Pengalaman Atasi Tanaka T21 New Samurai K5s Mati Total

Daftar Isi
Diperbarui 3 Januari 2019 - Tanaka dan matrix tipe k0s dan k5s bisa dikatakan receiver sejuta umat. Pasalnya selain harganya merakyat, receiver ini paling ramai diperbincangkan dalam sosial media dan juga sw nya yang simpel dan mudah diotak-atik.

Pada artikel ini tidak membahas tentang sw nya melainkan berbagi pengalaman tentang mengatasi tanaka t21 new samurai tipe k5s yang mati total. Kejadiannya adalah ada seseorang minta diservis receivernya yang tidak hidup masa sekali. Receiver tersebut belum lama dipakai, baru sekitar 5 atau 6 bulanan.

Saya buka receivernya, saya lihat elkonya masih bagus semua tidak ada yamng kembung. Maklumlah umurnya juga belum lama. Kemudian saya tes arus regulatornya. Seharusnya receiver ini menggunakan arus 5 volt, 15 volt dan 20 volt. Saat tes arusnya tidak normal. Tes arus 5 volt hasilnya berdenyut-denyut antara 0 samai 2 volt saja. Arus yang lain juga berdenyut tapi bisa mencapai maksimal yaitu 15 dan 20 volt.


Saya cabut kabel yang ke mainboardnya. Saya tes regulator pada posisi tanpa beban. Hasilnya normal. Saya coba ganti dengan regulator lain yang normal, saya tancapkan soket arus ke mainboardnya dan saya hidupkan. Hasilnya arus berdenyut-denyut. Artinya regulator tidak masalah. Was-was mulai menyelimuti, jangan-jangan main prosesornya kena. Wasalam...

Saya nyalakan saja dan saya tinggal istirahat sambil menyalakan rokok. Beberapa lama kemudian saya pegang main prosesornya dan ternyata dingin. Alhamdulillah... rasa hati langsung dingin sedingin main prosesornya. Dalam benak terbersi "ini pasti bisa sembuh".

Pengalaman dari dulu kalau main prosesor panas menyengat hampir semua tidak bisa terselamatkan. Kalau hanya hangat atau dingin biasanya pasti sembuh. Ekspansi mainboard mulai dilakukan. Pertama arus 5 volt tidak disambungkan. Hasilnya arus regulator normal. Ini pasti ada apa-apa di jalur 5 voltnya. Mulai lakukan penyisiran jalur-jalurnya.

Mulai dari kiri. Di situ ada jalur yang masuk ke ic regulator AMS1117 3.3 untuk arus 3,3 volt. Saya coba memutus arus yang masuk ke AMS1117 ini karena AMS1117 ini sangat panas dan menyengat. Hasilnya arus normal. Kemudian saya sambung kembali dan saya putus jalur arus setelah ic ams1117. Hasilnya arus normal dan AMS 1117 tidak panas.

Jalur setelah ams1117 bercabang 2. Satu cabang ke ic prosesor dan satu cabang lagi ke rangkaian termasuk ke displai panel depan. Kemudian saya putus jalur yang ke rangkaian displai panel depan. Hasilnya arus tetap kejang-kejang. Operasi jadi mengerucut pada komponen-komponen di sekitar area regulator ams1117 karena disitu ada beberapa komponen kecil-kecil.


Dan benar saja ada komponen ceramic kecil yang konslet. Ceramic yang konslet tersebut saya buang.

Atasi Tanaka T21 New Samurai K5s Mati Total

Komponen tersebut memang posisinya penstabil muatan arus jadi disambungkan dari arus + ke ground. Komponen tersebut tidak hanya satu melainkan ada beberapa. Karena sudah ada beberapa jalur yang saya putus dan malas untuk menyambungnya, saya jumper saja jalurnya dengan kabel. Pada gambar diatas terlihat kabel kuning. Itu kabel yang untuk menjumper.

Setelah seperti itu, kemudian saya nyalakan dan hasilnya langsung menyala normal. Itulah salah satu dari sekian banyak kerusakan receiver. Semoga bisa menjadi referensi.

Posting Komentar