Penyebab Gagal Tracking dalam Mencari Telkom 3s

Daftar Isi
Penyebab Gagal Tracking dalam Mencari Telkom 3s - Setelah satelit telkom tidak dapat berfungsi, maka chanel yang semula di satelit telkom 1 dipindahkan ke satelit telkom 3s. Dunia parabola pun jadi geger karena semua parabola yang menggunakan satelit telkom 1 harus ditracking ulang agar bisa menerima siaran satelit telkom 3s. Seketika itu juga banyak tutor-tutor di internet tentang cara tracking satelit telkom 3s ini.

Walaupun tracking telkom 3s cukup mudah, namun ternyata masih ada sebagian orang yang belum bisa menaklukkannya. Ada yang malah terlock chanel luar negeri, ada yang semua chanel jadi hilang, dan lain-lain. Berdasarkan pesan yang masuk ke inbox saya, rata-rata kesalahannya sama (selain kesalahan prosedur). Apa itu?

Pada tutor yang pernah admin tulis tentang tracking telkom 3s, silahkan baca: cara merubah telkom 1 ke telkom 3s, disitu ada dua cara tracking satelit telkom 3s, yaitu dengan mumutar tiang fokus dan menggeser posisi dish parabola ke timur.

Penyebab tidak berhasil tracking telkom 3s dengan cara pertama adalah memutar tiang fokusnya kurang pas, artinya memutarnya tidak 180 derajat. lihatlah gambar berikut ini:

Kesalahan putar tiang fokus

Ini kesalahan biasa dan mudah diperbaiki karena harus diputar sedikit-sedikit sampai akhirnya bisa lock. Cara ini paling mudah, namun kendala utamanya tiang fokus sudah tidak dapat diputar karena sudak karatan. Kalau sudah karatan, otomatis harus pakai cara kedua, yaitu menggeser dish parabola ke timur.

Setelah merubah seting switch pada menu receiver sudah betul dan dish digeser ke timur, namun ternyata telkom 3s belum mau dilock. Diotak atik ternyata belum lock juga. Kenapa belum lock?

Penyebab gagal tracking telkom 3s dengan cara ini adalah karena posisi pergerakan dish tidak sesuai dengan arah timur barat lnb sehingga posisi lnb menjauh dari titik fokus dish. Lihatlah gambar berikut ini:

Kesalahan tracking telkom 3s

Kalau ketidak sesuaian pergerakan ini sedikit, maka satelit masih bisa terlock sedikit, tapi kalau ketidak sesuaian pergerakan cukup signifikan, maka satelit tidak terlock sama sekali.


Posting Komentar