ini admin memfokuskan flash pada receiver saja. Bisa untuk receiver mpeg2 maupun receiver mpeg4 atau HD.

Yang dibutuhkan adalah CH 341A, Tool, driver, dan komputer tentunya. Driver dan tool bisa anda ambil di Download Center. Pertama instal driver CH341A pada komputer. Caranya bisa lihat di Cara Install Driver CH341A. Setelah driver terinstall dan CH 341A sudah konek ke komputer, buka tool CH341A programer, maka akan tampil seperti ini:

Cara flash receiver dengan CH341A

Setelah terbuka, cek tulisan kecil dibagian pojok kanan bawah. Jika sudah tersambung, disitu ada tulisan "Device state: Connected" berwarna hitam. Itu menandakan kalau driver sudah terinstal, jika tulisannya "Device state: NotConnect" berwarna merah, berarti driver belum terinstal.

Kemudian klik detect, tool ini secara otomatis mengenali tipe memori milik kita. Tidak semua tipe memori dapat dideteksi tool ini, tapi jangan khawatir. Walaupun seri dari meori kita tidak terdeteksi tipenya, namun tetap bisa di flash dengan alat ini. Caranya kita isi kolom-kolom yang ada disebelah kiri secara manual. Berikut pengisian kolom secara manual:

Cara flash receiver dengan CH341A

Kemudian lihatlah deretan menu pada gambar diatas. Menu-menu ini memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut penjelasannya:
  • Open. Berguna untuk membuka software yang akan dimasukkan ke memori.
  • Save. Gunanya untuk menyimpan software. Misalkan kita ingin mengcopy sofware sebuah receiver yang masih normal, maka kita bisa mengklik read, setelah read selesai kita bisa men Save nya.
  • Fill. Gunanya untuk mengedit software. Kalau hanya mengupgrade receiver mati suri ini tidak diperlukan.
  • Swap. Gunanya seperti Fill.
  • Auto. Gunanya untuk menjalankan beberapa menu sekaligus. Dimenu auto terdapat tombol dropdown. disitu ada pilihan apa saja eksekusi yang akan dilakukan dengan tombol auto
  • Blank. Berguna untuk mengecek apakah memori kita koson atau ada isinya.
  • Read. Fungsinya untuk membaca software yang ada pada memori kita.
  • Write. Fungsinya untuk mengisi software yang sedang terbuka ke dalam memori
  • Verifi. Fungsinya untuk memverifikasi data yang sudah dimasukkan kedalam memori
  • Erase. Berguna untuk menghapus data yang ada dalam memori kita.

Seperti itulah gambaran fungsi menu pada tool ch341a. Sedikit panduan untuk mem flash sebuah memori:
  1. Cara otomatis. Klik Open untuk membuka software yang akan dimasukkan. Kemudian klik auto, maka proses akan berjalan sampai selesai.
  2. Cara satu persatu. Klik Open untuk membuka software yang akan dimasukkan, kemudian klik erase, maka memori akan kosong. Kemudian klik write maka software akan dimasukkan kedalam memori. Klik Verify agar data yang masuk sempurna.
Untuk membackup data pada memori receiver normal. Klik write. Setelah selesai, klik Save dan simpan ditempat yang anda inginkan.

Update 23 April 2018
Ch341a ini bisa untuk mengeflash berbagai perangkat. Walaupun tipe file disuport dalam tool ch341a ini hanya ekstensi .bin .rom dan .hex, namun tool ini sebenarnya bisa mengeflash dengan ekstensi lainnya seperti .abs. .ap dan lain-lain.

Caranya klik open, kemudian klik Files of type, kemudian pilih all file. Maka semua file akan muncul.

Cara flash receiver dengan CH341A

Setelah Files of type di pilih All file, maka semua file akan muncul dan silahkan buka file yang akan dimasukkan ke memori. Kemudian lakukan proses pengisian.

15 Komentar untuk "Cara flash receiver dengan CH341A"

  1. Kalau mau flash apakah ic nya wajib di lepas atau bisa main jumper

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dijumper saja, namun tidak semua bisa. kl dijumper tidak bisa maka harus dilepas

      Hapus
  2. Klau sdh keluar tulisan vercay succes.pas sy clik vercay yg keluar not egoul knpa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau kl vercay bro. Pakai bahasa inggris biar lebih enak

      Hapus
    2. Maaf gan verify maksudny

      Hapus
  3. File abs hrus di ekstak ke file tipe apa min bila mau flash mbs1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dirubah ekstensinya, tinggal di open saja. Caranya silahkan baca kembali postingan diatas. Di konten postingan bagian bawah sudah saya update

      Hapus
  4. download sw untuk getmecom dmna min

    BalasHapus
  5. Kalo untuk matrix garuda hd merah, bisa kah di pake cara ini, mohon pencerahaannya, thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bro, Kl pakai cara ini maka id matrix garudanya hilang dan hanya menjadi receiver biasa

      Hapus
    2. Jadi, solusinya harus bgmna bro, mhon bantuannya.

      Hapus
    3. Coba konsultasikan ke pihak matrix saja

      Hapus
  6. Saya punya usb to ttl punya cdi racing, kabel merah +5 volt, kabel hitam GND, sisa hijau sama biru yg tidak tau yg mana tx atau rx, gimana cara mengetahui tx dan rx dr kedua kabel tersebut tanpa bongkar usb to ttl nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna yg biasa digunakan:
      Merah : 5 volt
      Hitam : Gnd
      Hijau :tx
      Biru : rx

      Tapi warna terkadang tidak sama. Dicoba saja kalau bisa jalan berarti pas dan kl gak jalan berarti tidak pas. posisi kebalik tidak akan merusak komponennya

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Dilarang Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel