Rangkaian Suplai Arus Vertikal Horisontal Model 15 Volt dan 20 Volt

Daftar Isi
Rangkaian Suplai Arus Vertikal Horisontal Model 14 Volt dan 20 Volt - Seperti sudah pernah dibahas sebelumnya, bentuk rangkaian suplai arus lnb pada sebuah receiver ada beberapa model. Silahkan baca: Suplai vertika horisontal pada receiver.

kali ini saya akan memberi gambaran rangkain arus suplai vertikal horisontal yang ada pada receiver dengan model 15 volt dan 20 volt. 15 volt digunakan untuk mensuplai vertikal dan 20 volt digunakan untuk mensuplai horisontal.

Regulator receiver jenis ini harus memiliki dua buah tegangan, yaitu 15 volt dan 20 volt untuk mensuplai arus yang akan digunakan oleh lnb. Jenis ini adalah yan paling banyak digunakan untuk saat ini. Jenis ini juga yang paling gampang perbaikan jika terjadi kerusakan, karena jenis ini sangatlah simpel dalam kinerjanya.


Cara kerja jenis ini adalah arus 14 volt dimasukkan ke dioda kemudian langsung diarahkan untuk mensuplai arus lnb. Sedangkan 20 volt masuk ke sebuah transistor. Kebanyakan menggunakan transistor seri s8550.

Dari transistor kemudian masuk ke dioda kemudian disambungkan jadi satu denga keluaran dioda yang 14 volt tadi. Alhasil ketika input transistor mendapat suplai arus dari porsesor, arus 20 akan mengalir, dan ketika input transistor tidak mendapat suplai arus dari prosesor, maka arus 20 volt akan berhenti di transistor saja. Jadilah mode 15 volt dan 20 volt.

Gambar skemanya seperti ini:

Rangkaina Arus Suplai LNB



gambar vertikal horisontal

Transistor pada rangkaian suplai ini ada yag berjenis PNP dan ada yang NPN. Semua sama, hanya suplai dari prosesor saja yang berbeda. Kalau Transistor PNP, suplai dari porsesor berbentuk arus positif dan kala transistor NPN suplai dari prosesor berbentuk negatif.

Demikianlah artikel tentang rangkaian arus suplai dari receiver untuk lnb dengan model suplai 15 volt dan 20 volt. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar