Cara Tracking CTN CNC dan My TV Satelit Apstar 6

Tracking CTN CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula - Tujuan mentracking satelit apstar 6 tentu saja untuk mendapatkan siaran ctn, cnc, dan my tv. Karena chanel ini sudah sangat terkenal sering menanyangkan siaran olahraga top seperti piala dunia dan piala euro

Untuk tracking chanel ctn, cnc dan my tv caranya cukup mudah karena beamnya menjangkau seluruh wilayah NKRI. Pertama silahkan buat transponder chanel ctn, cnc dan my tv. Caranya bisa lihat di: Cara membuat chanel yang belum ada pada receiver untuk tracking. Membuat transpondernya bisa pada satelit semarangan asalkan frekuensi lnbnya untuk c-band.

Kemudian sambungkan kabel dari lnb dan nyalakan receiver. Posisikan receiver pada frekuensi yang telah kita biat tadi.

Berhubung tutor ini untuk pemula, maka kita gunakan metode sapu bersih. Metode bersih adalah mengarahkan parabola dengan gerakan yang lebar menyapu perkiraan satelit berada. Penyapuan dilakukan dengan pelan-pelan sambil memantau sinyal, nanti kalau parabola pas ke satelit maka sinyal akan muncul.

Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Satelit Apstar 6

Posisi sebelum ditracking parabolanya seperti ini:

Posisi Parabola Sebelum di Tracking
Posisi Parabola Sebelum di Tracking

Untuk wilayah indonesia terbagi menjadi 2. Wilayah sebelah selatannya garis katulistiwa, posisi penyangga mounting (besi yang posisinya miring) berada di sebelah selatan (parabola agak miring ke utara). Sedangkan yang ada disebelah utaranya garis katulistiwa posisi penyangga mounting berada disebelah utara (parabola agak miring ke selatan). Untuk mempermudah tracking, posisinya harus searah dengan lnb atas (arah timur-barat).

Kemudian pada mounting juga ada pengatur kemiringan utara selatan yang disebut sudut deklenasi. gambarnya seperti ini:

Posisi Pengaturan Sudut Deklenasi
Posisi Pengaturan Sudut Deklenasi

Posisi itu juga berbeda untuk wilayah selatan katulistiwa ada disebelah selatan dan untuk wilayah utara katulistiwa ada disebelah utara.

Sekarang kita kendurkan baut pengunci penyangga mounting. Kemudian pelan-pelan kita robohkan parabola ke timur sambil melihat pergerakan kualitas sinyal. Merobohkannya harus sangat pelan-pelan agar ketika parabola mengenai satelit, sinyal langsung muncul.

Menggerakkan Parabola Ketimur
Menggerakkan Parabola Ketimur

Setelah dirobohkan dengan pelan sampai nungging ke timur sinyal belum dapat, silahkan naikkan lagi keatas. Menaikkannya juga harus sangat pelan sambil melihat kualitas sinyal karena posisi roboh dan naik bisa berbeda. Bisa jadi ketika roboh tidak dapat sinyal, tetapi pas dinaikkan bisa mandatat sinyal.

Kalau sampai naik kok sinyalnya belum dapat, silahkan atur kemiringan utara selatan dengan mengatur baut utara selatan. Bisa coba sedikit miring ke utara (sangat sedikit). Kemudian robohkan pelan-pelan dan naikkan pelan-pelan.

Kalau belum ada sinyal juga, miringkan lebih ke utara lagi. Kalau sampai agak banyak memiringkannya ke utara dan belum dapat sinyal, silahkan kembalikan ke posisi semula. Gantian kemiringan sedikit demi sedikit ke selatan sampai dapat sinyal.

Dengan begitu langit bisa tersapu bersih dan sinyal pasti didapat. Saya sendiri melakukan itu waktu belajar tracking. Kalau semua sisi sudah disapu bersih kok sinyal tidak dapat, berarti kekeliruan ada di setingan receivernya. Silahkan benahi setingan receiver dan ditarcking lagi.

Video Cara Tracking Siaran CTN CNC dan My TV Satelit Apstar 6C

Lebih jelasnya tentang mencari chanel ctn cnc dan my tv ini bisa lihat dalam video berikut ini:

Kalau sinyal sudah didapat, silahkan maksimalkan dengan menyesuaikan posisi sinyal maksimal dan kencangkan baut-bautnya. Scan satelit tang tadi dimasukkan frekuensi ctn, cnc, dan my tv. Masukkan bisskey nya dan siaran siap dinikmati.

Demikianlah artikel tentan cara tracking dan mencari siaran ctn cncn dan my tv di satelit apstar 6c. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

13 komentar untuk "Cara Tracking CTN CNC dan My TV Satelit Apstar 6"

Comment Author Avatar
satu lnb aja tanpa pake switch dan pengaturan receivernya bgmna gan
Comment Author Avatar
kl 1 lnb ya tinggal masukkan frekuensinya di salah satu satelit yg ada pada menu receiver. frekuensi lo lnb pada menu dibuat 5150. dan tinggal tracking
Comment Author Avatar
klau tracking apstar6 dr lnb telkom3s ke apstar6 brp jaraknya,parabola 6feet dan klau di ukur dari bibir lnb telkom3s ke tengah lnb apstar6 tau bgmna.mohon pencerahannya mas, di bahagian sarawak malaysia
Comment Author Avatar
Untuk jarak lnb telkom 3s ke pastar 6 silahkan menuju:
Menghitung jarak palapa d, telkom 3s, apstar6
Comment Author Avatar
Ass.. untuk reciver getmecom bisa dpt siaran piala dunia ??
Comment Author Avatar
Waalaikum salaam. bisa
Comment Author Avatar
Asslmlkum kak,,, klow tracking apstar 6 pakai receiver mpeg 2 venus stlh sinyal y ktmu cara untuk mnguncinya bgmn,,,, trmksh,,,
Comment Author Avatar
Waalaikum salaam. Ya kl sinyal sudah maksimal, kemcangkan bautnya agar tidak geser. Trus discan dan kemudian masukkan biss key nya
Comment Author Avatar
Utk recievr Tanaka T22 bisa ngga ya
Comment Author Avatar
Utk dish 6feet dpt 2,2cm dr mna bos?
Comment Author Avatar
Apanya bro yg 2,2cm
Comment Author Avatar
Om mau tanya
Jarak lnb apstar.pal.kom. brapa aja
Dis 6feet