Cara Memasang CSR Conical Scalar Ring LNB Dengan Benar

Cara Memasang CSR Conical Scalar Ring LNB Dengan Benar - Pada artikel terdahulu sudah dibahas tentang fungsi dan manfaat CSR (conical Scalar Ring) atau disebut juga corong lnb dimana CSR ini sangat berguna dan wajib ada untuk pemasangan parabola mini offset c-band.

Pada artikel ini akan membahas cara memasang csr. Pemasangan csr hanya untuk lnb c-band saja karena pada lnb ku-band scalar ring nya sudah menempel jadi satu dengan bodi lnb.

Bisakah Parabola Fokus Dipasang CSR?

Diatas sudah dijelaskan kalau csr ini untuk parabola offset. Mungkin ada yang berfikir pemasangan csr ini untuk parabola fokus dengan tujuan untuk memperkuat sinyal.

Jujur saya sendiri pernah berpikir demikian. Tidak hanya sebatas pikiran, saya juga pernah mencobanya. Alhasil sinyal yang didapat bukan makin besar tetapi malah makin kecil. Memang benar kalau csr ini dibuat khusus untuk dish offset saja.

Jadi kesimpulannya csr hanya untuk dish offset dan tidak bisa dipasang pada parabola besar fokus karena malah memperkecil sinyal. Kalu masih penasaran silahkan dicoba sendiri.

Cara Memasang ConicalScalar Ring (CSR) LNB

Conical scalar ring lnb c-band terdiri dari 3 buah ring yang bentuknya mengerucut. Untuk memasang csr ke lnb caranya cukup mudah. Yaitu bibir lnb mengikuti alur 3 ring tadi. Jadi bibir lnb menjadi ring keempatnya. Gambarnya seperti ini:

Pemasangan CSR LNB
Pemasangan CSR LNB

Cara pemasangan csr hanya seperti itu. Tidak perlu menggunakan acuan garis-garis angka yang ada pada lnb karena yang difungsikan pada csr adalah ring-ring yang ada dalam csr itu sendiri.

Intinya ujung bibir dari 4 buah bulatan harus rata. Bulatan-bulatan inilah yang menggiring sinyal masuk kedalam LNB. Kalau dilihat dari samping gambarnya seperti ini:

Gambar LNB Terpasang CSR
Pemasangan CSR LNB Dari Samping

Jika sudah terpasang, maka kita tinggal mentrackingnya saja. Kalau sudah terlock, barulah kita coba menggeser-geser csr nya sampai didapat sinyal maksimal. Posisi sinyal maksimal tetap pada ratanya ring-ring csr. Hanya saja kemiringan csr terkadang sedikit mempengaruhi. Yaitu prosentase sinyal sekitar 3 sampai 5 %.

Bisakah Parabola Offset Tidak Menggunakan CSR

Jawabannya bisa, namun selisih sinyal sangat jauh. Jika sulit mendapatkan scr ini kita tetap bisa menggunakan scalar ring flat biasa. Namun selisih sinyal terpaut cukup jauh karena scalar ring biasa bulatan-bulatan ring berbentuk rata. Alhasil yang berfungsi hanyalah bulatan yang paling dalam sedangkan bulatan yang pinggir tidak berfungsi.

Demikianlah artikel tentang cara memasanga conical scalar ring atau scr pada lnb c-band offset. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang CSR Conical Scalar Ring LNB Dengan Benar"