Penyebab Perbedaan Jarak Lnb pada Parabola

Penyebab Perbedaan Jarak Lnb pada Parabola - Tiap-tiap dish parabola memiliki bentuk dan ukuran berbeda-beda. Ada dua poin yang menjadi inti perbedaan dish, yaitu diameter dish dan bentuk cekung cembungnya dish. Diameter dish biasa dihitung dengan ukuran feet. 1 feet sekitar 30 cm, jadi kalau dish ukurannya 8 feet, berarti diameter dish tersebut sekitar 240 cm. Sedangkan cekung cembungnya dibuat sesuai desain dari pabriknya.

Besar kecilnya diameter dish pengaruhnya ada di sinyal. Semakin besar dish, semakin besar pula sinyal yang didapat karena kalau dishnya lebar, maka daya tampung sinyal jadi banyak. Sedangkan cekung cembungnya bentuk dish berpengaruh pada jarak antar lnb kalau parabolanya dipasang 2 lnb atau lebih.

Jadi yang menyebabkan jauh dekat nya jarak lnb adalah cekung atau cembungnya bentuk dish. Cekung cembung dish ditandai dengan panjang tiang fokus. Jika bentuk dish cekung, maka tiang fokusnya panjang. Sebaliknya jika dish cembung, maka tiang fokusnya pendek.

Sebuah dish merupakan sebagian kecil dari sebuah bulatan. Bisa saja dish berukuran 7,5 feet tiang fokusnya lebih panjang dari dish berukuran 10 feet karena bentuk dish 7,5 feet tersebut bentungnya cekung sedang kan yang 10 feet bentuknya cembung. Lihatlah gambar dibawah ini:

Penyebab Perbedaan Jarak Lnb Antar Dish Parabola

Pantulan sinyal satelit pada dish cekung akan lebih lebar daripada pantulan dish yang cembung. Itulah kenapa jarak lnb pada dish cekung lebih panjang daripada jarak lnb pada dish cembung. Karena pantulan sinyal satelit yang datang dari samping akan memantul kearah berlawanan dengan jarak yang sama dari titik lurus.

Sebagai gambaran yang paling mudah, silahkan lihat gambar berikut ini:

Penyebab Perbedaan Jarak Lnb Antar Dish Parabola

Penyebab Perbedaan Jarak Lnb Antar Dish Parabola

Dari dua gambar diatas sangat jelas perbedaan jarak antar lnb. Pada gambar diatas adalah parabola dengan diameter bulatan 200 cm. Sinyal datang 45° dari arah kanan. Kemudian sinyal dipantulkan kembali yang tentunya arahnya berlawanan 45°. Alhasil jaraknya 50 cm.

Pada gambar bawah adalah parabola dengan diameter bulatan 300 cm. Ini bentuknya lebih cekung daripada gambar yang atas. Sinyal datang 45° dari arah kanan dan dipantulkan ke arah kiri. Alhasil jaraknya 75 cm.

2 komentar untuk "Penyebab Perbedaan Jarak Lnb pada Parabola"

Comment Author Avatar
Anonim 21 Juli
Semua antena parabola itu cekung mas, kl dilihat dr atas
Comment Author Avatar
Iya, tapi tingkat kecekungannya berbeda-beda