Pengertian Single Switch dan Multi Switch

Pengertian Single Switch dan Multi Switch - Dilihat dari segi kuantitas. ada dua islilah pada switch parabola, yaitu singgel switch dan multi switch. Kalau singgel switch sudah jelas, yaitu switch tunggal untuk satu receiver. Sedangkan multiswitch adalah satu switch yang digunakan untuk beberapa receiver.

Single Switch

Singgel switch adalah sebuah switch yang out ke receivernya hanya satu, baik switch 22k, atau switch diseq. Di dalam switchnya hanya ada satu jalur rangkaian switch, bentuknya ada yang 2x1 (2 lnb satu receiver), 4x1 (4 lnb satu receiver), 8x1 (8 lnb satu receiver), dan 16x1 (16 lnb satu receiver).

Singgel switch bisa digunakan untuk 1 parabola 1 receiver ataupun 1 parabola beberapa receiver. Kalau digunakan untuk 1 parabola dengan beberapa receiver, maka switchnya juga membutuhkan beberapa buah sesuai jumlah receiver yang digunakan karena pada intinya 1 buah switch singgel hanya untuk 1 receiver saja.

Berikut contoh gambar singgel switch:

Fungsi Switch 22k dan Diseq

Multi Switch

Sedangkan multi switch adalah sebuah switch yang out ke receivernya ada dua atau lebih. Kebanyakan berjenis switch horisontal/vertikal dan switch 22k. Multi switch sebenarnya adalah beberapa switch yang digabungkan dalam wadah. Ada yang 2x2 (2 lnb 2 receiver), 2x4 (2 lnb 4 receiver), 4x4 (4 lnb 4 receiver), 4x6 (4 lnb 6 receiver), 4x8 (4 lnb 8 receiver), dan lain-lain.

Berikut contoh gambar multi switch:

Multiswitch 2x4
Multiswitch 4x8

Multi switch digunakan untuk 1 parabola dengan beberapa receiver. Jumlah out multi switch menyesuaikan jumlah receiver. Misalkan kita butuh 2 lnb untuk 7 tv, maka switch yang digunakan adalah switch 4x8. Salah satu atau beberapa out tidak difungsikan tidak apa-apa. Tidak akan mengganggu kinerja out lainnya.

Beberapa multi switch juga bisa digabung menjadi satu dalam 1 parabola. Silahkan baca: Cara Pasang Parabola ke Banyak TV. Ini dilakukan kalau jumlah out pada multi switch terbatas sedangkan kita butuh banyak tv. Misalnya kita butuh 32 tv. Sedangkan switch yang kita miliki maksimal hanya 8 out saja, maka kita bisa menggunakan multi switch 4 buah.

6 Komentar untuk "Pengertian Single Switch dan Multi Switch"

  1. mas admin bisakah lnb kuband dan Cband di gabung hanya pake switch diseq

    BalasHapus
  2. Pagi gan hehe mau tanya lg.kmrin aku udah Lok 5 satelit sexgus.apstar 7 thaicom 5 intelsat 20 maesat dan non media dlm 1 dish nah gimana caranya untuk menggabungkan dengan palkom yg beda dish.yang 5 satelit aku pake 4x1 dan khusus untuk palkom aku pake 4x4. Kalo keduanya di gabungin bisa ga hatur thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai diseq 8x1 saja lebih aman. Kl switch dobel beresiko todak respon cz ada yg ku-band

      Hapus
  3. Sy punya parabola 6feet , dgn 4 lnb dan sudah digunakan utk 2 receiver. Pertanyaan sy, apa bisa digunakan utk 3 receiver dgn hanya bli multi switch 4 × 4 ?apa harus bli lnb 4 out juga ? Mohon balasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul seklai, harus tambah multiwsitch 4x4. caranya hampir seperti Merubah parabola 2 tv menjadi 4 tv, Hanya saja ini kan 4 lnb. Setelah dari multiswitch 4x4 masuk lagi ke diseq dan kemudian ke receiver

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Dilarang Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel