Cara Megarahkan Garis 0 Derajat pada Lnb C-Band

Cara Megarahkan Garis 0 Derajat pada Lnb C-Band - Pada lnb c-band bagian atas, terdapat garis-garis yang ujungnya ada angka 30, 0, dan 30. Fungsi dari garis ini adalah untuk menentukan polaritas vertikal dan horisontal pada lnb. Angka 0 ditujukan posisi horisontal. Jadi garis 0 harus bengarah ke barat dan timur.

Menentukan Garis 0 Derajat Lnb C-Band
Menentukan Garis 0 Derajat Lnb C-Band

Garis 0 Derajat Sejajar Dengan Polaritas Horisontal

Kalau kita buka tutup lnb bagian bawah, disitu terdapat dua buah jarum dengan diameter sekitar 2 milimeter. Itu adalah antena lnb. Satu untuk polaritas vertikal dan satu lagi untuk polaritas horisontal. 

Ditengah ada satu besi lagi diameter sekitar 7 milimeter, itu adalah bantalan salah satu jarum antena yang digunakan untuk landasan antena horisontal.

Maksudnya begini, pergerakan atau rambatan panjang gelombang itu seperti lengkungan naik turun. Pas diposisi antenanya, gelombang ini melebar dan akan habis sekitar jarah 3,5 cm. Jadinya adalah, rambatan sinyal horisontal akan terhenti di besi 7 mili tadi. Sedangkan rambatan sinyal vertikal akan terhenti di bagian dasar lnb.

Kalau kita ukur, maka jaraknya akan sama antara jarum antena yang atas ke bantalan besi 7 mini dan antara jarum antena satunya ke dasar lnb. Yaitu sekitar 3,5 cm.

Mengarahkan Garis 0 Derajat Pada LNB C-Band

Dalam pemasangannya, posisi garis 0 derajat harus lurus ke arah timur dan barat. Posisi pemasangannya bebas bisa menghadap barat atau timur. Yang penting lurus arah timur dan baratnya.

Cara paling mudah adalah ketika kita memiringkan parabola. Disitu kita bisa arahkan garis 0 derajat lurus ke bawah atau keatas. Ketemunya sama saja, yang penting lurus kebawah atau keatas.

Demikianlah artikel tentang cara mengarahkan garis 0 derajat yang ada pada lnb c-band. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Megarahkan Garis 0 Derajat pada Lnb C-Band"

Comment Author Avatar
apa jarak antar lnb perlu jadi perhitungan gan.

Comment Author Avatar
Ya. Itu pokok utama dalam pemasangan 2 lnb atau lebih