Gabungkan Palapa Telkom 3s Measat 3/3A Dalam 1 Dish

Gabungkan Palapa Telkom 3s Measat 3/3A Dalam 1 Dish - Satelit measat adalah satelit milik malaysia. Satelit measat ada 3 buah yaitu measat 3, measat 3b, dan measat 3a. Semuanya berada di posisi 91.5°E. Dari 3 satelit ini, dua satelit menggunakan frekuensi c-band + ku-band dan 1 satelit menggunakan frekuensi ku-band saja. Dua satelit yang menggunakan c-band + ku band adalah measat 3 dan measat 3a. Sedangkan measat 3b menggunakan ku-band.

Berhubung posisi satelit measat berada dalam 1 posisi, maka semua bisa ditangkap hanya menggunakan 1 lnb saja. Pada artikel ini memfokuskan pada fekuensi c-band saja yaitu anmin mencoba lock measat 3 dan measat 3a yang digabungkan dengan satelit palapa d dan telkom 3s dalam 1 dish.


Gabungkan Palapa Telkom 3s Measat 3/3A Dalam 1 Dish

Untuk menggabungkan palapa d, telkom 3s, dan measat 3/3a tentunya jarak antar lnb yang harus diutamakan karena kita akan menembak satelit yang posisinya agak berjauhan. Posisi satelit yang akan ditembak adalah:
  1. Telkom 3s berada di 118.0°E
  2. Palapa d berada di 113.0°E
  3. Measat 3/3a berada di 91.5°E
Jadi jarak dari ketiga satelit diatas adalah:
  • Telkom 3s ke Palapa d: 5°
  • Palapa d ke Measat 3/3a: 21.5°E
Admin coba tracking palapa d, telkom 3s, dan measat pada sebuah dish merk soccer 7,5 feet. Jarak 1 derajat pada lnb ini adalah 2,2 cm. Jadi jarak bibir lnb palapa d ke measat adalah 40,8 cm. Dan hasilnya ternyata mengecewakan. Setelah tracking maksimal, memang ada beberapa chanel yang masuk dan sinyalnya lumayan besar. Namun bukan chanel-chanel tersebut yang di incar dari satelit measat.

Tujuan utama tracking measat adalah untuk menembak chanel-chanel unggulan  yang ada pada satelit ini. Dari sekitar 25 an chanel yang masuk dalam penggabungan measat dan palap telkom ini, semua tidak tergolong chanel premium seperti BBC Earth HD, CBeebies HD, BBC Lifestyle HD, CNN HD, Animax HD. Sony One HD, Sony Gem HD, History HD, History 2 HD, FYI HD, Crime Investigation HD, Lifetime HD, Hits HD, TV 1 Malaysis, Tv 2 Malaysia, TVI Malaysia.

Ini memang sudah admin duga sebelumnya karena memang jarak palapa d ke measat cukup jauh. Lebih jauh dari jarak telkom 3s ke apstar 6. Pada penggabungan palapa d, telkom 3s, apstar 6 saja tidak semua chanel masuk. Namun chanel yang menjadi tujuan bisa di lock dengan hasil memuaskan. Silahkan baca: Cara gabungkan Palapa d, telkom 3s, apstar 6 dalam 1 dish.


Dari hasil uji coba dan penggambaran standar kualitas sinyal beberapa dish, dapat admin simpulkan sebagai berikut:
  • Dish standar seperti soccer, philsat, bpsat, dan beberapa dish lain termasuk dish venus al7210new tidak mampu lock chanel unggulan measat dalam penggabungan palapa telkom measat dalam 1 dish. Kalaupun dipaksakan memang bisa masuk 1 atau 2 chanel, namun chanel dari palapa sangat terancam.
  • Dish Paragon 8 feet sudah bisa mencover beberapa chanel premium satelit measat dalam penggabungan palapa telkom measat dalam 1 dish dengan catatan semua dioptimalkan.
  • Yang bisa loch dengan baik dalam penggabungan palapa telkom measat dalam 1 dish adalah dish paragom 10 feet atau sejenisnya.
Demikianlah hasil uji coba penggabungan palapa telkom measat dalam 1 dish serta kesimpulannya. semoga bisa menjadi referensi yang ingin menggabungkan palapa telkom measat dalam 1 dish.

24 komentar untuk "Gabungkan Palapa Telkom 3s Measat 3/3A Dalam 1 Dish"

Comment Author Avatar
Thanks boss,sangat membantu
Comment Author Avatar
Thanks juga dah berkunjung
Comment Author Avatar
gan posisi lnb measat ada di timur atau barat? saya pake dish venus al7523
Comment Author Avatar
Satelitnya ada di barat, jadi pemasangan lnb ada di timur. Paling barat lnb telkom 3s, kemudian timurnya lnb palapa d, dan timurnya lagi lnb measat
Comment Author Avatar
Klo jarak palapa ke measat 3 brpa gan di ukur dri bibir lnb? Yg fokus palapa? Dish venus 7,5ft
Comment Author Avatar
Sy blm pernah pakai venus 7,5 ft, jadi gak bisa ngira2
Comment Author Avatar
Min kalo jarak telkom measat3a dish 7 feet brp cm
Comment Author Avatar
Susah bro kl 7 feet, chanel unggulannya gak masuk
Comment Author Avatar
Untuk mendapat siaran di satelit measat3 apakah semua jenis lnb bisa atau lnb tertentu saja
Comment Author Avatar
Sembarang merk lnb tipe c-band
Comment Author Avatar
Gan mau bertanya jarak palapa ke mesat ukuran dic 10 feet brapa ya gan
Comment Author Avatar
Palapa+measat3A=measat3A+intel20.
🤣🤣🤣🤣
Comment Author Avatar
Gan, kalau telkom 4 sebelah timur, trs measat di tarok sebelah barat apa timur gan?
Comment Author Avatar
Min klau jarak palapa ke chinasat 11 pakai jaring 10 fit berapa?
Comment Author Avatar
Gan mau tanya nih,? klo telkom4 ke maesat 3a itu berapa cm dan arahnya ke barat atau ketimur
Comment Author Avatar
Satelitnya ada di baratnya telkom 4. Tapi untuk posisi lnb ada di timurnya telkom 4
Comment Author Avatar
Berarti kesimpulannya, kalau sy pake dish venus solid 6feet, ga bisa gabungin ke 3 satelit tsb ? Yaitu palapa , telkom, measat.

Saat ini sy berhasil lock palapa, telkom, fokus di palapa.tapi cenel telkom sangat sedikit cuma 5 cenel aja, jarak LNB telkom di sebelah timur palapa, rapat tidak ada jarak.

Trims banyak, sangat membantu dan bermanfaat artikelnya
Comment Author Avatar
Sangat sulit untuk palapa telkom measat cz chanel yang bagus sinyalnya pas-pasan
Comment Author Avatar
dish jaring 7feet jarak brp gan dr palapa ke measat3b (Ku Band) utk tracking Astro..posisi di Kalimantan Barat sekitar 200km dr perbatasan Malaysia
Comment Author Avatar
Kl astro pakai dish offset sj lebih maksimal
Comment Author Avatar
Kalo apstar7 bisa gabung measat3 ? Sy udah coba pake dish mesh 7.5ft, fokus di apstar7, measat3 dapet tapi cenelnya jelek2 yaitu untv, abctv, shopping pokoknya cenel fta aja
Comment Author Avatar
Jaraknya memang terlalau jauh sehingga chanel unggulan di measat tidak terlock